Dilarang di Malioboro, Skuter Listrik Dioperasikan di Desa Wisata - WisataHits
Yogyakarta

Dilarang di Malioboro, Skuter Listrik Dioperasikan di Desa Wisata

Harianjogja.com, JOGJA–Komisi B DPRD Kota Jogja mengusulkan agar pengelola skutik listrik yang dilarang beroperasi di kawasan poros filosofi Jogja atau kawasan Jogja dapat bekerjasama dengan desa-desa wisata di kawasan ini.

“Harapannya, Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta dapat menjangkau teman-teman pengelola skutik listrik untuk bekerjasama dengan Kampung Wisata. Ada 18 desa wisata di Yogyakarta yang berpotensi untuk diajak kerjasama,” kata Susanto Dwi Antoro, Ketua Komisi B DPRD Kota Yogyakarta, Jumat (19/8/2022) di Yogyakarta.

Menurutnya, sinergi dengan Kampung Wisata bisa menjadi jawaban atas keprihatinan yang dirasakan oleh perusahaan rental skutik pasca pelarangan di wilayah poros filosofi, yakni Jalan Margo Utomo, Jalan Malioboro, dan Jalan Margo Mulyo.

“Bagaimanapun, perusahaan persewaan skuter listrik adalah warga kota Yogyakarta yang mencari untung di kotanya sendiri,” ujarnya.

Ia juga menyebutkan bahwa keberadaan skuter listrik juga merupakan bagian dari pengayaan industri kreatif yang dapat dikembangkan di Yogyakarta dengan tetap mematuhi peraturan yang berlaku.

BACA JUGA: Mahfud MD Bersihkan ‘Menjijikkan’ dalam Kasus Pembunuhan Brigadir J

Komisi B DPRD Kota Yogyakarta, lanjutnya, akan berupaya mempertemukan pengelola skuter listrik dengan biro pariwisata dan pihak swasta pengelola pariwisata untuk bersama-sama merumuskan pedoman pengoperasian skuter listrik.

“Harus ada solusi untuk masalah ini,” katanya, seraya menambahkan bahwa kendaraan listrik akan menjadi bagian dari kendaraan masa depan.

Di sisi lain, ia juga meminta pemahaman kepada perusahaan rental e-skuter tentang latar belakang terbitnya surat edaran gubernur DIY yang melarang pengoperasian e-skuter di wilayah poros filosofi.

“Akan ada penilaian UNESCO tentang poros filosofis dan bagaimana kawasan itu akan menjadi zona pejalan kaki,” katanya.

Untuk itu ia meminta kepada pimpinan rental skuter listrik di Yogyakarta untuk lebih sabar dan optimis karena pasti ada solusi.

Source: jogjapolitan.harianjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button