Dukung pengembangan pariwisata PT Geo Dipa Energi gelar “Malipir” - WisataHits
Jawa Barat

Dukung pengembangan pariwisata PT Geo Dipa Energi gelar “Malipir”

Dejurnal.com, Bandung – PT Geo Dipa Energi (Persero) menggelar kegiatan bertajuk “Malipir” pada Selasa (19.7.202) bekerjasama dengan Desa Wisata Alamendah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung.

Malipir dari bahasa Sunda, yang juga bisa disebut berkeliling. Dibuka langsung oleh Direktur Operasi & HSSE PT Geo Dipa Energi (Persero), Supriadinata Marza. 200 peserta mengikuti kegiatan Malipir ini, dimulai dari field meeting point di Desa Alamendah, Kecamatan Rancabali.

General Manager unit PT Geo Dipa Energi (Persero) Patuha Ilen Kardani mengatakan, pendaftaran Malipir dibatasi karena harus fit dan fisik yang kuat mengingat jalur yang dilalui perbukitan, sehingga tidak semua orang bisa mengikutinya.

“Bahkan teman-teman di GeoDipa, di Unit Patuha sini, di Jakarta dan di Dieung sangat antusias untuk menghadiri acara Malipir ini,” kata Ilen.

Ilen menjelaskan, dalam kegiatan Malipir, para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok oleh tim Desa Wisata Alamendah. Setiap kelompok diberikan peta sehingga mereka dapat mengetahui rute perjalanan. Setiap kelompok memiliki rute yang berbeda. Anda akan diberikan plastik untuk tempat sampah yang akan dikumpulkan di sepanjang jalan.

Permainan seperti panahan diperkenalkan kepada setiap kelompok di sepanjang jalan. Permainan ini mengandung filosofi, busur, tali dan anak panah adalah satu kesatuan yang memantulkan anak panah ke sasaran yang tepat. “Sebuah perusahaan harus bekerja sama sebagai bagian untuk mencapai tujuan,” kata Ilen.

Ilen mengatakan, para peserta harus saling membantu dengan anggota kelompok lainnya di sepanjang jalan karena jalurnya curam dan melewati beberapa aliran sungai dan air terjun.

“Kegiatan Malipir diakhiri dengan penanaman pohon di kawasan Curug Padjadjaran. Ini merupakan komitmen bersama kepedulian lingkungan antara PT Geo Dipa Energi (Persero) Unit Patuha dengan Desa Wisata Alamendah,” jelas Ilen.

Malipir merupakan kegiatan tahunan, lanjut Ilen, yang telah berlangsung empat kali sejak tahun 2017. Kegiatan ini dihentikan sementara karena pandemi. “Sekarang sudah selesai lagi. Kedepannya akan dilakukan lagi di lokasi yang berbeda,” imbuhnya.

Melalui kegiatan Malipir, Bapak Ilen PT Geo Dipa Energi (Persero) berharap dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar melalui sektor pariwisata dengan tetap menanamkan nilai kekeluargaan, kerjasama dan kepedulian terhadap lingkungan sehingga terwujud pembangunan ekonomi masyarakat dengan menjaga lingkungan yang bersih dan sehat. Lingkungan yang sehat, sehingga dunia pariwisata dapat berkembang kembali, dan wisatawan dapat tetap puas dengan kebersihan lingkungan. *** Sopan

Source: www.dejurnal.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button