Emil Dardak mengikuti penanaman 5.000 pohon bakau di pesisir Teluk Pangpang Banyuwangi - WisataHits
Jawa Timur

Emil Dardak mengikuti penanaman 5.000 pohon bakau di pesisir Teluk Pangpang Banyuwangi

SURYA.CO.ID, BANYUWANGI – Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menghadiri penanaman 5.000 pohon bakau di pesisir Pantai Cemara di Kawasan Ekosistem Eksklusif (KEE) Teluk Pangpang, Kabupaten Banyuwangi, Senin (7/11/2022).

Kegiatan ini merupakan upaya untuk menjaga kelestarian ekosistem laut dan meningkatkan taraf hidup masyarakat pesisir. “Semoga kegiatan ini dapat membantu meningkatkan penyerapan karbon untuk mengurangi pemanasan global,” kata Wakil Gubernur Emil.

Menurut Emil, ekosistem mangrove memiliki hubungan yang erat dengan perubahan lingkungan. Keberadaan mangrove di wilayah pesisir dapat meningkatkan ketahanan masyarakat pesisir terhadap perubahan iklim dan meminimalkan dampak bencana alam seperti tsunami.

Selain itu, diyakini bahwa ekosistem mangrove juga dapat berdampak pada ekonomi perikanan lokal. “Ikan yang sehat berasal dari ekosistem laut yang baik. Jika ini terbentuk, ikan akan datang, dan kelangsungan ekonomi nelayan ke depan lebih terjamin,” kata Emil.

Penanaman ribuan pohon mangrove ini merupakan kerjasama antara PT PLN (Persero) dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Kegiatan ini dilakukan di KEE Teluk Pangpang Banyuwangi, kawasan wisata perlindungan mangrove dan cemara.

“Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan PLN terhadap gerakan restorasi mangrove yang sedang gencar dilakukan Pemprov Jatim untuk mengantisipasi perubahan iklim dan lingkungan,” kata Lasiran, General Manager PT PLN UID Jatim.

Lokasi ini sengaja dipilih, Lasiran menjelaskan, karena kawasan Teluk Pangpang memiliki nilai ekosistem penting yang mendukung kelangsungan hidup dan telah ditetapkan sebagai kawasan lindung di Jawa Timur.

Luas KEE Teluk Pangpang sendiri mencapai 1.663,71 hektar yang terletak di kecamatan Muncar dan Tegaldlimo. Di dalamnya terdapat keanekaragaman hayati berupa 12 jenis mangrove, 43 jenis burung dan 18 jenis kerang yang sebagian besar bermigrasi.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Banyuwangi, Sugirah; Kepala Bakorwil V Provinsi Jawa Timur Jember, Imam Hidayat; serta Jajaran OPD Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan seluruh Pimpinan OPD Kabupaten Banyuwangi.

Wakil Bupati Banyuwangi Sugirah bersyukur Banyuwangi terpilih sebagai lokasi pelaksanaan program. Program ini, kata Sugirah, akan menambah luas hutan mangrove di Banyuwangi.

“Terima kasih kepada Pemprov Jatim yang terus mendukung pembangunan Banyuwangi. Program kerjasama dengan PLN ini tentunya akan mendukung Teluk Pangpang sebagai destinasi wisata alternatif bagi warga,” kata Sugirah.

Pada kesempatan ini, Pemprov Jatim juga secara simbolis menyerahkan bantuan listrik PLN untuk meringankan beban masyarakat akibat inflasi dan kenaikan harga BBM. Setidaknya ada 3.058 penerima manfaat di Banyuwangi. ****

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button