Disbudpar mendorong terbentuknya desa wisata di setiap desa potensial - WisataHits
Jawa Barat

Disbudpar mendorong terbentuknya desa wisata di setiap desa potensial

Disbudpar mendorong terbentuknya desa wisata di setiap desa potensial

Salah satu wisata alam di desa. ADALAH

CIBINONG – Pemerintah Kabupaten Bogor terus mendorong perekonomian desa melalui desa wisata. Dari 416 desa yang memiliki potensi wisata, baru 55 desa wisata yang telah berdiri.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor Deni Humaedi mengatakan setiap tahun desa wisata di Kabupaten Bogor perlu bermunculan dari sebelumnya hanya 25 desa pada tahun 2019 menjadi 35 desa pada tahun 2020. Kemudian tahun 2021 40 desa dan tahun ini wisata 55 desa.

Artinya dalam tiga tahun sudah muncul dua puluh desa wisata baru, kata Deni Humaedi, Minggu (15/1/2023).

Salah satu upaya Pemkab Bogor untuk memastikan setiap desa wisata menawarkan yang terbaik adalah Village Tourism Awards, sebuah ajang penghargaan bagi desa liburan berprestasi.

Selain itu, Disbudpar terus mengelola keberadaan desa wisata ini dengan memberikan pendidikan dan pelatihan kepada masyarakat desa itu sendiri. Misalnya mengatur kehidupan masyarakat desa dengan adat dan seni budayanya.

“Dengan nilai kearifan lokal yang kuat dan kesadaran masyarakat akan pariwisata akan menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke desa wisata,” ujarnya.

Pada tahun 2023, Disbudpar terus mendorong setiap desa yang memiliki potensi wisata untuk mendirikan desa wisata.

“Tentunya tahun ini harus dibangun lebih banyak lagi desa wisata,” pungkasnya.

Sementara itu, kata Kepala Desa Wisata Kabupaten Bogor Deni Amarullah saat itu
Perkembangan desa liburan di Kabupaten Bogor terbagi menjadi 7 wilayah. Mulai dari selatan yaitu Kecamatan Cisarua, Megamending, Ciawi, Caringin, Cigombong serta Kecamatan Cijeruk dan Tamansari.

Kemudian di wilayah barat, dimulai dari Kecamatan Pamijahan dan dari Ciampea, Nanggung, hingga Sukajaya. Di wilayah utara berada di kecamatan Kemang dan Parung oleh desa wisata Iwul dan Jampang,

Di wilayah timur terdapat desa wisata Pasir Mukti, Tarikolot, Linggar Mukti dan Bojong Kulur.

“Kalau melihat membentuk desa wisata tidak lebih dari swasembada untuk masyarakat, maka kami bantu,” kata Deni Amarullah.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor Wawan Hilal Kurdi telah mengadvokasi desa wisata menjadi tujuan wisata yang populer di Kabupaten Bogor.

Dengan demikian perekonomian masyarakat desa dapat bergerak. “Saya akan mendukung legislatif untuk menjadikan desa wisata menjadi wisata unggulan,” ujarnya. = YA

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button