FTUI memberikan panduan visual tata letak ruangan di obyek wisata Labuan Bajo - WisataHits
Jawa Barat

FTUI memberikan panduan visual tata letak ruangan di obyek wisata Labuan Bajo

Depok (ANTARA) – Tim Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) memberikan panduan penataan ruang visual agar terhindar dari polusi visual yang menghalangi wisatawan menikmati pemandangan alam seperti matahari terbit dan matahari terbenam di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

“Kami juga berpikir penting untuk membuat penanda yang mudah dipahami, terutama bagi wisatawan yang baru datang dan belum familiar dengan daerah tersebut,” kata Ketua Tim Pengabdian Masyarakat FTUI, Ir. Antony Sihombing di Kampus UI Depok, Jawa Barat, Selasa.

Peraturan kawasan Labuan Bajo, Manggarai Barat, juga perlu dilengkapi dengan perangkat yang tepat untuk mengubah nilai kawasan menjadi pendapatan pariwisata daerah.

Untuk itu, jurusan arsitektur FTUI juga akan melengkapi pedoman yang dibuat dengan strategi pemasaran dan branding yang tepat serta mengintegrasikannya dengan slogan yang dicanangkan pemerintah “Enchanting Bajo”.

Strategi yang dikembangkan oleh tim Pengabdian Masyarakat FTUI antara lain mengidentifikasi target pasar pariwisata di kawasan Labuan Bajo, jenis wisata yang menarik, dan membuat rencana perjalanan yang menarik bagi wisatawan untuk meningkatkan minat perjalanan yang lebih lama di kawasan utama Labuan Bajo, program-program yang perlu diadakan pada waktu-waktu tertentu dan bagaimana menjaga kelestariannya agar membuat wisatawan ingin kembali lagi ke Labuan Bajo.

Dekan FTUI, Prof. DR Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU mengatakan: “Luar biasa apa yang digagas oleh tim Jurusan Arsitektur FTUI. Semoga apa yang telah dicanangkan dan diprogramkan kali ini dapat terlihat dalam satu atau dua bulan ke depan dan hasilnya dapat dijadikan masukan untuk pengembangan pariwisata di kawasan Labuan Bajo.”

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Arsitektur FTUI telah dilaksanakan sejak bulan Maret dan akan berakhir pada bulan November 2022. Agenda Pengabdian kepada Masyarakat merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Universitas Indonesia setiap tahunnya.

Tahun ini, Universitas Indonesia bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat menargetkan kegiatan ini ke kawasan Labuan Bajo.

Sebelum tim pengabdian berangkat ke Labuan Bajo, UI dan pemerintah daerah telah menggelar zoom conference untuk mengkoordinir kegiatan di lapangan.

Baca Juga: FKG UI Lakukan Pengabdian Masyarakat di Manggarai Barat NTT
Baca Juga: Mahasiswa Fakultas Teknik UI Tawarkan Perbaikan Aplikasi PeduliLinde

Source: megapolitan.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button