14 wisata Purbalingga untuk akhir pekan yang seru - WisataHits
Jawa Tengah

14 wisata Purbalingga untuk akhir pekan yang seru

Purbalingga

Purbalingga memiliki daya tarik tersendiri bagi pariwisata di Jawa Tengah. Ayo rencanakan liburanmu dan kunjungi tempat-tempat berikut ini.

detikcom telah menyertakan 14 Destinasi Wisata Purbalingga yang bisa menjadi destinasi Anda di Purbalingga. Gaskeun!

1. Bukit Siregol

Bukit Siregol PurbalinggaBukit Siregol Purbalingga Foto: (Andi Saputra/detikcom)

Bagi Anda yang senang bersepeda, Anda bisa menjelajahi Bukit Siregol. Bukit itu namanya Amazon Purbalingga lho.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Bukit Siregol merupakan perbatasan antara desa Sirau dan Kramat di Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga. Semilir angin sejuk diselimuti tebing setinggi puluhan meter dengan sungai yang membelah di tengahnya menjadi ikon seperti hutan hujan Amazon di Amerika Selatan. Hutan di sepanjang perbukitan adalah hutan pinus dengan dedaunan yang menjulang ke langit.

Waktu terbaik untuk pergi ke Bukit Siregol adalah saat matahari terbit dan terbenam karena langit terlihat merah sehingga lebih dramatis. Kabut yang masih menyelimuti perbukitan menambah keindahan pemandangan. Untuk akomodasi selanjutnya di Kota Purbalingga.

2. Gua Lawa

Gua Lawa terletak di kaki Gunung Slamet, tepatnya di Desa Siwarak, Kecamatan Karangreja, Purbalingga. Di dasar goa, pengunjung disuguhi pemandangan stalaktit di sepanjang jalan.

Di dalam goa, wisatawan juga akan disambut oleh pancuran air yang jernih dan tidak ada habisnya serta kisah mistis di baliknya. Konon katanya bila membasuh muka dengan air terjun, awet muda dan wajah akan tampak berseri-seri.

3. Cipaku Shale

Di Purbalingga ada batu tulis yang penuh rahasia. Sekarang tempat ini juga telah menjadi tempat meditasi dan pariwisata. Banyak juga orang yang datang berkunjung setiap hari, mulai dari berwisata hingga bermeditasi selama beberapa hari dengan bermalam.

4. Taman Air Bojongsari (OWABONG Water Park)

Salah satu tempat rekreasi terbesar di Purbalingga, Owabong Waterpark menawarkan berbagai macam fitur air. Situs ini terletak di Desa Bojongsari, Kecamatan Bojongsari.

Di sini traveler akan disuguhi berbagai wahana, dari yang paling menantang seperti Russian Swing Flip, hingga wahana yang bisa mendidik yaitu area snorkeling untuk anak-anak. Tiket masuk ke Owabong cukup terjangkau yaitu Rp 25.000 reguler Senin hingga Jumat dan Rp 35.000 Sabtu hingga Minggu.

5. Goa Lawa Purbalingga

Goa Lawa berarti gua kelelawar. Terbentuk dari hasil endapan lava dan batu kapur, gua ini memiliki panjang 1,5 kilometer.

Destinasi yang satu ini sangat cocok untuk berlibur setelah melakukan aktivitas yang melelahkan. Kesejukan alam di kaki Gunung Slamet dan udaranya yang bersih sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke Purbalingga.

Tempat Instagramable ini bisa kamu temukan di desa Siwarak Karangreja. Tiket masuknya sangat terjangkau, pengunjung hanya cukup membayar Rp 25.000 saja.

6. Taman Sanggaluri

Taman Sanggaluri di PurbalinggaTaman Sanggaluri di Purbalingga Foto: Nias Uciyanti/d’Traveler

Seperti namanya, tempat ini menawarkan wisata edukasi tentang flora dan fauna. Terletak di Desa Kutasari, Taman Sanggaluri menawarkan beberapa wahana antara lain Taman Reptil dan Isek, Museum Boneka dan Artefak, Kereta Mini, Museum Uang dan masih banyak lagi wahana edukasi lainnya. Harga tiket masuknya berkisar antara 15,00 hingga 20.000.

7. D’LAS (Destinasi Lembah Asri Serang)

Destinasi Lembah Asri Serang terletak di Desa Serang Karangreja. Wisatawan bisa melihat langsung hamparan kebun strawberry dan keindahan alam dasar Gunung Slamet.

Di tempat ini Anda bisa memetik buah strawberry secara langsung. Dengan tiket masuk yang sangat murah, sayang jika tidak mengunjungi tempat ini saat berkunjung ke Purbalingga. Agrowisata Lembah Asri juga menawarkan wisata Agro Kids khusus untuk rombongan anak-anak. Namun, pemudik diharapkan menunggu hingga situasi aman.

8. Curug Sumba

Untuk menuju tempat Curug Sumba dari alun-alun kota Purbalingga dapat ditempuh dengan perjalanan panjang sekitar 30 menit. Wisata alam di desa Tlahab ini menawarkan pemandangan alam yang eksotis.

Air terjun yang berwarna biru menawarkan daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung ke destinasi wisata yang satu ini. Namun Anda harus berhati-hati jika ingin bermain air dan menikmati air terjun saat musim hujan karena debit airnya sangat tinggi sehingga berisiko berenang.

[Gambas:Instagram]

9. Situ Tirta Martha

Tempat ini terkenal dengan airnya yang jernih, sehingga selalu menjadi tempat buruan foto bawah laut. Halaman ini terletak di Dusun 1 Karangcegak, Kutasari. Di sini juga sejuk karena dikelilingi oleh ruang hijau.

10. Taman Pelangi Kutabawa

[Gambas:Instagram]

Seperti namanya, Anda akan disambut oleh taman bunga yang indah penuh warna. Taman ini terletak di desa Kutabawa, tepat di kaki Gunung Slamet.

Anda bisa menemukan berbagai macam bunga mulai dari lavender, petunia, pagoda, marigold, begonia, iriancis, tanggo, dan celosia. Ada juga wahana Flying Fox di sini.

11. Puncak Sendaren

Jika ingin menikmati pemandangan Purbalingga dari ketinggian, datanglah ke Pucak Sendaren di Punusupan, Kabupaten Rembang. Ada spot selfie dengan background alam Purbalingga.

Katanya matahari terbit dan terbenam benar-benar enak di sini!

12. Gunung Slamet

Gunung Slamet.Gunung Slamet. Foto: Vandi Romadhon

Pendaki harus mencoba mendaki Gunung Slamet, gunung tertinggi kedua di Jawa dengan ketinggian 3.432 m. Bisa dikatakan jalur pendakian di Gunung Slamet cukup menantang. Siapkan fisik!

13. Masjid Muhammad Cheng Hoo

Wisatawan akan dibuat takjub dengan sentuhan China di Masjid Cheng Hoo. Masjid ini dibangun pada tahun 2004 oleh Hery Susatyo. Masjid ini terletak di Selaganggeng, Kecamatan Mrebet.

14. Desa Warna Bobotsari

Puebalingga memiliki kampung warna-warni seperti Kampung Budaya Gamcheon yaitu Kampung Bobotsari. Rona cat menghiasi dinding hingga jalanan di desa ini.

Tonton video Ruko di Purbalingga kebakaran, ibu dan anak tewas di bakar
[Gambas:Video 20detik]
(sim/ddn)

Source: travel.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button