DPRD Jateng: Manfaatkan kecanggihan teknologi untuk hal produktif - WisataHits
Jawa Tengah

DPRD Jateng: Manfaatkan kecanggihan teknologi untuk hal produktif

SEMARANG, AYOSEMARANG.COM — Ketua DPRD Jawa Tengah Bambang Kusriyanto mengajak masyarakat memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk mendorong perekonomian. Dia menyarankan agar tidak menggunakan media sosial hanya sebagai sarana eksistensi diri.

Selain itu, media sosial dapat digunakan untuk hal-hal yang produktif seperti memasarkan produk ke usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Bambang menambahkan, pemerintah telah lama menggalakkan program digitalisasi desa. Program ini memungkinkan pemerintah desa untuk memberikan informasi yang komprehensif dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Selain itu, digitalisasi desa juga dapat digunakan untuk mempromosikan potensi desa seperti UMKM dan desa liburan.

Menurutnya, kini hampir semua desa sudah menerapkan digitalisasi. Namun, hanya beberapa desa yang menerapkan digitalisasi secara optimal.

Baca Juga: Siswa SMP Nebeng Wifi di Rumah Bambang Kribo Tidak Ada Akses Internet

“Misalnya, hampir semua desa di Kabupaten Semarang sudah memiliki website desa. Isinya informasi tentang desa, mulai dari nama perangkat desa dan diakhiri dengan potensi desa,” ujarnya, Senin, 12 Desember 2022.

Namun, hanya sedikit desa yang menggunakan digitalisasi untuk memudahkan pelayanan publik dan meningkatkan perekonomian. Padahal digitalisasi dapat digunakan untuk melayani surat menyurat secara online, mengelola berbagai dokumen dan mempromosikan berbagai produk UMKM.

“Dengan beriklan melalui internet, produk UMKM dapat dikenal di luar negeri dan jangkauan pemasarannya lebih luas. Banyak contoh produk UMKM yang laris di luar negeri karena rajin promosi di media sosial,” ujar pria sapaan Bambus Kribo itu.

Dikatakannya, UMKM menjadi prioritas digitalisasi desa karena dampaknya terhadap perekonomian. Digitalisasi desa dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat serta membantu memasarkan potensi dan produk yang dihasilkan masyarakat.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button