Gunung Papandayan, Harga Tiket, Fasilitas, Atraksi, Aktivitas Seru! - WisataHits
wisatahits

Gunung Papandayan, Harga Tiket, Fasilitas, Atraksi, Aktivitas Seru!

Gunung Papandayan, Harga Tiket, Fasilitas, Atraksi, Aktivitas Seru!

Gunung Papandayan – Surga kota Garut! Melakukan aktivitas jalan-jalan yang jauh dari mainstream tentu menjadi hal yang menyenangkan. Karena akan ada banyak sekali tantangan berbeda yang akan membuat perjalanan yang kamu jalani semakin menyenangkan.

Anda harus segera mencoba melakukan berbagai jenis kegiatan wisata yang tentunya akan sangat sulit untuk Anda lakukan. Karena dengan begitu Anda akan memperoleh kepuasan tersendiri dari kegiatan wisata yang telah Anda lakukan. Dalam hal ini, melakukan aktivitas wisata di gunung tentu menjadi pilihan yang bisa Anda lakukan.

Ketika Anda bisa belajar lebih banyak tentang sebuah gunung, perjalanan yang Anda lakukan akan semakin menyenangkan.

Pintu Masuk TWA PapandayanPintu Masuk TWA Papandayan

informasi Umum

  • Alamat: Karamat Wangi, Cisurupan, Garut, Jawa Barat, Indonesia
  • Harga tiket masuk: Rp 20.000 – Rp 30.000
  • Jam buka: 07:00 – 17:00 WIB
  • Nomor telepon: 0262-2810036/0262-2810034

Lokasi Gunung Papandayan

Lokasi Gunung Papandayan sendiri berada diantara beberapa tempat wisata seperti PCG (Papandayan Camping Ground), Bukit Nangklak dan lain-lain.

Alamat TWA Gunung Papandayan berada di antara Desa Karamat Wangi dan Desa Sirnajaya, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut.

Jalan Menuju TWA Gunung Papandayan

Bagi wisatawan yang ingin berlibur ke TWA Gunung Papandayan disarankan menggunakan kendaraan pribadi berupa mobil atau mobil. Karena sejauh ini belum tersedia jalur angkutan umum menuju tempat wisata favorit Garut ini.

Untuk rute yang perlu anda tempuh yaitu mulai dari pusat kota Garut langsung menuju ke arah Cisurupan, dan arah yang sama ketika anda ingin menuju pantai Santolo dan pantai lainnya di kota Garut Selatan.

Selama perjalanan kita akan melewati akses jalan yang bagus, namun karena berada di dataran tinggi maka jalan yang akan kita tempuh agak terjal. Dengan demikian, kendaraan yang akan Anda gunakan harus dalam kondisi prima.

Jam Buka Taman Wisata Alam Gunung Papandayan

Bagi anda yang ingin kesini bisa datang setiap hari, dari senin sampai minggu, jam bukanya adalah :

  • Jam buka sampai jam 5 sore.
  • Bagi yang menginginkan perkemahan 24 jam

Periksa juga: Talaga Bodas Garut

Harga tiket masuk Gunung Papandayan

Siapapun yang ingin ke sini, harus menyiapkan kocek untuk tiket masuk. Berikut rincian biaya wisatawan yang datang ke sini berdasarkan wahana dan fasilitas untuk pengunjung lokal dan mancanegara.

Tiket masuk
Jenis tiket Tarif
hari biasa Liburan
Tiket masuk wisata lokal Rp 20.000 Rp30.000
Tiket masuk wisata internasional Rp 200.000 Rp300.000
Berkemah Rp35.000 Rp35.000
kendaraan roda 2 Rp 12.000 Rp 14.500
kendaraan roda 4 Rp 25.000 Rp30.000
kendaraan roda 6 Rp 110.000 Rp 125.000
Sepeda Rp7.000 Rp9.000
Tiket masuk pelajar (lokal) Rp 18.000 Rp 20.000
Terapi termal untuk orang dewasa Rp 20.000 Rp 25.000
Terapi air panas untuk anak-anak Rp 10.000 Rp 15.000
Parkir R2 Mendaki/Berkemah Rp5.000 Rp 15.000
Parkir R4 Mendaki/Berkemah Rp 10.000 Rp 25.000
Tempat parkir R6 Mendaki/Berkemah Rp 15.000 Rp30.000

Pemasangan TWA Gunung Papandayan

Untuk melayani para pengunjung yang datang ke sini, pengelola tempat ini telah melengkapi berbagai fasilitas penunjang di sekitar Taman Wisata Alam Gunung Papandayan, dan bisa dikatakan sangat lengkap, nah berikut beberapa fasilitas yang bisa anda nikmati :

  • parkir mobil luas,
  • Toilet,
  • warung makanan dan minuman,
  • ruang sholat
  • Akomodasi,
  • menara observasi,
  • belvedere,

Daya tarik

Jika Anda ingin mengunjungi berbagai jenis gunung di Indonesia, ini merupakan rencana yang cukup bagus. Karena itu artinya kamu adalah orang yang menyukai kegiatan anti mainstream dan kamu juga menyukai kegiatan berpetualang.

Jika iya, maka Anda perlu pergi ke kota Garut agar bisa menikmati keindahan gunung setelahnya. Karena di Garut terdapat beberapa gunung salah satunya Gunung Papandayan.

Gunung Papandayan sendiri merupakan gunung yang cukup familiar bagi para pendaki, karena di gunung ini anda akan mendapatkan keindahan yang luar biasa. Dan tentunya ketika anda datang ke gunung ini nanti, anda akan sangat puas dengan perjalanan panjang yang telah anda lakukan untuk sampai ke sana.

aktivitas yang menyenangkan

Tentunya jika mau, Anda bisa melakukan berbagai macam hal yang tentunya akan sangat menyenangkan. Berbagai kegiatan yang dapat dilakukan di Gunung Papandayan

1. Mendaki Gunung Papandayan

Mendaki Gunung Papandayan via Google Maps @Mamen CyclingMendaki Gunung Papandayan via Google Maps @Mamen Cycling

Salah satu hal menarik dan tentunya jauh dari mainstream yang bisa Anda lakukan di Gunung Papandayan adalah mendaki. Di sini nantinya Anda bisa melakukan pendakian santai yang tentunya akan membuat Anda bisa menikmati keindahan yang ada di sekitarnya.

Dengan cara ini Anda akan mendapatkan kepuasan atas apa yang sudah Anda ketahui saat mendaki. Selama proses eskalasi, Anda akan melihat berbagai hal seperti berikut:

  • Pemandangan yang bagus
  • Sumber air bersih
  • Jalanan sangat mudah untuk dilintasi
  • Pepohonan hijau di kejauhan sangat indah

2. Eksplorasi Kawah Gunung Papandayan

Saat Anda berkesempatan mencapai puncak Gunung Papandayan, Anda nanti bisa melihat kawahnya.

Kawah tersebut merupakan hasil letusan gunung berapi aktif yang membentuk sebuah kawah yang dijadikan objek wisata.

Perlu Anda ketahui bahwa Anda dapat menikmati pemandangan kawah dengan sangat nyaman. Anda bahkan bisa melakukan aktivitas seperti berikut ini di sekitar kawah gunung Papandayan, antara lain:

  1. Berfoto di area kawah
  2. Lihatlah kawah lebih dekat
  3. Kawah dalam situasi tertentu akan aman untuk dikunjungi

3. Berkemah menyenangkan

Camping penuh keseruan via Google Maps Yulia AgnisCamping penuh keseruan via Google Maps Yulia Agnis

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan selanjutnya saat sampai di Gunung Papandayan adalah berkemah. Di sana kamu bisa menikmati serunya camping yang pastinya akan membuat kamu dan teman-teman menikmati suasananya.

Adanya suasana tenang dan kondisi lingkungan yang aman bagi Anda sebagai tempat perkemahan menjadi salah satu daya tarik wisata gunung ini.

Bagi Anda untuk menikmati kegiatan berkemah dapat Anda lakukan. Dimana nantinya anda akan berkesempatan untuk lebih dekat dengan teman-teman anda yang sedang camping bersama anda.

Dalam kegiatan berkemah yang dilakukan, Anda dapat melakukan kegiatan sebagai berikut:

  • Bakar kayu bakar bersama
  • Berkumpul dan bernyanyi
  • Mainkan permainan yang menyenangkan

4. Menyaksikan Balap Sepeda Trail Gunung Papandayan

Selain itu, tentunya hal seru lainnya yang bisa Anda lakukan di Gunung Papandayan adalah menonton balapan motocross. Dengan jalur yang sangat sulit untuk dilalui oleh setiap motor trail tentunya akan membuat anda terkagum-kagum.

Sehingga sangat membuat anda menikmati tontonan motor trail yang anda lihat. Dengan begitu, tentunya akan ada sensasi tersendiri yang bisa anda alami saat berkunjung ke kawasan wisata Gunung Garut.

5. Mengunjungi Padang Edelweiss

Mengunjungi Padang Edelweis melalui Google Maps Daniel HeryantoMengunjungi Padang Edelweis melalui Google Maps Daniel Heryanto

Selain itu, kegiatan yang pasti akan membuat Anda sangat menikmati perjalanan Gunung Papandayan adalah dengan mengunjungi Padang Edelweiss. Di sana tentunya Anda akan sangat takjub dengan apa yang Anda lihat di ladang edelweis.

Dimana nantinya anda akan berada di tengah banyak bunga edelweis yang akan memiliki bunga yang sangat indah pada musimnya. Ketika Anda datang ke sini, Anda dapat melakukan berbagai hal seperti berikut:

  • Jepret foto di antara pohon edelweis berbunga
  • Jelajahi berbagai jenis pohon berbunga edelweiss
  • Nikmati keindahan padang edelweis dengan tenang

6. Mengunjungi Hutan Mati Gunung Papandayan

Wisata Hutan Mati Gunung PapandayanWisata Hutan Mati Gunung Papandayan

Selain itu, salah satu hal menarik lainnya yang bisa Anda lakukan di Gunung Papandayan adalah mengunjungi Hutan Mati. Tempat ini disebut hutan mati karena memang pepohonan disana adalah pohon kering dan mati.

Di sana kamu bisa mengambil foto yang sangat keren dengan latar belakang hutan mati. Tentu tidak dipungkiri hasil foto akan sangat indah karena hasil asli perpaduan alam yang serasi menambah keindahan foto anda.

Di gunung Papandayan juga terdapat sebuah danau yang sangat indah untuk dikunjungi saat anda ke sana. Anda dan teman Anda dapat berjalan-jalan santai ke danau. Keindahan danau tentunya akan membuat perjalanan Anda semakin menyenangkan.

Sehingga nantinya anda bisa benar-benar menikmati keindahan danau yang anda kunjungi. Anda bisa melakukan aktivitas foto di danau yang ada di Gunung Papandayaan sehingga hasil foto akan sangat bagus.

7. Kolam renang

Pool melalui iNewsPool melalui iNews

Aktivitas seru yang bisa kita lakukan di TWA Papandayan adalah berenang di kolam termal yang menyenangkan. Lokasi kolam renang ini dekat dengan Taman Edelweis. Air kolam ini berasal langsung dari pegunungan.

Kolam ini tidak hanya cocok untuk orang dewasa, dijamin anak-anak akan senang bermain air disini, karena airnya tidak terlalu panas, juga udara di TWA Papandayan cukup dingin sehingga sangat menyenangkan untuk mandi disini.

Ada dua kolam air panas yang bisa dinikmati wisatawan, yaitu kolam khusus dewasa dan kolam khusus anak-anak.

Karena sumber airnya dari pegunungan maka kandungan belerang pada airnya cukup tinggi sehingga sangat bermanfaat untuk mengobati penyakit kulit dan berbagai penyakit lainnya.

Bagi yang tidak bisa berenang, pengunjung bisa bersantai menonton band di gazebo tepi kolam, sambil bersantai atau menikmati makanan yang kami bawa.

Bagi wisatawan yang ingin berenang di sini, jangan lupa membawa baju ganti. Pengalaman berenang di sini akan menjadi momen yang tak terlupakan, karena kita diajak berenang di tempat yang menyenangkan.

Kunjungi juga: 22 Kolam Garut Paling Seru

8.Pondok Saladah

Salad rumahSalad Rumah

Selain itu, kita juga bisa singgah di Pondok Saladah yang lokasinya berada di dekat hutan mati. Spot ini juga menjadi spot terbaik yang sayang untuk dilewatkan, terutama bagi pecinta alam yang suka berkemah. Untuk menunjang kegiatan camping disini pengelola telah menyediakan berbagai fasilitas pendukung di area bumi perkemahan, tersedia warung dan toilet.

Di sekitar bumi perkemahan ini juga terdapat ladang edelweis Tegal Alun yang merupakan salah satu ladang edelweis terbesar di Indonesia. Di sini Anda bisa melihat pemandangan yang cukup unik; hamparan edelweis yang sangat luas.

Penutupan

Mungkin hanya itu yang bisa disampaikan tentang berbagai hal yang bisa Anda lakukan di Gunung Papandayan. Semoga bisa anda jadikan referensi yang menarik untuk mengisi waktu liburan anda. Temukan informasi tempat wisata terbaru lainnya di Indonesia dan luar Indonesia dengan terus mengunjungi Tempatwisataseru.com.

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button