Geo Dipa mendukung pengembangan ekowisata dan menyelenggarakan kegiatan Malipir - WisataHits
Jawa Barat

Geo Dipa mendukung pengembangan ekowisata dan menyelenggarakan kegiatan Malipir

TIMESINDONESIA, BANDUNG – PT Geo Dipa Energi (Persero) Unit Patuha menyelenggarakan “Malipir” (keliling) bekerjasama dengan Desa Wisata Alamendah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung. Kegiatan pembangunan tematik ini juga merupakan bentuk partisipasi Geo Dipa dalam pengembangan ekowisata berbasis lingkungan.

Kegiatan “Malipir” yang diikuti ratusan peserta ini merupakan kegiatan tahunan yang dijalankan Geo Dipa sejak tahun 2017. Namun, sejak tahun 2020 kegiatan ini dihentikan sementara karena pandemi Covid-19.

“Untuk itu, pada 17 Juli 2022 Malipir baru dimulai lagi. Kegiatan ini diikuti 130 peserta dimulai dari titik kumpul di Lapangan Desa Wisata Alamendah, Kecamatan Rancabali dan dibuka langsung oleh Direktur Operasi & HSSE PT Geo Dipa Energi”, General Manager PT Geo Dipa Energi (Persero) Unit Patuha, Ilen Kardani , Kamis (29.7.2022).

Kegiatan “Malipir 2022” diawali dengan gathering di Lapangan Desa Alamendah, kemudian peserta dibagi menjadi beberapa kelompok oleh tim Desa Wisata Alamendah.

Kelompok-kelompok yang telah dibubarkan diberikan peta agar setiap kelompok mengetahui rute perjalanannya dan setiap kelompok memiliki rute yang berbeda untuk dilalui.

Sepanjang perjalanan, masing-masing kelompok diberikan kantong sampah plastik berukuran besar dan peserta harus mengumpulkan sampah yang mereka lihat di jalur menuju Curug Munding dan Curug Pajajaran.

Geo-Dipa-Energi-2.jpg

Permainan seperti panahan diperkenalkan kepada setiap kelompok di sepanjang jalan. Permainan ini mengajarkan bahwa busur, tali dan anak panah merupakan satu kesatuan yang harus tepat sasaran. Seperti halnya sebuah perusahaan yang perlu bekerja sama sebagai bagian agar tujuannya dapat tercapai dengan tepat sasaran.

Para peserta dan anggota kelompok lainnya juga harus saling membantu dalam perjalanan ini, karena jalurnya terjal dan melalui beberapa aliran sungai dan air terjun. Sehingga perjalanan tidak dapat selesai sepenuhnya jika tidak dilakukan kerjasama yang baik.

Kegiatan Malipir diakhiri dengan penanaman pohon di kawasan Curug Padjadjaran yang merupakan komitmen bersama kepedulian lingkungan antara PT Geo Dipa Energi (Persero) Unit Patuha dengan Desa Wisata Alamendah.

Ilen Kardani mengatakan dengan kegiatan ini pihaknya berharap dapat mempererat kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bandung di bidang Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

“Melalui kegiatan Malipir ini, kami juga berharap dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar melalui sektor pariwisata, sekaligus menanamkan nilai kekeluargaan, kerjasama dan kepedulian lingkungan,” ujar GM Geo Dipa Unit Patuha.

**)

Dapatkan update informasi pilihan harian dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Suka, klik tautan ini dan bergabung. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: www.timesindonesia.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button