Tiket dan Atraksi Wisata Gunung Tangkuban Parahu - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Atraksi Wisata Gunung Tangkuban Parahu

Harga Tiket Masuk Wisata Gunung Tangkuban Perahu : Rp 20.000 – Rp 300.000 Jam Buka : 08:00 – 17:00 WIBNo. Telepon : 082120052011 Alamat : Jl. Raya Tangkuban Parahu, Cigales, Sagalaherang, Subang, Jawa Barat, Indonesia, 40391

Bandung memiliki pilihan tak terbatas untuk menghabiskan waktu berlibur. Pusat perbelanjaan, wisata kuliner, keindahan alamnya layak untuk dinikmati. Tempat lambang yang tidak boleh dilewatkan adalah Gunung Tangkuban Parahu di Kabupaten Bandung Barat.

Sebagai salah satu gunung berapi aktif di Indonesia, Gunung Tangkuban Parahu memiliki beberapa kawah yang bisa dikunjungi. Taman wisata alam ini menawarkan kepada wisatawan pengalaman menikmati keindahan kawah belerang aktif dari dekat, bahkan secara langsung. Keunikan bentang alamnya membuat tempat ini tidak pernah luput dari perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara.

Baca: 20 Tempat Wisata Terbaik di Lembang

Tiket Masuk Gunung Tangkuban Parahu

Wisatawan yang ingin berwisata ke sini harus membayar biaya masuk yang berbeda-beda tergantung rombongannya, yaitu wisatawan lokal dan wisatawan mancanegara. Tiket masuk ini belum termasuk biaya pemandu wisata untuk menuju Kawah Domas. Tarif yang berbeda juga berlaku bagi mereka yang ingin melakukan pemotretan.

Tiket masuk
Jenis hari biasa Hari libur
Tiket masuk wisata lokal Rp 20.000 Rp30.000
Tiket masuk wisata internasional Rp 200.000 Rp300.000
Tiket masuk untuk rombongan pelajar lokal Rp 18.000 Rp 20.000
Tiket masuk roda 2 (sepeda motor) Rp 12.000 Rp 14.500
Tiket masuk roda 4 (mobil) Rp 25.000 Rp30.000
Tiket Masuk Roda 6 (Bus) Rp 110.000 Rp 125.000
Transportasi Jayagiri-Kawah Ratu (PP) Rp7.000
Parkir hanya untuk sepeda motor Rp 2.000
Tempat parkir mobil Rp5.000
Parkir bis Rp 10.000

Baca: ORCHID FOREST Cikole Tiket masuk dan 6 aktivitas

  • *Anak-anak berusia 5 tahun ke atas harus memiliki tiket masuk.
  • TWA Gunung Tangkuban Perahu menerima wisatawan dari segala daerah dan segala usia.
  • Tidak lagi wajib menunjukkan kartu vaksinasi.
  • Anak-anak bisa masuk ke kawasan wisata jika orang tua atau pengasuhnya sudah divaksin.
  • Untuk rombongan mahasiswa, wajib membawa surat dari sekolah atau kampus dengan kop surat sekolah yang dibubuhi tanda tangan kepala sekolah atau rektor.

Jam buka

Obyek wisata ini bisa dikunjungi wisatawan setiap hari, dengan jam buka dari pagi hingga sore hari. Pengunjung bisa datang di pagi hari untuk menikmati udara segar di sekitar kawah. Pada siang hari matahari cukup terik, sedangkan pada sore hari kawasan kawah akan diselimuti kabut.

Jam operasional
Setiap hari 08.00 – 17.00 WIB

Pesona Gunung Tangkuban Parahu

TWA Gunung Tangkuban ParahuGunung Tangkuban Parahu merupakan kawasan wisata alam vulkanik yang terletak 2.084 mdpl – Foto: Google Maps/Jefry Parapat

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Lembang Great Asia Afrika

Gunung Tangkuban Parahu merupakan salah satu gunung berapi aktif di Indonesia yang terletak di wilayah Kabupaten Bandung Barat. Gunung ini memiliki bentuk puncak datar yang khas jika dilihat dari kejauhan. Bentuk ini sekilas memang akan mengingatkan Anda pada tampilan perahu yang terbalik.

Gunung yang menjadi pusat cerita legenda Sangkuriang ini menawarkan lebih dari sekedar kemegahan gunung api. Kawahnya yang berbahaya dan indah, flora dan fauna endemik yang kaya serta pemandangan alam yang menakjubkan juga melengkapinya sebagai tujuan wisata. Selain berwisata kuliner yang khas, mengunjungi Gunung Tangkuban Parahu akan selalu menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Kawah Ratu

Kawah Ratu, kawah terbesar di Gunung Tangkuban ParahuKawah Ratu merupakan kawah terbesar dan salah satu kawah yang bisa dikunjungi wisatawan Gunung Tangkuban Parahu – Foto: Google Maps/nany fatma ramadhani

Baca: GRAFIKA CIKOLE LEMBANG Tiket Masuk dan Kegiatannya

Gunung Tangkuban Parahu tercatat memiliki 13 kawah aktif. Namun, hanya dua di antaranya yang cukup aman untuk dikunjungi. Kedua kawah tersebut adalah Kawah Ratu dan Kawah Domas.

Kawah Ratu merupakan kawah terbesar dan paling ikonik di Gunung Tangkuban Parahu. Bentuknya menyerupai mangkok raksasa berisi campuran lava, belerang, dan belerang. Dengan kedalaman sekitar 500 meter, permukaannya terus menerus mengeluarkan uap belerang sehingga menimbulkan kesan misterius di sekitar kawah.

Zona aman di sekitar Kawah RatuAneka tumbuhan khas pegunungan menghiasi kawasan sekitar Kawah Ratu – Foto: Google Maps/Muhamad Nova

Baca: Tiket Masuk Lembang Farm dan 5 Wahana Unggulan

Ada jalan setapak yang dilindungi pagar kokoh di pinggiran kawah. Daerah ini dihiasi dengan beberapa jenis vegetasi pegunungan. Wisatawan bisa berkeliling menikmati Kawah Ratu atau berfoto dari jarak aman di kawasan ini.

Jika berkunjung ke sini, wisatawan disarankan untuk tidak tinggal terlalu lama agar tidak terlalu banyak menghirup uap belerang. Apalagi kawasan ini juga berada di ketinggian dengan suhu antara 2 hingga 17 derajat Celcius. Jadi jangan lupa untuk memakai pakaian hangat!

Kawah Domas

Turis mencoba scrub lumpur belerangKawah Domas memiliki kolam air panas yang mengandung belerang dan bermanfaat bagi kesehatan – Foto: Google Maps/Hyunguk Kim

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Mini Town Lembang

Kawah Domas merupakan kawah lain di kawasan Gunung Tangkuban Parahu yang bisa dikunjungi wisatawan. Jika Anda ingin merasakan sensasi air panas dan lumpur belerang, tempat ini harus ada dalam daftar kunjungan Anda. Untuk menuju Kawah Domas, wisatawan membutuhkan jasa pemandu melalui jalan setapak yang membelah hutan.

Jarak antara Kawah Domas dan Kawah Ratu sekitar 1,2 kilometer. Sepanjang jalan, wisatawan akan dimanjakan dengan berbagai flora yang ada. Jika beruntung, Anda akan melihat fauna endemik seperti monyet dan lutung.

Merebus Telur di Kawah DomasAktivitas merebus telur adalah salah satu pengalaman yang bisa dicoba di kawah Domas Gunung Tangkuban Parahu – Foto: Google Maps/moezny nanank lamaska

Baca: Tiket Masuk dan Aktifitas D’Dieuland Bandung

Kawah Domas terdiri dari beberapa kolam air panas dan genangan air. Suhu bervariasi, dari 35 derajat hingga hampir 100 derajat Celcius. Setiap tambak dan tambak memiliki fungsinya masing-masing. Di kolam yang suhunya tidak terlalu tinggi, wisatawan bisa merendam kaki dan menggosok diri dengan lumpur belerang yang menyehatkan.

Sedangkan di kolam dengan suhu air yang sangat tinggi, wisatawan bisa mencoba merebus telur. Jika tidak membawa sendiri, banyak pedagang yang menjualnya di sekitar kawah. Telur ini bisa dimakan langsung atau dibawa pulang. Pengalaman unik, bukan?

Kawah Upas

Matahari terbit di Kawah UpasPemandangan matahari terbit di kawasan Kawah Upas – Foto: Google Maps/Offroad Adventure Tourism

Baca: Tiket Masuk RANCA UPAS Ciwidey dan Top 5 Aktivitas

Kawah populer lainnya adalah Kawah Upas. Namun, wisatawan hanya bisa menikmati keindahannya dari jauh. Memang kawah ini memiliki kandungan belerang yang sangat tinggi dan berpotensi mengeluarkan asap beracun.

Keindahan Kawah Upas dilengkapi dengan hamparan Tebing Upas sebagai backdropnya. Pemandangan ini sangat bagus di kalangan pecinta alam. Dari ketinggian, panorama kawah Upas saat matahari terbit menghasilkan lukisan alam yang memukau.

Dapur hangat

Deretan warung dan warung di TWA Gunung Tangkuban ParahuTerdapat beberapa kios yang menjual aneka makanan, minuman dan oleh-oleh khas Jawa Barat di TWA Gunung Tangkuban Parahu – Foto: Google Maps/Dony Haryadi

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Lembang Valley of the Gods Park

Bepergian ke tempat yang bersuhu dingin paling enak ditemani dengan kuliner yang nikmat. Kawasan wisata Gunung Tangkuban Parahu memiliki banyak pilihan makanan hangat yang bisa Anda coba. Deretan warung dan warung penuh bola siap menghibur wisatawan.

Beberapa makanan yang bisa dicicipi disini adalah jagung rebus dan jagung bakar, ketan bakar dan oncom raos. Singkirkan hawa dingin dengan minuman panas seperti susu dan bandrek. Rasanya hanya akan semakin nikmat karena Anda mencicipinya ditemani panorama kawah yang mempesona.

Fasilitas Gunung Tangkuban Parahu

Fasilitas Taman Wisata Gunung Tangkuban Parahu yang ada sudah sangat lengkap dan memadai. Terdapat lahan parkir yang cukup luas untuk memuat kendaraan jenis besar seperti bus. Pengunjung dapat dengan mudah menemukan toilet, masjid, serta kios suvenir dan makanan di kawasan ini.

Lokasi Gunung Tangkuban Parahu

Taman Wisata Gunung Tangkuban Perahu terletak di Jl Raya Tangkuban Parahu, Cicadas, Sagalaherang, Kabupaten Subang, Jawa Barat 40391. Gerbang ini mudah diakses karena tidak jauh dari jalan utama.

Bagi pengunjung yang ingin datang ke Kawah Domas, disarankan melewati gerbang sebelum menuju ke Kawah Ratu. Dari situ, pengunjung hanya perlu trekking selama 15 hingga 20 menit untuk sampai ke lokasi kawah.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button