Gila! Hanya di Solo, Umbrella Festival memiliki peserta dari Thailand, India dan Spanyol - WisataHits
Jawa Tengah

Gila! Hanya di Solo, Umbrella Festival memiliki peserta dari Thailand, India dan Spanyol

INDOZONE.ID – Festival Payung Indonesia ke-9 akan kembali digelar pada 2-4 September 2022 di Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah. Ada sekitar 80 kelompok seni dan komunitas kreatif dari 50 kota/kabupaten di Indonesia yang menjadi anggota.

Selain itu, hadir pula peserta dari luar negeri yaitu Thailand, India dan Spanyol. Bertema “The Kingdom and Umbrella”, acara ini diselenggarakan oleh Mataya Arts and Heritage bekerjasama dengan Pemerintah Kota Solo.

pesta payungFestival Payung Indonesia di Solo, Jawa Tengah. (Z Creators/Is Ariyanto)

Acara ini menampilkan berbagai kreasi payung dan serba-serbi dari berbagai daerah di Indonesia, mengajak mereka untuk menjelajahi kerajaan-kerajaan masa lalu.

Indonesian Umbrella Festival sendiri sudah memiliki sister festival dengan Borsang Umbrella Festival yang sudah rutin diadakan di Chiang Mai, Thailand sejak tahun 2018.

pesta payung Festival Payung Indonesia di Solo, Jawa Tengah. (Z Creators/Is Ariyanto)

Pengunjung tidak hanya dapat memamerkan berbagai karya koleksi payung dari setiap daerah dan negara, tetapi juga berjalan-jalan dan menikmati keindahan ribuan payung yang dipamerkan.

Selain itu, ada berbagai pertunjukan seni dari berbagai daerah yang semuanya berkaitan erat dengan payung.

“Kami ingin Festival Payung Indonesia tidak hanya melestarikan, tetapi juga menciptakan. Jadi keduanya bisa bekerja, dan itu salah satu hal yang paling penting. Padahal, ini satu-satunya festival di Indonesia,” kata Heru Prasetyo, direktur Mataya Art and Heritage Kreator Tim ZIst Ariyanto, Rabu (31/8/2022).

pesta payungFestival Payung Indonesia di Solo, Jawa Tengah. (Z Creators/Is Ariyanto)

Kepala Divisi Ekonomi Kreatif Disbudpar Kota Solo Iis Purwaningsih mengatakan selain Indonesia Umbrella Festival, juga ada acara karisma Nusantara, yaitu Festival Keroncong, Solo Perform Art (SIPA).

“Ini upaya kami, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Solo bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk hadir dalam acara Kharisma Wisata dan menyelenggarakan event-event untuk destinasi wisata di daerah,” kata Iis Purwaningsih.

pesta payungFestival Payung Indonesia di Solo, Jawa Tengah. (Z Creators/Is Ariyanto)

Alasan mengapa Festival Payung Indonesia 2022 akan diadakan di Candi Mangkunengaran karena memiliki beberapa karakteristik. Festival yang bertempat di Pamedan, Pendopo dan Panggung Teratai ini tidak hanya estetis tetapi juga mengandung sejarah masa lalu.

Artikel menarik lainnya:

Buat cerita lucumu sendiri dan dapatkan berbagai hadiah menarik! Mari bergabung Z Pencipta dengan mengklik di sini.

Z PenciptaZ Pencipta

Source: www.indozone.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button