Gambar peta laut Jawa lengkap dengan penjelasan letak geografisnya - WisataHits
Jawa Timur

Gambar peta laut Jawa lengkap dengan penjelasan letak geografisnya

Gambar peta laut Jawa lengkap dengan penjelasan letak geografisnya

Merdeka.com – Peta Laut Jawa bisa menjadi bahan pembelajaran. Jawa adalah salah satu pulau di Indonesia yang terletak di tenggara Malaysia dan Sumatera, selatan pulau Kalimantan dan barat pulau Bali. Sekitar setengah dari penduduk Indonesia tinggal di Jawa dan pulau ini mendominasi negara secara politik dan ekonomi.

Secara administratif, Jawa terdiri dari lima provinsi yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Daerah Khusus Ibukota jakarta dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Pulau Jawa sendiri memiliki luas sekitar 128.297 kilometer.

Artikel media taboola

Secara geografis batas darat Pulau Jawa adalah Pulau Sumatera di sebelah barat, Pulau Bali di sebelah timur, Pulau Kalimantan di sebelah utara, dan Pulau Christmas di sebelah selatan. Batas laut pulau ini adalah Laut Jawa di utara, Selat Sunda di barat, Samudera Hindia di selatan, serta Selat Bali dan Madura di timur.

Pada artikel ini, kami akan menjelaskan lebih lanjut tentang salah satu perbatasan laut pulau Jawa, yaitu Laut Jawa. Laut Jawa terletak di bagian barat Samudera Pasifik antara pulau Jawa dan pulau Kalimantan.

Berikut ini adalah peta Laut Jawa beserta penjelasan lebih lanjut mengenai laut tersebut.

2 dari 4 halaman

peta laut jawa

Laut Jawa dihubungkan dengan Laut Cina Timur di barat laut oleh Selat Karimata dan Laut Sulawesi di timur laut oleh Selat Makassar. Laut ini tidak terlalu dalam karena titik terdalamnya sekitar 1.590 meter dan berada di Laut Bali.

Ini adalah laut yang terletak di pedalaman dan merupakan anak laut kecil yang terjepit di antara pulau Bali dan Kangean. Ada beberapa penulis yang mengatakan bahwa laut ini milik Laut Flores.

Sebelum masuk ke penjelasan lebih lanjut tentang Laut Jawa, ada baiknya untuk memperhatikan seperti apa gambar Peta Laut Jawa. Berikut adalah peta Laut Jawa.

peta laut jawa

maritimmanual.com

3 dari 4 halaman

laut jawa

Menurut peta Laut Jawa, Laut Jawa terletak di bagian barat Samudera Pasifik antara pulau Jawa dan Kalimantan.

Pada peta Laut Jawa kita dapat melihat bahwa Laut Jawa di utara Kalimantan, Selat Makassar di timur laut, Laut Sulawesi dan Flores di timur, Pulau Jawa di selatan dan Selat Sunda di Samudra Hindia adalah berbatasan di barat daya, pulau Sumatera di barat dan pulau Bangka dan Belitung (berbatasan dengan Laut Cina Selatan) di barat laut, mengutip britannica.com.

Laut Jawa berukuran sekitar 900 mil (1.450 km) timur-barat dan 260 mil (420 km) utara-selatan dan menempati area seluas 167.000 mil persegi (433.000 km²). Laut ini meliputi bagian selatan Paparan Sunda dengan luas 690.000 mil persegi (1.790.000 kilometer persegi). Laut dangkal memiliki kedalaman rata-rata 151 kaki (46 meter).

Kedataran dasar laut hampir seragam dan adanya saluran drainase menunjukkan bahwa Paparan Sunda pernah menjadi daerah dataran rendah yang kering dan stabil (peneplain) di mana beberapa monadnock (gundukan granit yang sekarang membentuk pulau-pulau) dibiarkan berdiri.

Selama zaman es laut rendah, setidaknya sebagian dari paparan di atas laut berfungsi sebagai jembatan darat bagi fauna Asia untuk bermigrasi ke Indonesia bagian barat.

Dari bulan September sampai Mei, arus permukaan di laut mengalir ke arah barat. Sisa tahun mereka cenderung ke timur. Aliran besar dari sungai-sungai di pulau-pulau sekitarnya cenderung mengurangi salinitas di laut.

4 dari 4 halaman

Kegiatan Ekonomi di Laut Jawa

Menurut meteoraenred.com, penangkapan ikan merupakan salah satu kegiatan ekonomi terpenting di Laut Jawa. Lebih dari 3.000 spesies menghuni perairan laut ini, menjadikan Laut Jawa kaya akan keanekaragaman hayati.

Namun, penangkapan ikan dilarang di beberapa daerah dan dilindungi oleh hukum untuk melestarikan spesies flora dan fauna. Beberapa kawasan lindung tersebut adalah Taman Nasional Karimun Jawa dan Kepulauan Seribu.

Pengiriman dan transportasi laut juga merupakan industri penting. Beberapa pelabuhan terpenting di Indonesia terletak di kawasan ini. Pelabuhan utama berada di ibu kota Jakarta, Semarang, Surabaya dan Ujung Pandang.

Laut Jawa juga memiliki kegiatan ekonomi wisata. Dan semua wilayah pesisir di sekitar Laut Jawa memiliki destinasi wisata penting yang menawarkan pesona hangatnya matahari dan pantai yang eksotis.

Setiap tahun ribuan pelancong datang ke tempat-tempat ini untuk menyelam dan menjelajahi dasar laut. Seperti yang telah disebutkan, laut ini memiliki keanekaragaman hayati yang sangat besar dan beragam. Karena itu, ada banyak gua bawah laut, terumbu karang, dan bangkai kapal yang menarik bagi semua penyelam. Pulau Bali khususnya merupakan tujuan wisata terpenting di Laut Jawa dan di seluruh Indonesia.

(mdk/tangki)

TOPIK TERKAIT

lagi

Taboola di bawah Artikel

Source: m.merdeka.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button