DPRD Kota Madiun mengajak siswa menggelar Aksi Gizi Gerna untuk mencegah stunting - WisataHits
Jawa Timur

DPRD Kota Madiun mengajak siswa menggelar Aksi Gizi Gerna untuk mencegah stunting

Madiun (ANTARA) – Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun, Jawa Timur, mengajak siswa dari sejumlah sekolah untuk melakukan Gerakan Aksi Gizi Nasional (Gernas) 2022 untuk mencegah kasus anak pendek atau stunting.

dr Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Kependudukan dan Keluarga Berencana (Dinkes-PPKB) Kota Madiun, Denik Wuryani mengatakan Gernas Aksi Bergizi merupakan puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2022 di Kota Madiun. Melalui sosialisasi ini, siswa di tingkat SMP/SMA/MA dan sederajat diimbau untuk mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan mengonsumsi pil penambah darah (TTD).

“Pada peringatan HKN tahun ini, kami melaksanakan program aksi gizi keterbelakangan tumbuh kembang bersama remaja putri SMP dan SMA melalui pemeriksaan HB, edukasi keterbelakangan tumbuh kembang remaja dan pengambilan tablet darah secara serentak,” ujar Denik saat Gernas kegiatan di Taman Pendidikan dan Wisata Ngrowo, Kota Bening Madiun, Selasa.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan langkah promotif dan preventif untuk mencegah keterlambatan pertumbuhan. Yakni dengan menggalakkan hidup bersih dan sehat dengan harapan tercapainya derajat kesehatan yang tinggi.

Untuk mengatasi anemia dan mencegah terjadinya retardasi pertumbuhan, remaja putri membutuhkan suplementasi zat besi (TTD) tablet secara teratur minimal seminggu sekali.

Walikota Madiun Maidi menjelaskan, kesehatan merupakan kebaikan yang harus dijaga bersama. Bukan hanya keluarga, tapi juga pemerintah.

“Yang jelas dengan momentum HKN ini, generasi penerus harus sehat. Kami akan lakukan screening. Kalau ada darah yang hilang, apa yang hilang, kita cek semuanya,” kata Maidi.

Ia menjelaskan, upaya pemerintah untuk mencegah stunting tidak hanya terfokus pada penanganan anak usia dini yang mengalami stunting pada masa pertumbuhan dan perkembangannya. Namun juga upaya peningkatan kesehatan dan gizi pada masa wanita produktif sebagai ibu hamil dan ibu hamil yang tujuannya melahirkan generasi sehat bebas stunting.

Salah satu cara untuk meningkatkan kesehatan dan gizi wanita usia produktif adalah pemberian suplemen zat besi secara teratur untuk mencegah anemia.

Hal ini dilatarbelakangi oleh kondisi ibu hamil yang anemia dan rawan melahirkan anak yang mungkin mengalami stunting pada masa kanak-kanak.

Ia berharap kegiatan Gernas Aksi Bergizi bersama remaja putri untuk mencegah stunting pada peringatan HKN 2022 di Kota Madiun dapat berjalan lancar dan bermanfaat bagi warga sekitar.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button