Berikut adalah beberapa makanan tradisional Jawa - WisataHits
Yogyakarta

Berikut adalah beberapa makanan tradisional Jawa

Matamaja.com//Culinary Tour — Makanan khas Jawa memang terkenal dengan cita rasanya yang khas. Beberapa makanan tradisional Jawa ada yang manis, gurih dan dipadukan dengan bumbu rempah.

Makanan khas Jawa sendiri biasanya mengacu pada dua daerah, yaitu Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sabtu (20/08/22)

Makanan tradisional Jawa dari kedua provinsi ini sangat terkenal dengan makanan khasnya yang unik. Cukup banyak makanan khas Jawa yang kemudian beredar di seluruh Indonesia dan kemudian digemari oleh masyarakat daerah lain antara lain.

  1. Salad Cingur

Makanan Khas Jawa Rujak Cingur merupakan salah satu makanan khas Jawa yang bahannya sulit ditemukan di luar Jawa. Salah satu bahannya adalah petis.

Kata cingur sendiri berarti mulut dan mengacu pada mulut atau moncong sapi atau kerbau yang telah direbus dan dibersihkan. Dimana bahan utama cingur disebut rujak cingur.

  1. tahu campur

Tentunya masyarakat Jawa Timur sudah tidak asing lagi mendengar nama menu tahu campur. Tahu campur merupakan makanan khas Jawa yang biasa dijajakan oleh pedagang kaki lima. Perpaduan tahun dengan rasa gurih dan manis sangat khas Jawa Timur dan sebagian Jawa Tengah.

Tahu Campur mudah ditemukan di Lamongan, Surabaya hingga Sidoarjo. Hidangan ini terdiri dari berbagai isian seperti sayur, lentho singkong, tahu, tetelan sapi atau sapi.

Makanan tradisional Jawa ini disajikan dengan terasi hitam sebagai bumbu pelengkapnya agar enak. Jangan lupa disajikan dengan kerupuk sebagai pelengkap.

  1. ayam lodo

Lodho Ayam adalah makanan khas Jawa yang berasal dari pesisir selatan Jawa Timur, tepatnya di daerah Trenggalek dan Tulungagung.

Hidangan ini biasanya dibuat dengan ayam kampung yang sudah diolah terlebih dahulu kemudian diolah lagi dengan santan. Biasanya ayam lodho dibakar atau ditekan terlebih dahulu.

  1. tahu teknologi

Tahu Tek adalah salah satu masakan Jawa yang paling populer di Surabaya. Tahu Tek berisi tahu setengah matang, lontong, kentang dan beberapa tauge.

Bahan-bahan tersebut kemudian ditaburi saus kacang, yang diberikan pada petis. Penjual Tahu Tek Surabaya juga sering menambahkan telur dadar dan kerupuk udang sebagai pelengkap.

  1. Gudeg

Makanan Khas Jawa Gudeg merupakan makanan khas dari Jawa Tengah dan Yogyakarta. Gudeg merupakan salah satu makanan yang tahan lama karena dimasak dengan pemanasan berulang kali.

Gudeg memiliki rasa yang manis dengan warna coklat tua yang terbuat dari nangka muda, saat disajikan disertai dengan areh, sambal goreng krecek, dan seafood seperti tempe, tahu, telur, atau ayam.

(@aher/TBNews)

Source: matamaja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button