Pantai Teluk Asmara, pantai yang indah dengan pemandangan alam yang menawan di Malang - WisataHits
wisatahits

Pantai Teluk Asmara, pantai yang indah dengan pemandangan alam yang menawan di Malang

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Tambak, Sitiarjo, Kec. Sumbermanjing, Kab. Malang, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Berada di kota Malang belum lengkap rasanya jika belum menjelajahi salah satu dari berbagai destinasi wisata bahari yang disuguhkan di kawasan ini. Pantai Teluk Asmara adalah salah satunya. Memiliki keindahan alam yang segar dan selalu sangat indah membuat pantai ini selalu ramai dikunjungi pengunjung.

Pantai berpasir putih dihiasi dengan hamparan laut biru dengan ombak yang relatif tenang dan gugusan pulau-pulau kecil di sekitar pantai yang semakin melengkapi keindahan yang disajikan. Keberadaan pulau-pulau kecil tersebut tentunya bisa menjadi daya tarik tersendiri yang jarang ditemukan di kawasan wisata lainnya.

Objek wisata bahari ini sangat cocok digunakan untuk melepas penat akibat aktivitas sehari-hari, seperti lelah karena lembur atau bahkan lelah karena dikejar mengerjakan PR sekolah. Selain itu, tempat ini juga cocok sebagai tujuan liburan bersama orang tersayang seperti keluarga atau teman.

Atraksi Pantai Teluk Asmara

Pantai Teluk AsmaraKredit gambar: Google Maps Sinta Ardelia

1. Pemandangan alam yang indah

Anda tidak akan kecewa jika menikmati pemandangan kawasan pantai ini, karena berbagai pesona alam yang menakjubkan akan disuguhkan kepada Anda. Pesona alamnya antara lain hamparan laut biru yang luas, pasir dengan karakteristik yang berbeda-beda di setiap pantainya.

Pantai ini juga memiliki ragam tersendiri, di antaranya tebing-tebing yang terbuat dari batu karang, gugusan karang hidup yang indah, dan pantai laut yang landai. Semua itu bisa Anda temukan saat berkunjung ke kawasan wisata tepi laut di Malang ini.

2. Keindahan dua jenis pantai dalam satu kawasan

Di tengah garis pantai Teluk Asmara terdapat sebuah bukit yang seolah menjadi pembatas antara pantai yang satu dengan yang lainnya. Anda bisa menikmati panorama gugusan batu karang yang landai dengan air laut yang nyaris tak berombak.

Di sisi kiri bukit pantai Anda dapat bermain hingga 50m dari pantai, karena airnya cukup dangkal. Waktu terbaik untuk mengunjungi kawasan ini adalah saat air laut surut. Sedangkan di sisi kanan bukit pantai, Anda akan disuguhkan dengan pantai pasir putih yang begitu indah. Di area ini Anda bisa bermain air dan juga pasir yang lembut.

3. Memiliki ombak yang tenang dan cepat

Daya Tarik Pantai Teluk AsmaraKredit gambar: Google Maps Djay Riyadhi

Ombak di objek wisata bahari ini cukup tenang karena banyaknya bebatuan yang landai. Di area ini Anda bisa bermain dengan genangan air yang membanjiri pantai.

Berbeda dengan sisi kanan pantai, di bagian ini ombak pantai terlihat cukup kuat, sehingga sangat tidak disarankan untuk bermain air di area pantai ini. Meski berenang dan bermain air diperbolehkan di sini, Anda harus selalu memperhatikan keselamatan.

4. Keindahan pasir yang begitu menawan

Pasir pantai ini memiliki keindahan yang mampu memukau siapa saja yang melihatnya. Memiliki warna putih kekuning-kuningan membuat pantai semakin hangat dan eksotis.

Bagi Anda yang berwisata bersama anak-anak, bermain pasir bisa menjadi salah satu hal menyenangkan yang bisa Anda lakukan bersama keluarga. Hal ini tentunya akan menambah pengalaman anda dalam berwisata ke pantai Teluk Asmara.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Asmar Te TekukKredit gambar: Google Maps Arafah Cahya Kamila

Pantai ini termasuk dalam jajaran pantai di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Lokasi Pantai Teluk Asmara dekat dengan pantai lain di Malang yaitu Pantai Goa Cina dan Pantai Clungup. Berjarak sekitar 70 km dari pusat kota Malang, pantai ini memiliki dua pilihan rute perjalanan terbaik yang bisa Anda pilih.

Rute pertama, dari kota Malang bisa menuju Turen. Kemudian menuju ke daerah Sumbermanjing Wetan berbelok ke selatan. Anda dapat melanjutkan jalan dan menuju ke Mata Air Biru sampai Anda menemukan pertigaan. Dari situ Anda tinggal memperhatikan rambu-rambu jalan yang tersedia dan mengikutinya hingga sampai di lokasi pantai.

Rute kedua, dari kota Malang bisa menuju Kepanjen. Kemudian melanjutkan perjalanan menuju kabupaten Pagak menuju wilayah kabupaten Bantur. Dari kabupaten Bantur, perjalanan dapat dilanjutkan menuju pantai Balekambang hingga perempatan. Dari sana, belok kiri dan ikuti rambu jalan yang disediakan.

Pada jalur kedua, Anda juga dapat mengambil jalan lain untuk menuju kabupaten Bantur, yaitu dari pusat kota Malang menuju Gondanglegi, dan hanya sampai kabupaten Bantur.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Pantai Teluk AsmaraKredit gambar: Google Maps Malang Mbois

Untuk bisa menikmati berbagai keindahan Pantai Teluk Asmara di Malang ini, Anda tidak akan dikenakan biaya apapun yang mahal, bahkan biaya yang akan Anda bayarkan bisa dibilang cukup bersahabat. Oleh karena itu, objek wisata bahari ini sangat cocok bagi Anda yang sedang mencari tempat wisata dengan budget minim.

Biaya lain yang harus Anda keluarkan selama berada di tempat wisata ini adalah biaya parkir kendaraan. Biaya ini juga cukup murah dan masuk akal. Ini sekitar 10-20.000 rupee per kendaraan. Namun, biaya ini belum ditentukan dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Teluk Asmara

Aktivitas di Pantai Teluk AsmaraKredit gambar: Google Maps Khansa Cintya PH

1. Nikmati keindahan matahari terbenam

Bukan rahasia lagi kalau pantai merupakan tempat terbaik untuk melihat sunset atau matahari terbenam. Tak terkecuali Pantai Teluk Asmara. Sayang sekali jika melewatkan momen sunset ini, karena saat momen sunset tiba, pantai akan langsung terasa hangat dan eksotis.

2. Snorkeling

Pantai ini memiliki ombak atau arus pantai yang cukup tenang meskipun terletak di bagian selatan Pulau Jawa yang terkenal dengan ombaknya yang ganas. Anda bisa menggunakannya untuk melakukan aktivitas snorkeling.

Dengan melakukan aktivitas snorkeling, Anda bisa menikmati berbagai keindahan bawah laut yang ditawarkan pantai ini. Dari keindahan terumbu karang hingga keindahan berbagai ikan kecil yang bisa Anda nikmati saat melakukan aktivitas snorkeling. Ini dapat menciptakan pengalaman unik untuk Anda.

3. Perkemahan

Aktivitas menarik selanjutnya yang bisa Anda lakukan di kawasan wisata pantai ini adalah berkemah. Ketika Anda memutuskan untuk berkemah, Anda akan dapat merasakan keindahan malam dengan suara deburan ombak yang tenang dan suara alam sekitar yang begitu menyegarkan pikiran.

Memiliki pantai yang luas dapat membuat Anda merasa nyaman dan tidak khawatir dengan ombak yang tinggi. Selain itu, jika Anda malas membawa atau tidak memiliki perlengkapan camping, Anda bisa menyewa berbagai perlengkapan camping tenda dari warga sekitar yang banyak menawarkan jasa sewa ini.

4. Kumpulkan kerang

Aktivitas Menarik di Pantai Teluk AsmaraKredit gambar: Teknisi Hobi Google Maps

Bagi kamu yang hobi mengoleksi barang-barang unik, mungkin bisa melakukan aktivitas ini. Di pantai Teluk Asmara, Anda bisa mengumpulkan berbagai kerang yang bisa menjadi koleksi menarik. Ada berbagai bentuk dan warna kerang yang begitu indah. Anda dapat menemukan banyak kerang mati yang masih utuh di sepanjang pantai ini.

5. Jalan-jalan melihat terumbu karang

Terumbu karang di pantai ini terlihat jelas. Di sisi kiri bukit, Anda bisa berjalan di atas hamparan karang untuk melihat semua biota laut yang terdapat di pantai ini.

Beberapa hal yang mungkin Anda lihat termasuk terumbu karang hidup, gurita, siput laut, dan hogfish yang cukup berbahaya. Jika Anda memutuskan untuk bermain di pantai yang indah ini, tentunya Anda harus mempersiapkan perlindungan yang baik.

Penginapan murah dekat pantai

Akomodasi di dekat Pantai Teluk Asmara PantaiKredit Gambar: Google Maps Villa Asmara Hills

1. Homestay Ariesta

Hostel pertama yang letaknya tidak terlalu jauh dari kawasan pantai Teluk Asmara adalah Ariesta Homestay. Homestay ini memiliki berbagai fasilitas menarik yang pasti bisa membuat pengunjung betah berada di sini. Meski tidak ada fasilitas AC, namun udara di hostel ini bisa dibilang sangat sejuk. Tempat ini juga cocok untuk backpacker.

2. Pondok Wisata Berkah Alam

Bisa dibilang hostel di Sendang Biru ini cukup bagus, meski tampilannya masih cukup sederhana. Beberapa fasilitas yang tersedia di tempat ini antara lain kulkas, AC, wifi, parkir, TV, air bersih, kasur empuk dan masih banyak fasilitas lainnya.

3. Vila Perbukitan Asmara

Villa ini memiliki desain interior yang cukup menarik dengan dominasi kayu yang mampu membuat suasana menjadi lebih sejuk. Lokasi villa yang tidak terlalu jauh dari kawasan pantai Teluk Asmara ini bisa membuat perjalanan anda lebih hemat. Beberapa fasilitas yang bisa Anda nikmati di sini adalah sarapan gratis, wifi, parkir, dan layanan kendaraan dengan biaya tambahan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pantai Teluk AsmaraKredit gambar: Google Maps Millat Hanif

Fasilitas di pantai Teluk Asmara memang tidak selengkap di kawasan wisata lainnya. Karena pantai ini masih dalam tahap pembangunan dan pengembangan. Meski belum selesai, beberapa fasilitas telah disediakan sebagai kebutuhan yang bisa Anda gunakan

Fasilitas dasar yang tersedia antara lain tempat parkir mobil yang luas, tempat ibadah bagi umat Islam dan kamar mandi yang bersih. Selain itu, ada juga warung makan yang bisa Anda manfaatkan jika tiba-tiba lapar. Anda bisa bersantai menikmati keindahan alam pantai sambil menyantap makanan dari warung-warung tersebut.

Jika ingin bermalam di pantai, Anda bisa berkemah dan mendirikan tenda. Fasilitas yang menunjang kegiatan ini adalah tersedianya tempat persewaan peralatan camping dan tenda. Fasilitas lain yang secara bertahap mulai ada di tempat ini adalah wahana flying fox, gazebo, pos pengamatan, spot foto, dan masih banyak fasilitas lainnya yang sedang dalam pengembangan.

Setelah mengetahui beberapa informasi tentang pantai Teluk Asmara, tentunya Anda dapat menambahkan objek wisata bahari ini ke dalam daftar pilihan liburan Anda, khususnya di Kabupaten Malang. Berbagai aktivitas menarik yang bisa dilakukan di kawasan wisata ini serta keindahan pemandangan alam yang ada tentunya sayang jika dilewatkan begitu saja.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button