Acara "Loemadjang Mbiyen" mendongkrak perekonomian di Lumajang - WisataHits
Jawa Timur

Acara “Loemadjang Mbiyen” mendongkrak perekonomian di Lumajang

LUMAJANG (ANTARA) – Kegiatan “Loemadjang Mbiyen” yang digelar selama tiga hari mulai 23-25 ​​Desember 2022 di Pabrik Gula Jatiroto, turut mendongkrak perekonomian warga Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

“Alhamdulillah, pendapatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) meningkat signifikan selama tiga hari kegiatan,” kata Bupati Lumajang Thoriqul Haq di akun media sosialnya, seperti dikutip di Lumajang, Minggu.

Katanya ada yang masak lima kali sehari karena jumlah pengunjungnya sangat banyak bahkan ada yang bisa berpenghasilan hingga Rp 2 juta dalam sehari.

Artinya, omzet ekonomi yang ada selama tiga hari itu bisa dilipatgandakan dengan jumlah warung dan pedagang kaki lima yang ada, kata bupati yang biasa disapa Cak Thoriq ini.

Ternyata, antusiasme pengunjung masih tinggi di hari terakhir “Loemadjang Mbiyen” Jilid 2, karena di hari terakhir dilakukan berbagai kegiatan, ada lomba patroli, ada bersepeda bersama Komunitas Sepeda Tua Indonesia ( Kosti), dan berbagai pameran dari sekumpulan komunitas.

“Terima kasih kepada masyarakat yang datang untuk merevitalisasi ‘Loemadjang Mbiyen’. Yang datang beda orang, beda jenis pakaian, beda kelompok orang yang datang,” ujarnya.

Selain untuk nostalgia, lanjutnya, acara yang dipusatkan di kawasan PG Jatiroto ini juga sangat efektif dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya di Kabupaten Jatiroto.

“Ini salah satu imbasnya, yaitu ekonomi masyarakat meningkat, kesejahteraannya meningkat, khususnya bagi masyarakat Kabupaten Jatiroto,” ujarnya.

Kegiatan “Loemadjang Mbiyen” merupakan ajang untuk menampilkan wisata heritage dan membangkitkan kenangan masa lalu dengan tema era 1930-1960 yang merupakan salah satu rangkaian hari jadi Lumajang.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button