Kapolri dan Panglima TNI meresmikan Markas Polda Papua yang baru - WisataHits
Jawa Timur

Kapolri dan Panglima TNI meresmikan Markas Polda Papua yang baru

Kapolri dan Panglima TNI meresmikan Markas Polda Papua yang baru

Dermaga. POLISI

PAPUA – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meresmikan Mako Polda Papua yang baru. Sigit berharap dengan hadirnya Mabes Polri yang baru, kinerja personel Polda Papua semakin meningkat sehingga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat selalu terjaga dan berbagai program pemerintah dapat dijalankan sebagai bagian dari kemajuan Papua juga. mungkin.

Kapolri Jenderal Sigit bersama Panglima TNI Yudo Margono menghadiri peresmian Mako Polda Papua yang baru di Koya Tengah, Jayapura, Papua pada Minggu (8/1/2023).

Turut hadir tiga Kepala Staf TNI, yakni KSAD Jenderal Dudung Abdurachman, KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo dan KSAL Laksamana Muhammad Ali. Turut hadir Forkopimda Papua, petinggi Polri, DPRP dan MRP, tokoh agama, tokoh adat dan unsur lainnya.

Di awal sambutannya, Sigit mengucapkan terima kasih atas hadirnya Panglima TNI dan tiga Kepala Staf TNI dalam peresmian Mako Polda Papua yang baru. Menurutnya, ini merupakan bentuk sinergi TNI-Polri, khususnya bentuk kecintaan terhadap tanah dan rakyat Papua.

“Bintang 4, bintang 3, bintang 2 banyak di wilayah Papua saat ini. Tentunya ini bagian dari komitmen kami bahwa TNI dan Polri sangat mencintai negara dan rakyat Papua,” ujar Sigit disambut tepuk tangan para undangan.

Sigit sebelumnya sudah mendapat presentasi dari Irjen Pol Mathius Fakhiri tentang progres pembangunan Mako Polda Papua yang memakan waktu 2 hingga 3 tahun. Sigit bersyukur pembangunannya bisa dilakukan secara profesional hingga selesai.

Sigit kemudian berbagi pengalamannya dari bandara dengan Mako Polda Papua yang baru. Menurutnya, jalur tersebut cukup unik dibandingkan dengan lokasi Mako Polda Papua kuno yang berada di kota. Rutenya cukup panjang dengan kontur jalan naik dan turun. Dia bersyukur Mako Polda Papua sudah selesai.

“Polda lama mungkin karena di dalam kota ya makanya terlalu ramai, jadi memang perlu dibangun di tempat yang strategis, dan kita berharap ini sejalan dengan kebijakan Bapak Presiden RI. negara Papua perlu berkembang seperti daerah lain di Indonesia,” kata Sigit.

“Papua adalah surga kecil yang jatuh ke bumi. Saya ulangi apa yang dikatakan Presiden. Untuk itu, saya selalu mendorong percepatan pembangunan infrastruktur, khususnya di Indonesia bagian timur, dan tentunya nanti seiring dengan pembangunan SDM yang juga ingin kita garap,” lanjutnya.

Sigit kemudian mengirim pesan kepada Kapolda Papua, Irjen Mathius Fahiri. Ia berharap dengan adanya kegiatan atau kegiatan Mako Polda Papua yang baru dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat Papua. Hal ini sejalan dengan keinginan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk terus memajukan pembangunan di Tanah Papua.

“Beberapa waktu lalu, sejak dilantik sebagai Presiden, sudah berapa kali beliau melakukan kunjungan untuk membangun daerah Papua dan puji Tuhan, di tengah kesulitan waktu, Indonesia mampu menyelenggarakan PON pertama dan PON berlangsung di Papua. Jadi ini sebagai bentuk komitmen pemerintah untuk terus memberikan perhatian penuh kepada masyarakat dan negara Papua,” kata Sigit.

Pada tahun 2023, lanjut Sigit, pemerintah akan tetap melaksanakan program-program prioritas di Tanah Papua. Untuk itu TNI Polri dan seluruh lapisan masyarakat harus bersinergi dengan pimpinan agar program pemerintah dapat berjalan dengan baik. Ini termasuk pengembangan tujuan wisata, infrastruktur, pengembangan kawasan perkotaan dan sebagainya.

“Ini bagian dari upaya yang terus digalakkan pemerintah untuk mewujudkan keterpaduan Indonesia dan Indonesia yang disumbangkan oleh wilayah Papua, dan ini merupakan komitmen kita bersama bahwa pembangunan harus terus tumbuh,” kata Sigit.

“Saya melihat ada pembangunan dan rencana hilirisasi industri yang juga sedang dilakukan di wilayah Papua dan tentunya ini akan membuka lapangan kerja baru dan tentunya akan ada transfer of knowledge untuk terus meningkat seiring dengan pendidikan dan tentunya kesejahteraan. “, dia melanjutkan.

Sigit mengajak semua pihak bersatu untuk mewujudkan semuanya. Kebijakan Presiden Jokowi, termasuk pembangunan Papua. Inilah perwujudan sila kelima Pancasila, yaitu “Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia”.

“Tentu saja, masih ada tantangan yang harus diatasi. Ada saudara-saudara kita yang mungkin masih berpikiran lain dan belum yakin bahwa ke depan negara Papua bangsa Papua akan menjadi salah satu daerah yang akan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi di luar Jawa, sehingga akan tentu masih akan ada perbedaan. Dan tentunya ke depan kita harus pelan-pelan mengkompensasi bahwa Papua, bangsa Papua, akan ikut bersaing dengan saudara-saudara kita di tempat lain juga,” kata mantan Kepala Bareskrim Polri itu.

“Kami yakin dengan sumber daya alam yang kami miliki, dengan pembangunan yang ada dan dengan upaya pemerintah untuk terus menggalakkan program pendidikan, kami yakin Papua tidak akan kalah dengan daerah lain di Indonesia. Tentu kita harus memberikan dukungan, semangat dan tepuk tangan untuk Papua dan rakyat Papua,” lanjutnya.

Pesan Kapolri untuk Kapolri dan Staf Wilayah Papua

Di akhir sambutannya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kembali menyampaikan pesan penting kepada Kapolda Papua. Dia mengingatkan, pembangunan Mako Polda Papua tidak hanya pembangunan fisik gedung.

“Namun kualitas pelayanan Polri harus terus ditingkatkan ke depannya dan benar-benar dirasakan, sehingga masyarakat kemudian merasa nyaman dengan adanya sarana dan prasarana yang lebih baik dan tentunya kualitas pelayanan yang jauh lebih baik lagi,” terangnya. polisi Sigit.

“Tolong percayakan hal ini kepada saya dan saya perintahkan kepada seluruh anggota Polda Papua untuk benar-benar terus meningkatkan kualitas pelayanannya, terutama bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan kepolisian. Menjadi kewajiban juga bagi rekan kerja untuk menunjukkan bahwa jabatan publik bukan sekedar pekerjaan, tetapi bagaimana rekan kerja kemudian dapat memberikan pelayanan yang maksimal dan pelayanan tersebut benar-benar dirasakan oleh masyarakat. Itu yang utama,” lanjutnya.

Sigit kemudian mengatakan, peresmian Mako Polda Papua ini spesial karena Panglima TNI juga hadir untuk meresmikannya.

“Mungkin karena Pak Kapolda, semua anggota banyak berdoa, maka hari ini Polda Papua secara khusus melantik Panglima Besar Pak Kapolri, yang akan ditambah dan disaksikan oleh tiga Kepala Staf. Luar biasa. Di tempat lain belum ada Pak Polda. Jadi ini hadiah untuk seluruh anggota dan seluruh warga Papua tentunya untuk Natal dan Tahun Baru,” kata Sigit disambut tepuk tangan meriah.

Sigit mengatakan, ini bukti nyata bahwa sinergi dan soliditas TNI-Polri semakin hari semakin kuat. Ia berharap jajaran Polda Papua dari atas sampai bawah dapat terus menjaga dan memperkuat sinergi dan soliditas TNI-Polri.

“Karena kalau stabilitas keamanan bisa berjalan dengan baik, stabilitas politik bisa berjalan dengan baik, maka kesejahteraan rakyat, pertumbuhan ekonomi, investasi, semuanya akan berjalan dengan aman dan mereka juga percaya diri karena TNI Polri dan masyarakat semuanya solid.” yang perlu dijaga dan dilestarikan apa saja program politik baik di pusat maupun di daerah,” ujar Sigit.

“Saya ucapkan selamat sekali lagi atas selesainya gedung baru dan terus tingkatkan soliditas dan kualitas sinergitas TNI-Polri untuk menjadi yang terdepan dalam memberikan pelayanan, menjaga keselamatan dan keamanan serta kenyamanan bagi seluruh masyarakat,” lanjutnya melanjutkan .

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button