Ganjar: Situasi ekonomi Jawa Tengah terus membaik - WisataHits
Jawa Tengah

Ganjar: Situasi ekonomi Jawa Tengah terus membaik

Liputan6.com, Jakarta – Provinsi Jawa Tengah (Jawa Tengah) merayakan hari jadi (HUT) ke-72. Upacara peringatan dilaksanakan pada Senin (15/8/2022) di halaman Kantor Pemerintah Provinsi Jawa Tengah di Kota Semarang. Dalam sambutannya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memaparkan perbaikan kondisi ekonomi di Jawa Tengah.

Pertama, Ganjar memaparkan peningkatan pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah dari triwulan I hingga triwulan II 2022.

“Perekonomian Jawa Tengah terus membaik. Dari pertumbuhan 5,12 persen di Q1 di Q2 menjadi 5,66 persen di Q2,” kata Ganjar.

Selain itu, Ganjar menjelaskan peningkatan ekspor berbagai komoditas di Jawa Tengah meningkat 41,02 persen dari US$780 juta menjadi US$1,1 miliar.

Menurut Ganjar, hal itu disertai dengan penurunan impor hingga 18,22 persen dari sebelumnya 1,33 miliar dolar AS menjadi 1,09 miliar dolar AS.

“Inflasi juga turun alhamdulillah sebesar 0,69 persen dari 4,97 persen menjadi 4,28 persen. Banyak negara maju mengalami tekanan inflasi yang luar biasa,” tambahnya.

Ganjar juga mengapresiasi upaya dan integritas berbagai pihak yang terlibat dalam peningkatan perekonomian Jawa Tengah. Mulai dari Pemerintah Daerah (Pemda), Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) hingga BUMN dan BUMD.

Ganjar mengatakan kerja keras juga berdampak pada seluruh elemen masyarakat. Mulai dari pedagang, petani, buruh, karyawan pabrik hingga para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang sangat gigih dalam bekerja.

“Ada juga teman-teman kita yang driver, tukang ojek, tour operator dan semua orang yang berjuang untuk memperbaiki keadaan. Mereka mencoba segalanya,” katanya.

Peringatan HUT ke-72 Jawa Tengah juga dimeriahkan dengan karnaval atau festival budaya dari berbagai suku di Jawa Tengah. Etnis Jawa, Sunda, Papua, dan Tionghoa menampilkan pakaian dan makanan tradisional mereka sendiri.

* Fakta atau lelucon? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silahkan WhatsApp Liputan6.com Fact Check Number 0811 9787 670 hanya dengan mengetikkan kata kunci yang diinginkan.

Source: m.liputan6.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button