Heru Budi menemukan kendala dalam pembangunan tanggul laut NCICD di Muara Angke - WisataHits
Jawa Barat

Heru Budi menemukan kendala dalam pembangunan tanggul laut NCICD di Muara Angke

Heru Budi menemukan kendala dalam pembangunan tanggul laut NCICD di Muara Angke

TEMPO.CO, jakarta – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan, ada kendala pembangunan tanggul pantai di beberapa lokasi pada proyek National Capital Integrated Coastal Development (NCICD). Salah satunya adalah pembangunan bendungan pantai di kawasan Muara Angke, Jakarta Utara.

“Nanti kami diskusikan dengan masyarakat,” katanya usai meninjau jalan lintas pantai di Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara, Jumat, 20 Januari 2023.

Heru menjelaskan, jalan lintas pantai di Kalibaru sepanjang 3,5 kilometer sudah rampung. Namun demikian, masih diperlukan peningkatan sarana dan prasarana di sekitarnya.

Misalnya memperbaiki pelelangan ikan. Kemudian menyempurnakan penampungan air sementara atau mini polder di tanggul Kalibaru.

“Lagi-lagi Minipolder itu untuk penampungan air sementara, kiri kanan ada bangunan. Tolong jaga Minipolder juga,” ujarnya.

Baca Juga: DKI Bangun Ruang Ketiga di NCICD Kawasan Tanggul Pantai Kalibaru: Ada Taman Destinasi Wisata

Kepala Sekretariat Presiden memastikan proyek NCICD menuju Penjaringan, Muara Angkemenuju kawasan pemukiman di Kali Adem, meski ditemukan kendala.

Proyek tersebut, kata dia, diperlukan untuk mengatasi banjir rob di kawasan pesisir Jakarta. “Hari ini kita jalan Kalibaru 3,5 kilometer, nanti dilanjutkan,” jelas Heru.

Proyek NCICD terdiri dari dua tahap, yaitu pembangunan tanggul laut dan tanggul besar (tembok laut yang besar). Saat ini, Pemprov DKI Jakarta bersama pemerintah pusat sedang menyelesaikan pembangunan seawall sepanjang kurang lebih 33 kilometer di sepanjang pantai utara.

“Inilah yang disebut bendungan pantai di Kalibaru, yang saya katakan waktu itu ekspresi peresmian waduk di Bogor yang merupakan tugas pemerintah negara bagian sepanjang kurang lebih 22 kilometer. Sekarang sudah diterapkan sampai tahun 2027 nanti,” kata Heru Budi.

Baca Juga: Heru Budi Cegah Jakarta Tenggelam, Perkuat Tembok Laut Besar dan Balok Pantai, Apa Bedanya?

Ikuti berita terbaru Tempo di Google News, klik di sini.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button