15 Makanan Khas Probolinggo yang Wajib Kamu Coba! - WisataHits
Jawa Timur

15 Makanan Khas Probolinggo yang Wajib Kamu Coba!

15 Makanan Khas Probolinggo yang Wajib Kamu Coba!

Ilustrasi Makanan Khas Probolinggo. Foto: Unplash/Rafly Alfaridzy tak hanya memiliki sederet destinasi wisata yang indah, Probolinggo juga memiliki beberapa makanan khas yang patut Anda coba selama berlibur di sana. Berikut lima belas makanan khas Probolinggo Jawa Timur yang enak dan lezat.

Tanpa basa-basi lagi, yuk intip makanan khas Probolinggo dalam ulasan artikel Window of the World kali ini.

15 Makanan Khas Probolinggo yang Wajib Kamu Coba!

Ilustrasi Makanan Khas Probolinggo. Foto: Unplash/Baiq Daling Sebelum kita mengenal beberapa makanan khas Probolinggo, mari kenali dulu kota Probolinggo. Menurut situs web jatim.bpk.go.idKabupaten Probolinggo merupakan salah satu kabupaten di provinsi Jawa Timur.

Dilihat dari letak geografisnya, Kabupaten Probolinggo terletak di lereng pegunungan yang membujur dari barat ke timur, yaitu Gunung Semeru, Argopuro, Lamongan, dan Tengger.

Berikut sederet makanan khas Probolinggo Jawa Timur yang enak dan wajib dicoba.

Soto Kraksaan sebenarnya sama dengan soto biasa pada umumnya. Namun, hanya ada satu perbedaan kecil, yaitu Soto Kraksaan ini berkuah santan dan ayam yang digunakan adalah ayam jantan.

Nah, buat kalian yang berada di Probolinggo wajib banget mencoba makanan khas yang satu ini.

Disebut crab fun karena kepiting yang diolah adalah kepiting yang masih muda. Tak hanya itu, dalam sajiannya, ok crab bukan hanya sekedar kepiting saja, melainkan ada campuran seperti udang dan bumbu yang memiliki rasa manis dan gurih.

Ketan Kratok adalah makanan yang terbuat dari beras ketan dan kacang tanah. Untuk penyajiannya, ketan biasanya ditaburi parutan kelapa dan gula merah cair.

Jadi, makanan khas probolinggo ini memiliki rasa gurih dari parutan kelapa dan manisnya cairan gula merah.

Bagi Anda yang sedang diet, nasi Glepungan yang terbuat dari jagung Probolinggo wajib Anda coba saat berkunjung.

Nasi glepungan biasanya disajikan di atas piring dengan berbagai lauk pauk seperti ikan asin, tempe, tahu, sambal dan lain-lain.

Nasi jagung merpati hampir sama dengan nasi glempung. Nasi jagung memang makanan khas kota Probolinggo. Tak heran jika Anda mampir ke sana, akan mudah menemukan makanan pengganti nasi ini.

6. Nasi Campur Nyak Nyong

Nasi Campur Nyak Nyong merupakan salah satu makanan khas Probolinggo yang sangat populer dan didambakan di kalangan warga Probolinggo.

Dalam sajian nasi campur Nyak Nyong ini dilengkapi dengan serundeng, mie, empal dan dendeng yang kemudian disiram kuah santan kental.

Sirup Pokak sangat cocok untuk oleh-oleh atau oleh-oleh khas Probolinggo. Sirup Pokak terbuat dari jahe dan gula merah. Untuk penyajiannya biasanya disajikan dengan air hangat.

Keripik Ketang merupakan jajanan khas kota Probolinggo yang bisa anda buat di rumah sebagai oleh-oleh untuk keluarga anda. Tentunya untuk tekstur keripik kentang Probolinggo sangat renyah dan berwarna putih susu.

Arak Prabu Bestari merupakan arak andalan Probolinggo. Untuk membeli arak ini anda bisa menemukannya di pinggiran kota Probolinggo. Arak Prabu Bestari memiliki rasa yang manis, segar dan harum, serta warnanya yang cerah sehingga sangat menarik.

Selain buah anggur, Probolinggo juga dikenal dengan buah mangganya. Varietas mangga yang dikembangkan di Probolinggo adalah mangga Manalagi dan mangga Arum Manis yang memiliki rasa manis dan segar.

Prol Tape merupakan makanan khas Probolinggo, cocok untuk menemani perjalanan anda. Dari segi rasa, prol tape tentu memiliki rasa manis yang pas.

Rawong Nguling merupakan makanan yang sering dinikmati para pejabat dan artis saat berkunjung ke kota Probolinggo. Rawong guling biasanya disajikan dengan tauge segar dan daging empuk, serta kuah yang sedikit encer.

Kerupuk cumi merupakan makanan ringan yang wajib ada dalam daftar oleh-oleh untuk keluarga dan teman di kampung halaman saat berkunjung ke Probolinggo. Kerupuk cumi Probolinggo ini terbuat dari cumi segar dan warna kerupuk ini tentunya lebih hitam.

14. Kerupuk Ikan Jenggelek

Pernah dengar kerupuk ikan Jenggelek? Jadi kalau belum, jangan lupa beli jajanan Probolinggo ini. Dengan rasanya yang gurih, kerupuk ikan jenggelek ini sangat cocok untuk dijadikan lauk saat makan.

Mereka semua pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu itu. Rengginang Probolinggo dan Rengginang di daerah lain tentu tidak memiliki banyak perbedaan rasa karena terbuat dari bahan yang sama.

Inilah beberapa makanan khas Probolinggo, Jawa Timur yang wajib dicoba! Dari sekian banyak makanan dan jajanan khas Probolinggo yang disebutkan di atas, mana yang pernah kamu coba?

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button