Delapan festival di Jawa Timur turut serta dalam Charisma Event Nusantara 2023 - WisataHits
Jawa Timur

Delapan festival di Jawa Timur turut serta dalam Charisma Event Nusantara 2023

Delapan festival di Jawa Timur turut serta dalam Charisma Event Nusantara 2023

Senin, 30 Januari 2023 | 02:19 WIB

| penulis :

Buku catatan : tobari

Surabaya, InfoPublik – Sebanyak delapan festival di Jawa Timur telah diikutsertakan dalam Karisma Event Nusantara (KEN) 2023.

Keputusan itu diumumkan Menparekraf Indonesia Sandiaga Salahudin Uno pada Sabtu (28/01/2023) di Teater Keong Mas TMII Jakarta.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim Hudiyono hadir mewakili Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa merasa bangga dan senang karena delapan festival di Jatim masuk dalam KEN 2023.

“Dari sembilan yang kami usulkan, delapan lolos dan mendaftar KEN 2023. Ini adalah festival dengan jumlah penonton terbanyak,” kata Hudiyono.

Delapan festival tersebut adalah Jember Fashion Carnival, Reyog Ponorogo Festival, Banyuwangi Gandrung Sewu Festival, East Java Fashion Harmony, Surabaya Rujak Uleg Festival, Banyuwangi Ethno Carnival, Batu Street Food dan Pacitan Rontek Traditional Music Festival.

Ia menjelaskan, Kharisma Event Nusantara merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh daerah untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.

Selain itu, sebagai program pemberdayaan potensi lokal dengan prinsip berkelanjutan, juga memberikan dampak positif bagi ekonomi, sosial, budaya dan lingkungan.

Pria yang biasa disapa Cak Hud itu mengatakan, selain delapan festival yang masuk dalam KEN 2023, ada juga 242 festival pariwisata dan budaya yang masuk dalam kalender pariwisata Jatim 2023.

“Total ada 250 event festival. Delapan di antaranya mengiklankan KEN 2023,” jelasnya.

Ia berharap dengan banyaknya event dan festival tersebut akan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Jawa Timur.

Sesuai dengan tujuan dan harapan gubernur, pada tahun 2023 harus ada peningkatan kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara.

“Harapannya, 250 event dalam Kalender Pariwisata Jatim 2023 yang juga merupakan bagian dari program Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota ini dapat berdampak pada pertumbuhan ekonomi nasional, khususnya di Jatim,” ujarnya. (MC Diskominfo Prov Jatim/non-sti/toeb)

Anda dapat mengirim ulang, menulis ulang, dan/atau menyalin konten ini asalkan sumbernya disebutkan InfoPublik.id

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button