Festival Payung Indonesia Awal September, Ini Khasnya - WisataHits
Jawa Tengah

Festival Payung Indonesia Awal September, Ini Khasnya

Jatimnow.com – Festival Payung Indonesia 2022 (FESPIN) akan digelar pada 2-4 September 2022 di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Acara tersebut merupakan tawaran Mataya Arts & Heritage bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta dan Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif (Kemenparekraf).

Acara tersebut menampilkan berbagai kreasi payung dan serba-serbi dari berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri. Selain itu, ada enam keistimewaan lainnya di FESPIN 2022. Berikut penilaian yang dikutip dari situs resmi Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif:

1. Presentasi 81 kelompok seni dari 50 kabupaten/kota di seluruh Indonesia

Festival Payung Indonesia 2022 bertema “The Kingdom and Umbrella”. FESPIN mengajak Anda menjelajahi kerajaan-kerajaan Nusantara di masa lalu melalui berbagai karya yang dihadirkan oleh 80 kelompok seni dan komunitas kreatif dari 50 kota/kabupaten di Indonesia.

FESPIN sendiri memiliki sister festival. Namanya Borsang Umbrella Festival yang diadakan rutin di Chiang Mai, Thailand. Maka, mereka akan mengirimkan perwakilan untuk memeriahkan Indonesian Umbrella Festival 2022. Selain itu, lebih banyak negara yang akan bergabung, yakni India dan Spanyol.

2. Menawarkan pengalaman rekreasi, kreatif, dan membaca

Anda akan dibawa menikmati tiga proses yang mengesankan. Yaitu rekreasi, kreasi dan literasi. Mulai dari istirahat, Anda bisa berjalan-jalan dan menikmati keindahan ribuan payung yang dipamerkan, serta berbagai pertunjukan seni. Dalam hal berkreasi, Anda dapat berpartisipasi dalam meningkatkan kreativitas melalui workshop atau kursus kreasi.

Di bidang literasi, FESPIN 2022 secara khusus menerbitkan buku karangan berjudul Tradisi Payung Nusantara yang ditulis oleh 29 peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Sejarawan modern Indonesia Prof.DR.Peter Carey juga turut serta menulis kata pengantarnya.

3. Menampilkan Parade Payung Nusantara ke pentas seni selama tiga hari

Pada sore hari tanggal 2 September diadakan Parade Nusantara Payung. Puluhan komunitas hingga studio siap memikat hati Anda lewat kostum hingga atraksi unik selama parade. Setelah itu Anda akan disuguhi flash mob dan pertunjukan seni dari berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri. Pada hari Sabtu dan Minggu, ada pentas seni di Pendopo Puro Mangkunegaran yang akan berlangsung hingga festival usai.

Baca juga:
Hadir di FNRP 2022, Sandiaga Uno: Ini Bukti Konkrit Reog Ponorogogo

4. Dengan karya perancang busana lokal

Indonesian Umbrella Festival 2022 memiliki penawaran khusus untuk para fashionista. Pada Sabtu (3/9) Anda diundang untuk menghadiri Umbrella Fashion Show di Pendopo Puro Mangkunegaran. Ada 13 desainer dan komunitas yang siap menampilkan karya terbaik mereka. Diantaranya Debora Art Fashion, Adeline Kusuma, Ras Wastra Indonesia, Ekeyla Narawa dan masih banyak lagi. Semua item pakaian yang dipajang akan tetap menggunakan elemen payung.

5. Menjadi surga pembelanja produk kerajinan, fashion, dan kuliner

Di awal bulan, yuk belanja di pasar kreatif yang akan dibuka selama FESPIN 2022. Ada begitu banyak produk yang ditawarkan. Mulai dari fashion item hingga produk kerajinan. Cocok dijadikan tempat berburu oleh-oleh khas Solo sekaligus mendukung pertumbuhan ekonomi melalui kemajuan UMKM lokal.

Saat perut mulai keroncongan dan butuh makan untuk menambah energi, Anda bisa datang ke area bazar yang menjual makanan dan minuman. Pilihannya dijamin banyak. Mulai dari menu khas solo hingga aneka jajanan yang lagi viral saat ini.

Baca juga:
Ketua DPRD Surabaya Apresiasi Acoustic Festival: Menumbuhkan Cinta Tanah Air

6. Di tempat wisata bernuansa klasik yang bikin foto kamu makin dipentaskan

Festival Payung Indonesia 2022 memiliki beberapa keistimewaan. Tapi ada satu lagi fitur spesial! Acara besar ini berlangsung di beberapa tempat di Puro Mangkunegaran. Antara lain di Pamedan, Pendopo dan Panggung Teratai. Ini berarti Anda akan memiliki kesempatan untuk menjelajahi beberapa sisi yang lebih instagenic dari tempat wisata bersejarah yang bangunannya bergaya klasik.

Masih ingin menambahkan foto dengan background unik saat berbelanja oleh-oleh khas Solo lainnya? Anda bisa meninggalkan Puro Mangkunegaran dan berjalan kaki menuju Pasar Barang Antik Triwindu. Piring jadul, vas bunga, boneka dan gamelan yang dijual penjual bisa dijadikan background foto-foto ria.

Itulah rangkuman singkat enam fitur yang akan menyambut Anda saat datang ke Indonesian Umbrella Festival 2022. Selama tiga hari Anda bisa bersantai dan berkreasi. Tapi jangan lupa pakai masker, jaga jarak dan cuci tangan ya! Selain itu, agar lebih aman dan nyaman, Anda harus mengonsumsi vaksin booster sebelum ke FESPIN 2022.

Source: jatimnow.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button