Ekonomi Belum Pulih Pasca Pandemi, Disparbud Trenggalek Raih PAD Optimis dari Sektor Pariwisata - WisataHits
Jawa Timur

Ekonomi Belum Pulih Pasca Pandemi, Disparbud Trenggalek Raih PAD Optimis dari Sektor Pariwisata

SURYA.CO.ID, TRENGGALEK – Pariwisata di Kabupaten Trenggalek mulai bergembira setelah dua tahun terakhir inersia akibat pandemi Covid-19. Hal ini terlihat dari pencapaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) sektor pariwisata yang mulai meningkat signifikan.

Menurut data Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek, pencapaian PAD sektor pariwisata sudah mencapai 60% dari target Rp 7 miliar. Artinya, kontribusi sektor pariwisata terhadap PAD sudah mencapai sekitar Rp 4,2 miliar. Jumlah ini lebih banyak dari total output tahun lalu atau 2021.

Ketua Disparbud Trenggalek Sunyoto mengatakan, pihaknya baru meraup sekitar 80 persen dari target Rp 4 miliar tahun lalu. Jumlahnya sekitar Rp 3,2 miliar.

Target PAD tahun lalu untuk sektor pariwisata relatif rendah. Target tersebut akan disesuaikan dengan situasi pandemi yang belum sepenuhnya mereda. “Jauh lebih baik dari tahun lalu,” kata Sunyoto, Kamis (4/8/2022).

Namun, Sunyoto mengatakan iklim pariwisata tidak kembali seperti sebelum pandemi. Menurutnya, hal itu disebabkan karena situasi ekonomi yang belum sepenuhnya pulih.

Keadaan ekonomi masyarakat yang belum pulih membuat pariwisata belum mampu meningkat secara signifikan. “Pariwisata mulai meningkat, yang berarti pandemi secara bertahap mereda. Namun, karena pariwisata juga terkait dengan ekonomi, ekonomi kotamadya, meski belum sepenuhnya pulih, belum optimal,” kata Sunyoto.

Sunyoto optimistis target PAD sektor pariwisata bisa tercapai hingga akhir tahun. Ia melihat ada beberapa peluang liburan panjang yang bisa dimanfaatkan untuk menarik pengunjung sebanyak-banyaknya. ****

Source: surabaya.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button