Gerhana Bulan Total di Bandung, Ini 7 Lokasi dan Link Live Streamingnya - WisataHits
Jawa Barat

Gerhana Bulan Total di Bandung, Ini 7 Lokasi dan Link Live Streamingnya

bandung

Pada hari Selasa tanggal 8 November kita akan menyaksikan fenomena alam yang langka yaitu gerhana bulan total. Warga Bandung dan sekitarnya juga bisa menyaksikan gerhana bulan ini dari tempatnya masing-masing.

Namun, penampakan gerhana bulan total ini akan semakin istimewa jika diamati dari lokasi yang lebih luas dan terbuka. Sehingga bulan sebagai objek tidak terhalang dan dapat terlihat lebih jelas.

Tim Stasiun Geofisika Bandung akan melakukan observasi WIB di Kantor Pos Pengamatan Geofisika Lembang pada pukul 15.00 – siap dengan teropong Vixen Sphinx ED80SF.

“Masyarakat di sekitar lokasi juga bisa melihat proses gerhana dengan menjaga jarak dan memakai masker,” kata pengamat dari BMKG Yan Permadhi kepada detikJabar, Selasa (11/8/2022).

Kondisi cuaca siang dan malam diprakirakan hujan ringan sekitar pukul 13.00 – 19.00 WIB dan prakiraan cuaca berawan pada malam hari. Prakiraan suhu udara berkisar antara 18,2 oC hingga 23,2 oC.

“Orang bisa menyaksikan gerhana bulan total dengan mata telanjang tanpa menggunakan kacamata khusus gerhana,” kata Yan.

Di Bandung, selain dari Pos Pengamatan Geofisika Lembang, Anda bisa melihat gerhana bulan dari tempat yang strategis, yaitu di dataran tinggi agar bulan tidak terhalang.

Berikut 7 rekomendasi tempat menyaksikan gerhana bulan di Bandung:

1. Punclut

Punclut atau disebut juga Puncak Ciumbuleuit terletak di Jalan Punclut, Ciumbuleuit, Cidadap, Kota Bandung. Karena ketinggiannya, pemandangan di tempat ini bisa melihat kawasan Bandung.

Tempat ini juga memiliki banyak restoran lesehan yang berjejer di pinggir jalan. Jalan menuju tempat ini juga cukup mudah diakses dari kota Bandung.

2. Caringin Tilu dan Bukit Moko

Perbukitan Caringin Tilu dan Moko terletak di Cimenyan, Kabupaten Bandung. Karena lokasinya yang berada di dataran tinggi, tempat ini juga menawarkan pemandangan kota yang menakjubkan.

Hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk mencapai tempat ini.

3. Lembang

Daerah dataran tinggi lain yang bisa menjadi pilihan untuk melihat gerhana bulan adalah Lembang. Lokasinya yang berada di atas menjadikan Lembang tempat yang tepat. Ada banyak kafe dan restoran yang menghadap ke alam tanpa terhalang oleh bangunan.

4. Dago Atas

Seperti dataran tinggi lainnya, daerah Dago atas cocok untuk Anda yang ingin melihat gerhana bulan. Pilih saja tempat yang nyaman, strategis dan tidak terhalang oleh bangunan lain.

5. Ranca Upas

Sensasi berbeda bisa Anda rasakan saat menyaksikan gerhana bulan saat berkemah di Ranca Upas yang terletak di Jalan Ciwidey, Rancabali, Kabupaten Bandung. Selain bisa menikmati matahari terbit, Ranca Upas juga dikenal sebagai tempat wisata yang menawarkan berbagai destinasi wisata seperti peternakan rusa.

Pemandangan matahari terbit di Ranca Upas dilengkapi dengan area berumput hijau yang asri sehingga membuatnya terlihat lebih alami. Pengunjung juga bisa menikmati matahari terbit sambil berkemah.

6. Lapangan Gasibu

Anda bisa mengunjungi tempat umum ini di depan Gedung Sate di Jalan Diponegoro Bandung. Areanya yang luas dan terbuka memungkinkan Anda untuk melihat ke langit tanpa terhalang oleh bangunan. Selain itu, Gedung Sate yang ikonik dapat menambah keindahan pemandangan malam.

7. Hotel Atap

Banyak hotel di Bandung yang memiliki gedung-gedung tinggi, sehingga Anda bisa melihat gerhana bulan total dengan lebih leluasa. Anda tinggal memilih hotel mana yang letaknya strategis dan tidak terhalang melihat langit. Beberapa hotel memiliki kafe atau ruang makan di lantai atas. Anda bisa nongkrong sambil bermalam menyaksikan gerhana bulan total.

Atau jika Anda berniat untuk berdiam diri di rumah saat gerhana bulan terjadi, Anda bisa mengikutinya melalui live streaming yang disiapkan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

BRIN akan melakukan live streaming pengamatan gerhana bulan melalui channel youtube BRIN Biak atau langsung melalui link dibawah ini.

https://s.id/pengamatanGBTbiak

BRIN Biak akan melakukan live streaming pengamatan gerhana bulan total mulai pukul 18:00 WIT (16:00 WIB).

Puncak gerhana bulan total 8 November 2022 akan terjadi pada 8 November 2022 pukul 17:59.11 WIB seperti dilansir situs resmi BMKG. Gerhana bulan total ini dimulai pada pukul 15:00:38 WIB dan berakhir pada pukul 20:57:43 WIB.

Berikut ini adalah rincian waktu terjadinya gerhana bulan 8 November 2022:

  • Gerhana matahari dimulai pukul 15:00:38 WIB
  • Gerhana matahari sebagian dimulai pada pukul 16:08:59 WIB
  • Gerhana matahari total dimulai pada 17.16.19 WIB
  • Puncak gerhana terjadi pada pukul 17:59:11 WIB
  • Gerhana matahari total berakhir pada 18.42.03 WIB
  • Gerhana berakhir pada 19:49:22 WIB
  • Gerhana berakhir pada 20:57.43 WIB
  • Durasi fase gerhana dari awal hingga akhir gerhana: 5 jam 57 menit 5 detik
  • Durasi fase gerhana sebagian dari awal hingga akhir gerhana sebagian: 3 jam 40 menit 23 detik
  • Total durasi gerhana bulan total pada 8 November 2022: 1 jam 25 menit 44 detik

Tonton video “Akan terjadi gerhana bulan total pada 8 November 2022”.
[Gambas:Video 20detik]
(tey/tey)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button