Kawah Ciwidey Rengganis, nikmati suasana surganya - WisataHits
Jawa Barat

Kawah Ciwidey Rengganis, nikmati suasana surganya

TEMPO.CO, jakartaKawah Ciwidey Rengganis menyuguhkan panorama alam dan budaya Pasundan yang menarik dan direkomendasikan sebagai destinasi liburan keluarga di Kawasan Ciwidey, Kabupaten Bandung. Pesona alam Bandung memiliki sejarah yang menarik untuk dijelajahi dan menjadi banyak cerita. Tidak heran jika banyak dijumpai wisatawan yang menjadikan Bandung sebagai salah satu destinasi wisata alam yang menjadi pilihan wisatawan dari berbagai daerah. Berikut ulasan lengkapnya untuk Anda.

Informasi tentang Kawah Ciwidey Rengganis

Alamat, Lokasi, Rute Menuju Kawah Rengganis

Kawah Ciwidey Rengganis terletak di Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Secara geografis, Kawah Rengganis masih berada di dalam kompleks Danau Glamping Rancabali, Situ Patenggeng.

Rute menuju lokasi Kawah Ciwidey dapat ditempuh sekitar 2 jam perjalanan dari pusat kota Bandung. Setibanya di lokasi gerbang, Anda harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sejauh kurang lebih 1 km. Rute yang kami tempuh cukup menanjak dan berbatu. Tapi jangan khawatir, kondisi jalan cukup bagus dan aman meski musim hujan tiba.

Selama perjalanan menuju lokasi, Anda akan disuguhkan sepotong pemandangan alam Ciwidey yang dapat memanjakan panca indera kita. Udara pegunungan yang sehat, kesempatan untuk banyak bernafas dan bernafas dengan oksigen untuk membersihkan paru-paru.

Tiket Masuk Kawah Rengganis

Tiket masuk kawah Cibuni cukup murah dan terjangkau. Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 20.000 dan Anda dapat menikmati setiap wahana di tempat. Biaya ini juga sudah termasuk parkir.

Kawah Ciwidey Cibuni Renggani. Foto: Instagram Tour Kawah Rengganis.

Fasilitas di Kawah Rengganis

Saat Anda mengunjungi Kawah Rengganis, Anda akan menemukan sensasi berbeda mulai dari mandi belerang dan lumpur, serta banyak spot foto yang bisa dieksplor di tempat ini.

Anda juga bisa menikmati pemandian air panas dengan batu belerang yang menghangatkan tubuh dan menghilangkan penat untuk sementara dalam segala aktivitas kerja. Di pemandian ini terdapat lumpur dan air bercampur belerang yang dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit. Anda juga dapat menikmati pemandian air panas tepat di kolam renang atau di kamar mandi. Ingat, kalau mau mandi jangan lupa bawa baju atau celana pendek. Jadi Anda tidak perlu khawatir bolak-balik ke ruang ganti.

Jika lapar, Anda bisa menyempatkan diri untuk pergi ke warung makan di pinggiran kota. Ada berbagai jenis menu makanan dan minuman seperti gorengan, mie instan, nasi rames dan kopi. Ada juga mushola yang cukup nyaman untuk semua pengunjung. Jadi kamu tidak perlu khawatir karena kamu tetap bisa berwisata dengan tenang tanpa harus memenuhi kewajiban yang mengganggu.

Tempat Wisata di Kawah Rengganis

Di tempat-tempat wisata, Anda bisa melakukan banyak aktivitas unik dan menyenangkan. Berikut ini setidaknya ada 4 spot di kawasan wisata kawah Rengganis.

1. Kolam Perendaman Air Sulfur

Di bawah pancuran ada kolam besar berbentuk hati. Anda bisa berenang sepuasnya di kolam air belerang ini. Setelah basah, Anda bisa langsung membilas dan berganti pakaian di ruang ganti di pinggiran kota.

2. Mandi air panas

Di kawah Rengganis Anda juga bisa mandi air hangat belerang di sana. Air hangat yang mengandung belerang cocok untuk penderita kulit. Banyak orang merekomendasikan orang yang sakit kulit untuk mandi di sini. Padahal, belerang bermanfaat untuk merawat kondisi kulit.

Di area shower Anda bisa mandi sepuasnya. Suasana sejuk dan hijau serta pepohonan yang rindang di sekitar tempat wisata akan membuat Anda semakin rileks. Tiba di Kawah Rengganis pagi-pagi sekali dan nikmati sensasi mandi air hangat belerang di pancuran. Waktu liburan Anda dijamin akan terasa anti mainstream.

3. Jembatan

Untuk berjalan dari pos ke pos di situs, menyeberangi jembatan kayu. Jembatan yang terbuat dari kayu yang dipernis merah ini mudah dilewati atau difoto.

Jembatan ini sengaja dirancang sebagai jembatan penyeberangan di atas aliran air belerang. Tidak hanya bahannya yang terbuat dari kayu, bentuknya juga terlihat artistik. Jika Anda menyempatkan diri untuk pergi ke sana, jangan lewatkan berfoto di jembatan penyeberangan ini.

4. Batu Asap

Spot foto terakhir di Kawah Rengganis adalah Smoky Rock. Batu ini terbentuk dari letusan gunung berapi Sunda purba, yang menghasilkan batu-batu yang mengeluarkan asap. Kepulan asap putih membuat suasana di sekitar kawah semakin indah untuk difoto. Berlokasi di Kawah Rengganis, “gerombolan” bebatuan berasap ini menjadi salah satu atraksi paling populer bagi pengunjung untuk digunakan sebagai latar foto. Banyak dari mereka mengabadikan momen tersebut dengan berpose di atas batu karang.

Nah, bagi Anda yang baru berkunjung, jangan lewatkan kesempatan untuk berfoto di balik batu kapur yang berlatar belakang asap putih tebal ini. Foto Anda dijamin akan terlihat bagus, apalagi jika fotografernya handal.

JENIATI ARTAULI TAMPUBOLONE

Baca Juga: 11 Tempat Wisata di Ciwidey Bandung Ini Bisa Digunakan Untuk Camping

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terbaru dan berita unggulan dari Tempo.co di saluran Tempo.co Update Telegram. Klik Pembaruan Tempo.co untuk bergabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram.

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button