Rektor ITS Surabaya Sebut Bupati KSB Memiliki Misi Jauh ke Depan | - WisataHits
Jawa Timur

Rektor ITS Surabaya Sebut Bupati KSB Memiliki Misi Jauh ke Depan |

Surabaya, bidikancameranews.com

Lokasi : Gedung Rektorat ITS Lantai 2 Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya, Senin 12 September 2022 Pukul 13.00 WIB Bupati Sumbawa Barat menandatangani Perjanjian Kerjasama Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan BAE Institut Teknologi Sepuluh November. Dalam kesempatan tersebut mereka didampingi Bupati, Sekda Amar Nurmansyah, ST., M.Si, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Hirawansyah., SH., MH, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Drs. Burhanuddin. Turut hadir mendampingi Rektor ITS pada kesempatan tersebut, Wakil Rektor II Bidang Perencanaan, Keuangan, Sarana dan Prasarana Ir. Mas Agus Mardyanto, ME, Ph.D.

Dalam kesempatan sambutan, Rektor Institut Teknologi Sepuluh November, Prof.DR.Ir. Mochamad Ashari, M.Eng berbagi tentang berbagai inovasi yang dikelola ITS di Innovation Center, termasuk pembuatan kapal yang dapat dengan mudah menjangkau pulau-pulau terpencil. Dijelaskan pula di dalam kampus ITS terdapat kendaraan tanpa pengemudi yang dapat mengangkut mahasiswa naik turun Terminal 1 dan 2 di kampus. Terkait TI, Rektor menjelaskan bahwa ITS bekerja sama dengan Menkominfo setiap tahun dan menawarkan pelatihan kewirausahaan berbasis TI seperti perusahaan yang dipimpin oleh Gojek. Kerjasama pelatihan S2 CIO (Chief Information Officer) organisasi perangkat daerah juga dilakukan dengan Menkominfo, memberikan beasiswa pascasarjana bagi PNS selama dua tahun.

Mengenai kerjasama pembiayaan perguruan tinggi, Rektor menyampaikan bahwa bupati ingin mengembangkan daerah Sumbawa Barat, misalnya dengan mengirimkan calon mahasiswa ke ITS bisa dengan model kerjasama langsung, atau ada yang disebut program kemitraan S1, kata Rektor.

Dalam kesempatan ini, Rektor juga menyampaikan apresiasinya kepada bupati. Rektor mengatakan, Bupati KSB memiliki visi jauh ke depan untuk membuat daerahnya menjadi luar biasa. “Kami yakin ke depan akan ada berbagai peluang kerja sama, khususnya di bidang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Kami siap bersinergi,” kata Rektor

Sementara itu, dalam sambutannya Bupati Sumbawa Barat, Dr.Ir.HW,Musyafirin.,MM menyampaikan terima kasih atas penerimaan yang diterima Rektor ITS beserta jajarannya. “Terima kasih telah diterima di kampus yang terhormat ini. Terima kasih telah memberikan referensi dan wawasan tentang teknologi terapan, ujar bupati

Dalam kesempatan ini Bupati menjelaskan bahwa KSB saat ini telah memiliki lembaga penelitian dan inovasi daerah, kedepannya akan mengkaji apa yang dibutuhkan oleh masyarakat KSB. Kita punya pulau-pulau kecil yang bisa disadap, kalau butuh transportasi yang membutuhkan teknologi untuk menuju pulau-pulau kecil di KSB, kita juga butuh dukungan dari ITS, kata bupati sambil berpesan agar tugas yang harus dilakukan sekda harus diselesaikan. .

Bupati mengatakan, kerjasama yang terjalin saat ini tidak hanya di bidang teknologi informasi, tetapi juga bisa di bidang teknologi terapan. Misalnya, berdasarkan pelabuhan ke destinasi wisata, kami sudah melakukannya. Tapi turis yang datang ke pulau-pulau di KSB, tapi mereka tidak datang ke daratan kita, mereka parkir di tengah laut. Dan tentu saja kita tidak mendapatkan apa-apa.

Soal teknologi informasi, Bupati menyatakan penting agar roadmap kesepakatan kerja sama nanti bisa diperjelas. Kami berharap ke depan kita tidak hanya menghubungkan Kementerian Komunikasi dan Informatika, tetapi otoritas mana yang terkait dengan kepentingan yang akan kita kaitkan dengan kerja sama ini.

“Saya harap roadmap ini jelas, pihak-pihak termasuk masyarakat perlu diedukasi”

Bupati juga menekankan pentingnya memikirkan kemungkinan kerjasama di program sarjana, karena sekarang dengan ditetapkannya KSB sebagai kawasan industri nasional, kita menyambut dunia industri yang tentunya membutuhkan tenaga-tenaga handal sesuai kebutuhan. “Saya khawatir industri sudah siap, pemuda kita adalah penonton. Mungkin kita bisa mendesain kelas khusus. Kemungkinan mengembangkan pihak yang berkepentingan, menambah keterampilan, menawarkan segala jenis bimbingan teknis, terutama dalam bentuk kursus, dan tidak harus program diploma, misalnya, belajar selama setahun sangat mungkin. Ini kita lakukan untuk membangun daerah dan membangun republik yang kita cintai ini, kata Bupati

Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Institut Teknologi Sepuluh November dengan Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat yang juga dilengkapi dengan penyerahan cinderamata. (merah)

Source: bidikankameranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button