Wisata Flora Banyukuning Bandungan menyuguhkan pemandangan alam dan edukasi yang menghibur - WisataHits
Jawa Tengah

Wisata Flora Banyukuning Bandungan menyuguhkan pemandangan alam dan edukasi yang menghibur

RADARSMARANG.ID – Flora Wisata Banyukuning merupakan salah satu destinasi wisata baru di Kabupaten Semarang. Wisata alam ini memiliki taman yang menyenangkan dan berkonsep edukasi. Banyak wahana yang ditawarkan, tur jeep, petualangan menunggang kuda, perkemahan, taman bermain, kebun raya, anggur, dan pertanian.

Ada juga ratusan taman bunga dengan berbagai jenis bunga dan tanaman di tempat wisata ini. Flora Wisata Banyukuning berada di atas lahan seluas 7,5 hektar. Kini efektif dibangun untuk wahana wisata di atas lahan seluas 2,5 hektar.

Dibutuhkan hanya 20 menit dari pusat sibuk Ambarawa atau 40 menit dari Ungaran. Saat masuk, pengunjung akan disambut oleh lima bangunan berbentuk kotak. Bangunan ini berbentuk Candi Ratu Boko yang megah. Menjadi pintu masuk untuk membeli tiket dan toko untuk mengumpulkan barang-barang khas desa Banyukuning.

Flora Wisata Banyukuning mengusung konsep berkebun dan botani Kebun. Pristyono Hartanto, selaku pengelola Flora Wisata Banyukuning mengklaim, ada ratusan jenis tumbuhan. Memiliki banyak koleksi tanaman langka. Seperti tanaman bodhi, kalpataru dan baobab. Baobab dianggap unik dan memiliki makna yang dalam. “Ada 12 pohon baobab sebagai simbol kehidupan bagi kami warga Banyukuning,” ujarnya Jawa Pos Radar Semarang.

Flora Wisata Banyukuning juga dilengkapi dengan kolam keceh. Wahana Mini Waterboom dan Kebun Binatang Mini sebagai wahana interaktif. Kebun raya tempat pengunjung dapat menikmati suasana di antara sembilan varietas anggur. “Pengunjung bisa ikut memanen mentimun, selada dan berbagai tanaman lainnya,” ujarnya

Flora Wisata Banyukuning memiliki banyak spot foto. Diantaranya Magic Stone, terinspirasi dari konsep yang sama di Las Vegas, AS. Berupa susunan batu-batuan yang menjulang tinggi berwarna-warni. Uniknya, batu tersebut sebenarnya terbuat dari selimut bekas, handuk bekas, dan sprei bekas. Ada juga taman batu dengan batu-batu besar. Ada 29 batu yang didatangkan dari Belanda. “Batu bekas batu pemberat dan batu lava. Batuan ini unik karena tidak pernah berlumut,” tambahnya.

Tempat ini juga menawarkan wisata petualangan dengan jip melewati hutan. Ada juga Skuter Temukan Banyukuning. Pengunjung dapat menggunakan skuter listrik untuk berkeliling di Desa Banyukuning. Fido, skuter listrik dan ATV bisa disewa dengan harga Rp 15.000.

Di tengahnya terdapat restoran berbentuk piramida kuning keemasan. Piramida ini bisa dilihat dalam perjalanan menuju Banyukuning. Restoran menawarkan berbagai hidangan film barat, Cina, dan tradisional. Aneka minuman juga tersedia. “Wisata Flora Baru di Banyukuning awal yang lembut Agustus kemarin. Jadi masih dihitung segar dan baru,” tambahnya.

Rencananya Flora Wisata Banyukuning akan resmi dibuka pada Februari 2023. Karena masih dalam pembangunan, tiket masuk mungkin berharga 12.000 rupee. Pengunjung bisa datang setiap hari mulai pukul 09.00 WIB – 17.00 WIB. Desember terjadi Tontonan malam Banyukuning. “Dengan menghadirkan flora wisata Banyukuning di malam hari dengan lampu hias dan pemandangan kerlap-kerlip lampu dari jauh,” imbuhnya. (mg18/mg20/ria/f)

Source: radarsemarang.jawapos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button