Gubernur Khofifah meresmikan akses jalan menuju Wisata Merak Taman Nasional Baluran - WisataHits
Jawa Timur

Gubernur Khofifah meresmikan akses jalan menuju Wisata Merak Taman Nasional Baluran

Gubernur Khofifah meresmikan akses jalan menuju Wisata Merak Taman Nasional Baluran

SITUBOND – Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meresmikan pembangunan infrastruktur jalan menuju Kawasan Wisata Baluran Merak, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Senin (1/9).

Pemerintah Kabupaten Situbondo telah membuka dan membangun jalan akses sepanjang 10 kilometer dari Dusun Sidomulyo menuju Dusun Labuhan Merak di Desa Sumberwaru karena sejauh ini hanya bisa dilalui kendaraan roda dua.

“Ini luar biasa karena Bupati Karna Suswandi membangun akses jalan menuju kawasan wisata Merak Baluran. Semoga akses jalan ini dapat membawa manfaat yang besar bagi masyarakat Dusun Labuhan Merak,” kata Gubernur Khofifah dalam sambutannya.

Menurutnya, proses pembukaan dan pembangunan jalan akses di kawasan Taman Nasional Baluran tidak mudah karena izinnya diperoleh langsung dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

“Proses persetujuan pembangunan akses jalan ini tidak mudah, Bupati Situbondo sudah menginvasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Karena harus berbagi kawasan lindung Taman Nasional Baluran,” kata gubernur.

Gubernur juga mengingatkan masyarakat yang tinggal di Dusun Labuhan Merak untuk menjaga ketahanan alam dan ekologi kawasan Taman Nasional Baluran. “Akses jalan sudah ada dan akses semakin terbuka. Oleh karena itu, masyarakat harus terus menjaga ekosistem di Taman Nasional Baluran,” kata Khofifah.

Sementara itu, Bupati Situbondo Karna Suswandi menyatakan tujuan utama pembangunan jalan akses adalah kesejahteraan masyarakat Dusun Merak dan peningkatan perekonomian nasional melalui dampak akses yang layak.

Bupati Situbondo Karna Suswandi mengatakan akses jalan ini sangat penting bagi pemerintah Kabupaten Situbondo karena terdapat delapan destinasi wisata di luar Taman Nasional Baluran. Seperti Pantai Lempuyang, Pantai Sirondo, Pantai Kakapa, Pantai Balanan, Pantai Batu Hitam, Pantai Kajang, Tebing Batu Hitam dan Rumput Emas.

“Izin akses jalan ini hanya 10 km karena izin KLHK awalnya hanya 10 km. Namun, rencana kami adalah melanjutkan pembangunan jalan penghubung yang menghubungkan pantai-pantai ini. Dan tentunya kita berharap ini akan meningkatkan perekonomian masyarakat. Tujuan kami membangun jalan ini bukan hanya untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), tapi khususnya kemakmuran masyarakat di Merak. Kalau masyarakat sejahtera dan sejahtera, insya Allah nanti akan diikuti dengan lonjakan PAD juga,” pungkasnya. (mus/rak)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button