Erick Thohir Dukung Candi Borobudur Jadi Tempat Ibadah, Bagaimana Nasib Pariwisata? - WisataHits
Jawa Timur

Erick Thohir Dukung Candi Borobudur Jadi Tempat Ibadah, Bagaimana Nasib Pariwisata?

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN Erick Thohir siap mendukung acara ibadah umat Buddha di Cansi Borobudur. Perlu diingat bahwa Candi Borobudur terutama digunakan untuk tujuan wisata saja.

Kegiatan pemujaan tersebut disebut Pabbajja Samanera Sementara, suatu bentuk inisiasi ke dalam kehidupan monastik dan pelatihan moral dan spiritual dalam agama Buddha. Sekitar 500 peserta mengikuti kegiatan yang digelar pada 15-25 Desember di Candi Agung Borobudur itu.

“Kalau kita perhatikan, di Candi Borobudur yang dikelola BUMN PT Taman Wisata Candi ini terdapat plakat relief dengan cerita tentang moralitas spiritual, pencerahan, kesadaran spiritual yang menginspirasi dan cerita orang yang pernah mengalami pencerahan. Oleh karena itu, wajar jika pelaksanaan Pabbajja Samanera temporer sebelumnya dilakukan di sejumlah vihara di pura ini. Kami siap memberikan dukungan agar kegiatan ibadah umat Buddha dapat terselenggara,” ujarnya dalam keterangan resmi, Minggu (18/12/2022).

Temples Information, Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko dikelola oleh PT Taman Wisata Candi (TWC), anak usaha BUMN Holding InJourney yang bergerak di bidang penerbangan dan pariwisata.

TWC berfokus pada pengelolaan warisan budaya di Indonesia melalui empat pilar bisnis perusahaan, yaitu Taman Pusaka, Taman Budaya, Amenitas dan Atraksi.

“Dalam pertemuan dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X awal tahun lalu, saya menyampaikan komitmen BUMN untuk pengembangan pariwisata dan peribadatan di Candi Borobudur dan Prambanan. Dengan bergabung dalam InJourney, TWC tidak lagi sendirian dalam berjuang mengembangkan dua candi kebanggaan bangsa ini. Kegiatan Pengabdian Pabbajja Samanera sementara ini merupakan sebuah terobosan, sehingga banyak pihak yang dapat merasakan manfaatnya,” imbuhnya.

Ibadah sementara Pabbajja Samanera ini dihadiri oleh umat Buddha, pria dan wanita dari berbagai daerah di Indonesia. Jemaah yang berusia 12 hingga 65 tahun berasal dari Sumatera Utara, Jambi, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali.

Pelatihan yang diikuti oleh 500 orang ini bertujuan untuk memberikan inspirasi, teladan moral dan kontribusi positif bagi keluarga, lingkungan dan masyarakat, serta meningkatkan kualitas akhlak umat Buddha di Indonesia.

Menteri BUMN Erick Thohir melaporkan PT Garuda Indonesia ke Kejaksaan atas dugaan korupsi pengadaan pesawat. Erick juga membawa bukti pengadaan pesawat berbagai merek, serta hasil kajian investigasi BPK.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button