Berkunjung ke Purwokerto Lotus View Tower, icon baru kota Satria yang masih hits - WisataHits
Jawa Tengah

Berkunjung ke Purwokerto Lotus View Tower, icon baru kota Satria yang masih hits

Menara Pandang Teratai, ikon baru Purwokerto, saat ini sedang menikmati popularitas besar. @Instagram/instapurwokerto

Menara Pandang Teratai Purwokerto merupakan menara dengan ketinggian 117 meter. Dibangun pada tahun 2021, menara tersebut kini menjadi salah satu destinasi wisata di Purwokerto sekaligus landmark baru kota Satria.

Apa yang menarik dari Lotus Observation Tower? Mari kita ungkap bersama dalam ulasan ini!

Kisah Menara Pandang Teratai Purwokerto

Kemegahan ikon baru Purwokerto, Menara Pandang Teratai. @Instagram/instapurwokerto

Pembangunan Menara Pandang Teratai merupakan hasil inisiatif pemerintah Kabupaten Banyumas untuk menciptakan ikon baru Purwokerto. Oleh karena itu, menara ini dibangun dengan mendanai program PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional) dari dana APBN.

Desain menara Lotus View mengalami beberapa kali perubahan, pertama desain akhir bangunan berbentuk kubah yang diberi nama Menara Rujakpolo Gada.

Dalam perjalanan hingga selesai, desain menara berubah menjadi bunga teratai. Bagian atas menara berbentuk bunga teratai mengandung filosofi Dwipa Semarang, dengan pembagian menara menjadi 3 tingkat yaitu tingkat bawah, tengah dan atas.

Tingkat bawah adalah lantai dasar, yang melambangkan hubungan antar manusia, tingkat tengah di lantai 1 dan 2, yang melambangkan hubungan dengan alam, dan tingkat atas di lantai 3 dan 4, melambangkan hubungan dengan Tuhan. .

Daya Tarik Menara Observasi Teratai Purwokertos

Uji keberanian Anda dengan berjalan melintasi jembatan kaca bening. @IIm Rohimah/Google Maps

Menara ini buka setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga 10 malam. Pada umumnya wisatawan datang ke tempat ini karena terpesona oleh daya tarik dan keunikan bentuk puncak menara yang menyerupai bunga teratai. Pengunjung bisa melihat keindahan seluruh kota dari atas.

Selain itu, ada jembatan tembus pandang dengan lantai kaca setinggi 3 meter di lantai 3 yang bisa dilintasi pengunjung. Jembatan lantai kaca ini kokoh. Namun, permukaannya yang transparan menciptakan efek yang menarik.

Para wisatawan yang ditantang untuk melewati lantai kaca ini tampak berjalan tanpa henti di ketinggian 110 meter di atas permukaan tanah. Perasaan tegang ini ternyata mengundang rasa ingin tahu. Bisa ditebak, tidak semua orang berani melewatinya.

Yang juga menarik dari menara ini adalah bangunannya dilengkapi dengan teknologi pencahayaan LED warna-warni dari bawah hingga atas. Lampu ini bersinar di malam hari dan terlihat sangat indah di kegelapan malam.

Keindahan Menara Pengamatan Teratai di malam hari. Instagram/banyumaslandscaper

Tower ini memiliki total 5 lantai dengan fungsi yang berbeda:

  1. Lantai 1 adalah Kedai kopi dengan konsep seperti pameran, klip komik, lukisan batik dan sebagainya
  2. Lantai 2 adalah ruang kantor atau ruang rapat. Namun, itu tidak terbuka untuk umum.
  3. Lantai 3 merupakan jembatan kaca yang bisa digunakan untuk melihat pemandangan Purwokerto. Batas waktu di lantai ini adalah maksimal 15 menit.
  4. Lantai 4 adalah kamar di luar.
  5. Lantai 5 adalah titik tertinggi di bawah bunga teratai langsung, setiap kunjungan dibatasi 10 menit, orang tua dan anak-anak dibatasi di lantai ini.

Ada lift untuk menikmati pemandangan kota dari atas

Menara Pandang Teratai, ikon baru Purwokerto, saat ini sedang menikmati popularitas besar. @Instagram/53pri

Menara observasi yang terdiri dari 5 lantai ini dilengkapi dengan lift, sehingga pengunjung tidak bosan menaiki tangga menuju puncak. Akses menuju Observation Deck dan puncak Lotus Tower dapat diakses melalui lift dengan kapasitas maksimal 20 orang, dan juga terdapat tangga darurat.

Jembatan kaca tembus pandang di lantai 3 ini tingginya sekitar 70-80 meter. Dari jembatan kaca ini, pengunjung dapat melihat keindahan Purwokerto sejauh mata memandang, namun naik ke lantai 3 tidak disarankan bagi yang memiliki phobia ketinggian.

perabot

Meski tergolong baru, Menara Pandang Teratai Purwokerto memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti:

  • Kamar ber-AC yang terletak di lantai 1 hingga 3
  • menangkal
  • restoran
  • perpustakaan mini
  • Kedai kopi
  • jembatan kaca
  • Toilet
  • Tangga berjalan
  • tangga darurat
  • Tempat parkir yang luas
  • Sewa autopet untuk melewati menara.

Rute ke Menara Pengamatan Teratai

Menara Pandang Teratai terletak di Jl Bung Karno, Kalibener, Kedungwuluh, Purwokerto Timur, Banyumas. Jarak antara menara ini dengan Alun-Alun Purwokerto hanya sekitar 1,8 km atau sekitar 5 menit.

Rute yang bisa ditempuh di luar lapangan adalah:

Ambil arah timur Jl. Lapangan, lalu belok kiri menuju Jl. Raga Semangsang, belok kanan ke Jl. Kranji, belok kanan lagi ke Jl. Kolonel Sugiri, selanjutnya belok kanan ke Jl. Jenderal Sudirman, belok kiri terakhir di Jl. Soekarno Hatta. Menara Pandang Teratai berada di sisi kiri jalan.

Jadi lihat kembali salah satu destinasi wisata baru di Purwokerto yang sedang trend saat ini: Menara Pandang Teratai Purwokerto. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menambah referensi tempat liburan sahabat GNFI.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button