Air terjun Sarambualla, air terjun cantik dengan bebatuan alam yang indah di Luwu utara - WisataHits
wisatahits

Air terjun Sarambualla, air terjun cantik dengan bebatuan alam yang indah di Luwu utara

Air terjun Sarambualla, air terjun cantik dengan bebatuan alam yang indah di Luwu utara

Air Terjun Sarambualla merupakan objek wisata unggulan di Luwu Utara yang memiliki keindahan luar biasa meski berada di balik hutan lebat nan hijau.

Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Kalotok, Kec. Sabbang, Kab. Luwu Utara, Sulawesi Selatan; Kasus: Verifikasi lokasi

Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan memiliki pesona alam yang bisa membuat siapa saja kembali. Di antara sekian banyak tempat wisata alam di Luwu, Air Terjun Sarambualla menjadi salah satu daya tarik bagi penduduk lokal maupun wisatawan. Karena Sarambu Alla menawarkan eksotisme air terjun di jantung alam.

Daerahnya cukup terpencil sehingga keindahan alam di sekitar air terjun ini masih sangat terjaga. Selain bisa bermain air di kolam jernih di bawah air terjun, wisatawan juga bisa menikmati udara segar sambil mendengarkan kicauan burung yang hinggap di pepohonan. Oleh karena itu sangat cocok untuk dikunjungi bagi mereka yang ingin bersantai tubuh dan pikiran.

Meski letaknya berkilo-kilometer dari pemukiman penduduk, kondisi jalan menuju Air Terjun Sarambu Alla bisa dikatakan cukup baik. Karena sebagian sudah diaspal, sebagian lagi sudah diperkeras, sehingga bisa dilintasi kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat.

Daya tarik yang dimiliki oleh Air Terjun Sarambualla

Objek wisata air terjun SarambuallaKredit gambar: Google Maps Adam Hermanwan

Air terjun setinggi 15 meter ini menawarkan pesona alam yang luar biasa dan pasti bisa membuat wisatawan ingin datang kembali. Selain merasakan jernih dan sejuknya air yang mengalir dari Sungai To’ Nangka, pengunjung juga akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang indah. Termasuk berbagai flora dan fauna yang terdapat di sekitar kawasan tersebut. Berikut adalah beberapa sorotan dari Sarambualla:

✦ Air terjun kristal

Sesampainya di tempat wisata, pengunjung akan disambut oleh suara gemuruh air yang jatuh dari ketinggian. Sedangkan di bawahnya terdapat kolam air jernih yang bisa memukau mata. Di sekitar kolam terdapat hamparan batu alam berukuran besar yang bisa dijadikan tempat duduk bagi wisatawan.

✦ Terletak di Lembah Tepi Hutan

Air Terjun Sarambu mengalir deras melewati lembah di pinggir hutan. Karena diapit tebing bebatuan, tempat ini memang cukup tersembunyi namun tetap asri. Sepertinya itu nilai plus tersendiri yang justru menambah keindahannya. Karena wisatawan bisa lebih leluasa menikmati gemericik air yang deras dan deras di kolam di bawahnya.

✦ Daerah sejuk dan asri

Lokasi Air Terjun Sarambualla yang berada di tepi hutan belantara membuat suasana tempat ini sangat sejuk, asri dan rindang. Di sekitar air terjun banyak ditumbuhi pohon-pohon kayu liar yang tampak hijau dengan berbagai bunga yang bermekaran indah. Sesekali wisatawan juga akan melihat flora hutan yang khas, seperti burung, kupu-kupu, dan capung.

✦ Bebatuan alami di sekitar air terjun

Saat memasuki kawasan air terjun, wisatawan akan menyaksikan tebing bebatuan yang menambah keindahan Sarambualla. Dari atas batu karang, pengunjung bisa merasakan gemercik air seperti gerimis. Tak jarang wisatawan menghabiskan waktu dengan duduk di bebatuan, sebelum memutuskan untuk mencicipi sejuknya air kolam renang.

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat air terjun SarambuallaKredit gambar: Google Maps Mike Clay

Air Terjun Sarambualla terletak di Desa Kalotok, Kecamatan Sabbang, Kabupaten Luwu Utara, Provinsi Sulawesi Selatan. Untuk mencapai kawasan wisata alam ini, wisatawan yang datang dari kota Masamba (ibukota Luwu Utara) harus menempuh jarak +35 km atau sekitar 1 jam dengan menggunakan sepeda motor atau mobil.

Lokasinya berjarak sekitar 7 km dari perbatasan antara Kabupaten Luwu dan Kabupaten Luwu Utara, sehingga relatif mudah ditemukan. Karena kondisi jalan yang cukup baik, wisatawan tidak perlu khawatir akan kenyamanan selama perjalanan. Apalagi jika Anda membawa anak-anak untuk mengunjungi wisata ini.

Untuk memasuki kawasan Air Terjun Sarambu Alla, wisatawan hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp5.000 hingga Rp10.000 per orang sebagai biaya masuk. Harga tersebut sudah termasuk parkir kendaraan, sehingga cukup terjangkau. Karena tempat wisata utama di Luwu Utara ini buka 24 jam sehari, maka wisatawan dapat menentukan jam berkunjung dengan lebih mudah.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Aktivitas Menarik di Air Terjun SarambuallaKredit gambar: Google Maps Asfiya Habibulloh (Habib)

Karena letaknya yang strategis dan alamnya yang liar, Air Terjun Sarambualla sering dijadikan sebagai tujuan liburan. Selain memiliki daya tarik yang bisa membuat wisatawan terpesona, air terjun yang terletak di tebing bebatuan ini juga menawarkan segudang aktivitas menarik. Jadi dijamin pengunjung tidak akan pernah bosan. Berikut daftar aktivitas seru yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi Sarambualla:

1. Mainkan air

Saat mengunjungi air terjun, kegiatan pertama dan terpenting yang ingin dilakukan oleh wisatawan tentunya adalah bermain air, baik itu sekedar bermain air di tepi kolam di bawah air terjun maupun berenang. Airnya yang berwarna hijau jernih dengan tingkat kedalaman yang berbeda membuat wisatawan dapat memilih arena bermain sesuai dengan keinginan dan kemampuan berenangnya.

2. Piknik menyenangkan

Keberadaan bongkahan batu besar di sekitar air terjun tampaknya mendukung berbagai aktivitas praktis keluarga, seperti piknik atau rekreasi. Pasalnya, wisatawan tidak perlu lagi membawa tikar karena bisa menggunakan bebatuan besar dengan permukaan datar sebagai tempat duduk bersantai sambil bercengkrama bersama keluarga. Tentu saja diiringi deru air terjun.

3. Berburu foto keren

Tidak mungkin mengunjungi Air Terjun Sarambulla tanpa mengambil foto. Apalagi, banyak spot foto menarik yang perlu diabadikan dengan kamera ponsel dan dibagikan di media sosial. Bagi yang menyukai aktivitas selfie, maka Sarambualla juga bisa menjadi pilihan terbaik. Wisatawan bisa berfoto dengan air terjun yang indah.

4. Petik buah

Daerah sekitar Sarambualla dikenal sebagai penghasil buah lokal terbesar di Luwu Utara. Saat musim buah, wisatawan bisa menjumpai kebun buah setempat, seperti pohon zaitun, rambutan, dan durian, di sepanjang jalan menuju air terjun. Jika buahnya sudah matang, Anda bisa membelinya langsung dari petani untuk dinikmati sesampainya di air terjun.

5. Menyegarkan dan menyembuhkan

Air Terjun Sarambualla bagaikan sudut surga yang tersembunyi di tengah alam liar, sehingga cocok sebagai tempat mencari ketenangan dan memulihkan pikiran dari segala penat. Untuk itu, tak heran jika tempat ini selalu dipadati warga lokal maupun wisatawan luar kota saat musim liburan tiba.

6. Kegiatan olahraga

Punya rencana olahraga tapi masih gagal? Mengunjungi Sarambu Alla adalah solusinya. Meski jalan menuju tempat tersebut sudah bagus, namun untuk bisa melihat eksotisme air terjun ini, wisatawan harus menuruni anak tangga sekitar 30m untuk mencapai kolam renang. Selain jalan-jalan, pengunjung juga bisa berolahraga.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Air Terjun SarambuallaKredit gambar: Google Maps Mega Sari

Curug Sarambualla memang cukup jauh dari perkampungan dan lokasinya cukup terjal, namun dari segi fasilitas sudah sangat memadai. Obyek wisata ini telah menyediakan tempat parkir yang aman, gazebo, ruang ganti, toilet umum dan warung-warung kecil yang menjual makanan. Jadi wisatawan tidak perlu khawatir kelaparan meski tidak membawa perbekalan.

Saat berlibur ke Luwu Utara, Anda wajib menyempatkan diri untuk mengunjungi Air Terjun Sarambualla yang indah dan mempesona. Apalagi, banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan di tempat wisata ini. Selain menghilangkan penat hati dan mental, Sarambualla juga menjadi tempat yang tepat untuk mencari foto Instagramable.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button