IOI 2022 Berakhir, Kemendikbudristek Ajak Manfaatkan Teknologi Ciptakan Kesejahteraan - WisataHits
Yogyakarta

IOI 2022 Berakhir, Kemendikbudristek Ajak Manfaatkan Teknologi Ciptakan Kesejahteraan

Minggu 14 Agustus 2022 | 21:13 WIB

| penulis:

Buku Catatan: beruntung s

Jakarta, InfoPublik – International Olympiad in Informatics (IOI) ke-34 tahun 2022 yang berlangsung selama seminggu telah berakhir. IOI merupakan bukti semangat global dari 90 negara peserta kompetisi informatika bergengsi dalam mewujudkan masyarakat 5.0.

“34. topik IOI Energi Digital Asia merupakan bentuk dukungan terhadap terwujudnya Society 5.0, dimana teknologi digital sangat dekat dengan kehidupan manusia dan dikembangkan sebesar-besarnya untuk kemaslahatan kehidupan,” ujar Sekjen (Sekjen) Kemendikbud, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Suharti, dalam laporan penutupan IOI ke-34 yang diselenggarakan dalam mode hybrid (online dan offline) di kawasan Candi Prambanan, Yogyakarta, Minggu (14/8/2022).

Dalam penyelenggaraan IOI ke-34 ini, selain lomba dan general assemblies, seluruh peserta juga melakukan wisata budaya ke berbagai destinasi wisata budaya di sekitar Yogyakarta. Salah satunya menghadiri acara malam budaya yang berlangsung pada Sabtu 13 Agustus 2022 di kawasan Candi Borobudur Magelang.

“Mereka mengikuti acara malam budaya dengan sangat antusias dan menikmati kekayaan budaya Indonesia yang diakui UNESCO sebagai salah satu keajaiban dunia,” kata Suharti.

IOI ke-34 ini diikuti oleh 536 peserta dari 357 peserta dan 179 leader, team leader, pendamping dan tamu. Sebanyak 414 peserta mengikuti kompetisi offline dan 122 peserta mengikuti kompetisi online.

“Tahun ini, IOI ke-34 memberikan 180 medali, yakni 30 emas, 59 perak, dan 91 perunggu kepada para pemenang kompetisi,” kata Suharti.

Selain itu, pada salah satu hari kompetisi, penghargaan Honorable Mention diberikan kepada 36 peserta dengan nilai tinggi. Penghargaan ini diberikan untuk mengapresiasi kerja keras dan kerja baik para peserta. Malam ini Distinguished Award juga diserahkan kepada 2 peserta.

Acara IOI ini diselenggarakan dengan lima tujuan. Pertama, mengidentifikasi, membina, menantang, dan mengenali generasi muda yang memiliki talenta hebat di bidang ilmu komputer. Kedua, untuk membangun persahabatan internasional antara ilmuwan dan pendidik komputer.

Ketiga, mendekatkan ilmu komputer kepada generasi muda. Keempat, mempromosikan penyelenggaraan kompetisi ilmu komputer bagi siswa SMA. Terakhir, mendorong negara lain untuk menjadi tuan rumah kompetisi IOI di masa mendatang.

“Bagi Indonesia, acara ini bukan hanya ajang performance, tapi juga sarana untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi (pemikiran komputasional) bagi anak-anak Indonesia sebagai bagian dari pembelajaran gratis,” kata Suharti.

Di akhir sambutannya, Suharti mengucapkan selamat kepada para pemenang dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya Hybrid IOI ke-34 di Indonesia. “Selamat kepada para pemenang, jangan berkecil hati bagi yang belum berkesempatan menang. Terima kasih atas dukungan semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan IOI tahun ini,” kata Suharti.

Sementara itu, Ketua Umum IOI 2022 Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hayu berharap para delegasi akan terus mengingat pengalaman Yogyakarta. Putri keempat Gubernur DI Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X, mengenang kuatnya narasi keberagaman dari Yogyakarta bisa menjadi inspirasi bagi para peserta yang nantinya akan menjadi calon pemimpin. Pikiran yang terbuka dan wawasan yang dalam merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh calon pemimpin masa depan. “Jadilah panutan yang ingin Anda tiru,” katanya.

Dalam sambutannya, GKR Hayu juga mengucapkan terima kasih kepada Kemendikbud yang telah memilih Yogyakarta menjadi tuan rumah kompetisi. Ia juga mengucapkan selamat kepada para peraih medali. “Selamat kepada seluruh pemenang dan selamat datang kembali ke negara masing-masing, selamat perjalanan pulang,” ujar GKR Hayu.

Kompetisi IOI ke-34 ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan bekerjasama dengan mitra seperti Ikatan Alumni Tim Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI), beberapa mitra pendukung dari industri, kementerian/lembaga, Institut Seni Indonesia ( ISI ) Yogyakarta, Badan Usaha Milik Negara (BUMN). ), Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Informasi tentang keberhasilan medali tersedia melalui tautan

Sumber foto: Kemendikbudristek

Anda dapat mengirim ulang, menulis ulang, dan/atau menyalin konten ini asalkan Anda mencantumkan sumbernya InfoPublik.id

Source: infopublik.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button