7 Aktivitas Wisata di Gua Pindul, Jalan-Jalan di Gua Hingga Off-Road - WisataHits
Yogyakarta

7 Aktivitas Wisata di Gua Pindul, Jalan-Jalan di Gua Hingga Off-Road

KOMPAS.com – Kawasan Gua Pindul yang terletak di Dusun Titlean, Desa Wisata Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), memiliki beragam pilihan tempat wisata.

Gua Pindul sendiri merupakan tempat wisata minat khusus karst dan Tabung gua petualangan (Petualangan Gua) yang menyuguhkan pesona alam yang belum terjamah.

Baca juga:

Selain caving, wisatawan dapat memilih dari berbagai kegiatan wisata lainnya off-road, keluar, Kenaikanhingga atraksi seni.

“Ada beberapa paket wisata di sini, pergi saja ke Gua Pindul seharga Rp 50.000,- tabung aliran Oh ya, Rp 60.000 dan lain-lain. Tapi yang paling populer adalah Gua Pindul,” jelas pemandu wisata perusahaan pariwisata Goa Pindul, Sugito, kepada Kompas.comJumat (19/8/2022).

Goa Pindul Wirawisata, desa binaan BCA yang merupakan salah satu pionir penyedia jasa pariwisata di kawasan Goa Pindul. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Goa Pindul Wirawisata, desa peduli BCA yang merupakan salah satu pionir penyedia jasa pariwisata di kawasan Goa Pindul.

Menurut Sugito, Goa Pindul Wirawisata memiliki harga yang sedikit berbeda dibandingkan dengan beberapa operator lainnya. Namun, jika penyedia lain menyediakan pemandu untuk rombongan 15 orang, pihaknya akan menyiapkan dua pemandu untuk jumlah rombongan yang sama.

Baca Juga: Potensi Wisata Gunungkidul, Dari Alam Hingga Budaya

Penasaran aktivitas apa saja yang bisa dilakukan saat mengunjungi Gua Pindul di Gunungkidul? Cek informasinya Kompas.com merangkum berikut ini.

7 Aktivitas Wisata di Kawasan Gua Pindul

1. tabung gua pindul

Wisata Gua Pindul di Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Wisata Gua Pindul di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Gua Pindul terkenal dengan aktivitasnya melewati gua dengan menaiki pelampung di sungai bawah tanah di dalam gua.

Saat Anda berjalan melewati gua di atas ring sambil mendengarkan gemericik air, Anda akan melihat stalagmit dan stalaktit yang terlihat menakjubkan.

Gua Pindul sendiri terbagi menjadi tiga zona yaitu zona terang, zona gelap dan zona gelap abadi yang masing-masing memiliki cerita tersendiri.

Kegiatan ini aman untuk segala usia karena wisatawan hanya perlu duduk dengan pelampung yang menempel satu sama lain dan dipandu oleh pemandu yang berpengalaman.

Dengan panjang goa 350 meter, aktivitas Gua Pindul berlangsung selama 45 menit hingga satu jam.

Biaya penyeberangan Goa Pindul untuk wisatawan domestik (Wisnus) mulai dari Rp 50.000 per orang dan untuk wisatawan mancanegara (Wisman) mulai Rp 100.000 per orang.

Baca Juga: Pantai Ngrenehan Gunungkidul, Wisata Sambil Makan Seafood Murah

Source: travel.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button