Berkah bencana banjir Pati, sawah terendam jadi wisata air mendadak - WisataHits
Jawa Tengah

Berkah bencana banjir Pati, sawah terendam jadi wisata air mendadak

Berkah bencana banjir Pati, sawah terendam jadi wisata air mendadak

Merdeka.com – Sudah sepekan banjir di Pati, Jawa Tengah, tak kunjung reda. Di beberapa tempat bahkan ketinggian air mencapai 1,5 meter. Banyak rumah terendam air, banyak warga yang harus dievakuasi.

Tidak hanya rumah, tapi juga sawah yang terendam. Banyak petani merugi karena tidak panen. Namun ternyata bencana tidak selalu membawa penderitaan.

Artikel media Taboola

Di Kecamatan Kayen, Pati, sawah yang tergenang air justru dimanfaatkan warga untuk membuat wahana wisata air seadanya. Berikut ini lebih lanjut:

2 dari 4 halaman

Dengan perahu melalui sawah

wisata air dadakan dalam kekuatan

©Instagram/@patisakpore

Hingga Kamis (1/5), kawasan Desa Pasuruhan di Kecamatan Kayen, Pati, masih terendam banjir. Banjir yang melanda kawasan itu menggenangi ratusan hektare sawah dan rumah warga.

Tapi orang-orang di sana tidak menyerah begitu saja. Mereka berinisiatif menyewakan perahu sendiri kepada pengunjung di sekitar sawah yang lumayan luas. Wisata dadakan ini juga banyak diminta warga untuk memberikan mereka penghasilan baru.

3 dari 4 halaman

Mengunjungi desa dengan perahu

wisata air dadakan dalam kekuatan

©Instagram/@patisakpore

Banjir tidak hanya menggenangi Desa Pasuruhan namun juga wilayah Desa Kasiyan di Kecamatan Sukolilo, Pati. Dengan banjir yang masih melanda desanya, warga berinisiatif membuka jasa persewaan guide bagi para relawan dan pengunjung yang ingin menjelajahi desanya.

Pengunjung juga dapat berjalan-jalan di sekitar desa dan bersenang-senang di atas perahu. Selain itu, warga membuka jasa sewa kolam renang bagi pengunjung yang ingin bermain air.

“Datanglah kemari. Selain wisata air, kamu juga bisa membantu dengan donasi untuk warga sekitar. Ringankan beban mereka dengan membawa jatah, misalnya,” tulis akun Instagram @patisakpore pada caption.

4 dari 4 halaman

reaksi warganet

wisata air dadakan dalam kekuatan

©Instagram/@patisakpore

Adanya wisata air dadakan itu viral hingga menuai komentar netizen. Tak sedikit dari mereka yang mengingatkan pengunjung yang menaiki perahu akan pentingnya keselamatan.

“Bagi yang punya perahu, ingat keselamatan itu yang paling penting,” tulis @_ahmadfauzi26.

“Jangan lupa pakai jaket pelampung,” tulis @alim_telaga.

“Kreatif banget nih,” tulis @multi_las1.

(mdk/shr)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button