Dua Dosen FIA UB Jadi Kontributor | Berita Malang hari ini | Malang Posco Media - WisataHits
Jawa Timur

Dua Dosen FIA UB Jadi Kontributor | Berita Malang hari ini | Malang Posco Media

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Dua orang dosen Fakultas Manajemen Universitas Brawijaya (FIA UB) telah berhasil berkontribusi dalam Ensiklopedia Manajemen dan Pemasaran Pariwisata. Ensiklopedia dari penerbit terkemuka dunia Edward Elgar United Kingdom (UK) ini berisi berbagai macam topik interdisipliner, terutama yang berkaitan dengan pariwisata. Mereka adalah Muhammad Rosyihan Hendrawan, S.IP., M.Hum dan Aniesa Samira Bafadhal, SAB, M.AB.

Dua Dosen FIA UB Jadi Kontributor |  Berita Malang hari ini |  Berita Malang Raya, Aremania, Aremanita |  Gambar WhatsApp 2022 10 20 pada 07/53/17 2Aniesa Samira Bafadhal, SAB, M.AB

Dalam ensiklopedia tersebut, Rosyihan dan Aniesa berkontribusi membuat dua entri. Yang pertama adalah Virtual Museum, kolaborasi keduanya. Berikutnya adalah “Muslim Health Tourism” yang ditulis oleh Aniesa.

Muhammad Rosyihan Hendrawan mengatakan bahwa entri yang mereka masukkan merupakan hasil studi lapangan dan penelitian. Museum Virtual menjelaskan bahwa museum adalah salah satu jantung peradaban, yang disebut sebagai institusi memori. “Bisa juga digambarkan sebagai fasilitas cagar budaya yang dapat dikelola untuk tujuan pendidikan dan rekreasi,” katanya.

Menurutnya, nilai museum tidak bisa hanya diukur dari kelangkaan dan kelengkapan koleksi yang ada di dinding ruangan. Namun di luar itu, museum harus memiliki kemampuan yang mendukung aksesibilitas dan ketahanan memori kolektif masyarakat.

Sedangkan wisata kesehatan muslim yang ditulis oleh Aniesa merupakan konsep wisata yang menganut ajaran Nabi Muhammad. Pembahasannya tentang pencegahan penyakit, pengobatan dan kebersihan diambil dari Al-Qur’an dan Hadits yang telah dimasukkan ke dalam konsep populer Thibbun Nabawi (Pengobatan Gaya Nabi).

Aniesa mengatakan ada dua pengelompokan konsep dan praktik di bawah payung wisata kesehatan muslim, yaitu wisata kesehatan muslim dan wisata medis muslim. “Muslim wellness tourism merupakan wisata kesehatan preventif untuk mencegah penyakit seperti salon dan spa syariah serta olahraga sunnah,” jelasnya.

Kedua artikel tersebut lolos setelah melalui proses seleksi dan kurasi yang ketat yang berlangsung hampir dua tahun sejak tahun 2021, dengan penyuntingan langsung pakar sistem informasi pariwisata global dari Bournemouth University Business School, Inggris, yaitu Prof. Dimitrios Buhalis, Ph.D dan tim dari penerbit Edward Elgar.

Ensiklopedia ini terdiri dari empat jilid, 3.528 halaman, 1.250 entri, dan total 1.500 kontributor berkualitas dari seluruh dunia. Buku ini resmi dirilis pada Agustus 2022 dan dirilis pada September 2022. Ensiklopedia ini diterbitkan dalam dua format, elektronik dan cetak.

“Ini merupakan berkah bagi kami dan hasil dari dukungan pimpinan. Kami berharap pihak manajemen terus mendukung para dosen dalam meneliti secara tematik sesuai dengan minatnya,” pungkasnya. (imm/bua)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button