Harga Tiket Tour dan Tiket Sam Poo Kong Temple Semarang Oktober 2022 - WisataHits
Jawa Tengah

Harga Tiket Tour dan Tiket Sam Poo Kong Temple Semarang Oktober 2022

solo

Klenteng Sam Poo Kong adalah tempat pemujaan bagi orang-orang yang menganut Taoisme, Budha dan Konghucu. Candi bersejarah ini terletak di Jalan Simongan Raya No. 129, Semarang, Jawa Tengah. Menariknya, pura ini juga menawarkan fasilitas wisata.

Berikut ini adalah serba-serbi Klenteng Sam Poo Kong, jadwal open tour dan harga tiket Oktober 2022.

Sejarah Kelenteng Sam Poo Kong

Seperti dilansir situs Sam Poo Kong, asal muasal Kelenteng Agung Sam Poo Kong dimulai ketika armada Laksamana Zheng He (Cheng Ho) berlabuh di Pantai Simongan Semarang karena juru mudi Wang Jing Hong sedang sakit parah. Mereka kemudian beristirahat di sebuah gua batu.

Sementara juru mudinya pulih, Zheng He melanjutkan perjalanannya ke timur untuk memenuhi misi perdamaian dan perdagangan tembikar dan rempah-rempah.

Di Simongan, Wang memimpin anak buahnya untuk mengolah tanah, membangun rumah, dan berbaur dengan penduduk setempat. Daerah di sekitar gua berkembang dan makmur melalui kegiatan perdagangan dan pertanian.

Untuk menghormati pemimpinnya, Wang mendirikan patung Zheng He di gua batu untuk dihormati dan dikenang oleh masyarakat setempat. Inilah awal mula dibangunnya Klenteng Sam Poo Kong di Semarang.

Wang meninggal pada usia 87 dan dimakamkan di dekatnya. Sejak itu disebut makam Kyai Juru Mudi. Saat goa batu runtuh akibat longsor, masyarakat membangun goa buatan di samping makam.

Dalam perjalanannya, Klenteng Sam Poo Kong mengalami banyak pemugaran. Selain situasi politik yang tidak menentu setelah kemerdekaan, banjir merupakan masalah utama bagi Klenteng Sam Poo Kong.

Revitalisasi besar-besaran dilakukan oleh Sam Poo Kong Foundation pada Januari 2002. Pemugaran selesai pada Agustus 2005 sehubungan dengan peringatan 600 tahun kedatangan Laksamana Zheng He di pulau Jawa.

Daftar tempat yang patut dikunjungi dan harga tiketnya bisa dilihat di halaman berikutnya…

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button