Google Doodle hari ini: Hari Perempuan Internasional, sejarah dan tujuannya - WisataHits
wisatahits

Google Doodle hari ini: Hari Perempuan Internasional, sejarah dan tujuannya

Google Doodle hari ini: Hari Perempuan Internasional, sejarah dan tujuannya

Piknikdong.com – Hari ini 8 Maret 2023, Google Doodle hari ini mengacu pada Hari Perempuan Internasional. Seperti apa ceritanya? Mari dengarkan!

Hari Perempuan Internasional masih diperingati setiap tahun pada tanggal 8 Maret, hari yang didedikasikan untuk menghormati perempuan di seluruh dunia dan menghormati perjuangan untuk kesetaraan gender.

Google Doodle Hari ini adalah Hari Perempuan Internasional, sejarah dan tujuannyaGoogle Doodle Day: ini adalah Hari Perempuan Internasional, sejarahnya dan tujuannya

Sejarah Hari Perempuan Internasional

Dalam sejarah Hari Perempuan Internasional pertama kali diadakan pada tahun 1911 di Jerman, Austria, Denmark dan Swiss.

Saat itu, disebut “Hari Perempuan Internasional untuk memperjuangkan hak-hak perempuan dan perdamaian internasional”

Ini bertujuan untuk memperjuangkan hak-hak perempuan, termasuk hak untuk memilih dan dipilih, serta untuk mempromosikan perdamaian internasional.

Setelah itu, Hari Perempuan Internasional diadopsi oleh banyak negara di dunia dan menjadi momentum untuk memperjuangkan kesetaraan gender.

Jika kita menengok ke belakang, pada tahun 1975 PBB mencanangkan tanggal 8 Maret sebagai Hari Perempuan Internasional, dan sejak saat itu organisasi-organisasi perempuan di seluruh dunia berperan penting dalam merayakan dan memperingati Hari Istri Internasional.

Tujuan Hari Perempuan Internasional

Selain untuk menghormati dan memperingati perjuangan perempuan untuk mencapai kesetaraan gender dan persamaan hak dengan laki-laki, tujuan Hari Perempuan Internasional juga untuk:

1. Mendorong tindakan untuk mengatasi ketidaksetaraan gender

Hari Perempuan Internasional memberikan kesempatan untuk memperjuangkan hak-hak perempuan dan memastikan bahwa mereka memiliki akses yang sama dengan laki-laki dalam segala hal.

Ini termasuk kesetaraan dalam ekonomi, politik, pendidikan dan hak asasi manusia.

2. Soroti masalah yang dihadapi perempuan

Hari itu juga merupakan kesempatan untuk menyoroti isu-isu yang dihadapi perempuan, seperti kekerasan terhadap perempuan, diskriminasi berbasis gender, dan terbatasnya akses ke layanan kesehatan dan pendidikan.

3. Meningkatkan kesadaran akan kesetaraan gender

Hari Perempuan Internasional adalah kesempatan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya kesetaraan gender dan bagaimana ketidaksetaraan gender dapat mempengaruhi kehidupan perempuan dan masyarakat secara keseluruhan.

4. Memperingati perjuangan perempuan di masa lalu

Hari Perempuan Internasional juga memperingati perjuangan perempuan di masa lalu yang memperjuangkan hak-hak perempuan dan menginspirasi perjuangan perempuan hari ini dan esok.

Selamat Hari Perempuan Internasional.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button