Dosen Ilmu Komunikasi bekerja sama dengan BIKNation Institute - WisataHits
Jawa Timur

Dosen Ilmu Komunikasi bekerja sama dengan BIKNation Institute

Surabaya, JurnalPost.com – Branding dan pemasaran digital adalah ujung tombak pemasaran saat ini. Perkembangan media sosial membuat pemasaran menjadi lebih mudah untuk semua khalayak. BIKnation bekerjasama dengan Dosen Komunikasi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat bertajuk “Pelatihan Copywriting dan Press Release” dengan sasaran Program Penggiat Pariwisata Sunrise Land Lombok, Nusa Tenggara Timur. (19 Oktober 2022)

Pelatihan ini bertujuan untuk memaksimalkan pemasaran wisata bahari yang dilakukan oleh Siunrise Land Lombok. Diharapkan dengan memaksimalkan penggunaan media sosial akan dapat memberikan wawasan dan pengenalan pariwisata di Lombok kepada masyarakat luas.

Topik copywriting dipilih karena keterbatasan edukasi tentang bagaimana menarik perhatian publik untuk mengakses konten yang dibuat di halaman media sosial mereka. Sedangkan pemilihan topik siaran pers lebih difokuskan pada mass media marketing dan media relations.

Materi pertama diberikan oleh Ratih Pandu Mustikasari, MA untuk menulis teks. Materi copywriting berfokus pada penulisan caption dan penulisan editorial dalam konten media sosial sehingga dapat melibatkan audiens. Dalam paparannya, Ratih menyampaikan bahwa prinsip AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) digunakan sebagai dasar pembuatan caption dan copy tulisan untuk konten media sosial. Ratih juga menjelaskan tentang unsur copywriting, formula dalam copywriting dan juga brand charm.

Materi kedua dibawakan oleh Dian Hutami Rahmawati, M.Med.Kom. Ratih dan Dian adalah Pengajar Ilmu Komunikasi di UPN Veteran Jawa Timur. Materi yang disampaikan Dian berkaitan dengan siaran pers. Dalam sambutannya, Dian lebih menyinggung tentang struktur penulisan press release, pentingnya penyusunan press release di dunia digital saat ini, perkembangan teknologi yang mempengaruhi pemberitaan media. Dalam memberikan materinya, Dian juga membagikan langkah-langkah membuat press release untuk aksi langsung oleh para penggiat wisata lainnya di Sunrise Land Lombok.

Di akhir sesi, pelatihan diakhiri dengan tugas-tugas yang kemudian dievaluasi. Tugas berupa teks iklan dan kegiatan press release.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button