BTNGC menambah 1 jalur "Trisakti Sadarehe" ke puncak Gunung Ciremai - WisataHits
Jawa Barat

BTNGC menambah 1 jalur “Trisakti Sadarehe” ke puncak Gunung Ciremai

talknetwork.com – Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC) Kabupaten Kuningan, Jawa Barat telah merilis jalur pendakian baru, yaitu Trisakti Sadarehe, untuk mencapai puncak gunung tertinggi di Jawa Barat itu, sehingga total jalur resmi menjadi lima.

“Hari ini kami meresmikan jalur pendakian Trisakti Sadarehe di Majalengka,” kata Kepala BTNGC Teguh Setiawan dalam keterangan tertulis, Kamis.

Menurut BTNGC, dari lima jalur pendakian Gunung Ciremai, tiga berada di Kabupaten Kuningan, yakni jalur Linggajati, Linggasana, Palutungan dan Apuy, Trisakti Sadarehe di Kabupaten Majalengka.

Baca Juga: Kemenkes Serukan Cegah Permainan Tradisional Bikin Anak Kecanduan Gadget

Menurutnya, jalur baru tersebut merupakan jalur ilegal yang digunakan para pendaki gunung karena tidak ada pos dan pengawasan.

“Jalur pendakian baru selama ini selalu digunakan oleh para pendaki sebagai jalur ilegal, yaitu Jalur Sadarehe. Untuk meminimalisir angka kecelakaan akibat pendakian liar, kelompok masyarakat Desa Payung, Kecamatan Raja Galuh, Kabupaten Majalengka menyarankan agar wisata pendakian diteruskan ke Jalur Sadarehe,” ujarnya.

Ditambahkannya, setiap trail memiliki karakter dan keindahan alam yang berbeda, sehingga memberikan nuansa yang berbeda.

Baca Juga: Dorong Harga Tiket Pesawat, BNI Gandeng Garuda Indonesia dan Lion Air

Untuk jalur baru, Teguh mengaku memiliki padang rumput yang luas, dan pendaki juga bisa melihat sunset dan sunrise di satu tempat.

Source: www.bicaranetwork.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button