Dinporapar Purworejo menyusun kalender akhir tahun dan mengupayakan kunjungan wisatawan lebih banyak - WisataHits
Yogyakarta

Dinporapar Purworejo menyusun kalender akhir tahun dan mengupayakan kunjungan wisatawan lebih banyak

Laporan reporter Jogja Tribune, Dewi Rukmini

TRIBUNJOGJA.COM, PURWOREJO – Pemerintah Kabupaten Purworejo (Pemkab) melalui Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Dinporapar) terus berupaya menggenjot kunjungan wisatawan ke Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Beberapa destinasi wisata yang dikelola Dinporapar Kabupaten Purworejo juga sudah mulai pembenahan.

Fasilitas di sekitar destinasi ini akan diperbaiki, utilitas akan ditingkatkan, dan akan diberikan aksesoris atau ornamen tambahan untuk menarik wisatawan lokal dan mancanegara.

Seperti yang terlihat di Alun-alun Purworejo. Lebih dari 5 patung ditempatkan di sekitar Alun-alun.

Patung-patung yang menggambarkan benda-benda khas Kabupaten Purworejo, seperti rombongan penari dolalak, kambing Kaligesing trah Etawa, gerobak sapi, durian dan manggis, akan diletakkan terpisah di Alun-alun Purworejo bagian barat, utara, dan timur.

Selain itu, patung hewan, lampion, dan area panjat tebing yang bisa dijadikan spot foto menyemarakkan wajah baru Alun-alun Purworejo.

Endah Hanarosanti, Kepala Bidang Pemasaran, Sumber Daya Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dinporapar Kabupaten Purworejo mengatakan pembaharuan ini merupakan salah satu keinginan besar Dinporapar di bidang pariwisata.

“Tujuannya agar semakin banyak orang yang tertarik untuk mampir ke Purworejo, terutama yang melewati daerah tersebut. Juga dapat dikatakan bahwa Kabupaten Purworejo berada di tengah-tengah. Kalau mau dari Magelang ke Bandara YIA lewat Purworejo, dari Kebumen juga mau ke DI Yogyakarta atau Bandara. Tentang Kutoarjo dan Purworejo. Dari Wonosobo ke Bandara juga via Purworejo. Setidaknya Kabupaten Purworejo menjadi tempat transit masyarakat yang ingin menggunakan bandara dan stasiun kereta api,” ujar Endah saat dihubungi Tribunjogja.com, Rabu (12/7/2022).

Selain itu, sarana dan prasarana di Alun-alun Kutoarjo dan Pantai Dewaruci di Desa Jatimalang Kecamatan Purwodadi juga terus ditingkatkan.

Endah mengatakan, Pemkab Purworejo membangun jalur pejalan kaki di Alun-alun Kutoarjo dan menambahkan paviliun, ornamen, dan lampu untuk memperindahnya.

Di Pantai Dewaruci di Desa Jatimalang, ada beberapa penambahan landscape untuk gazebo, pohon, penerangan dan perbaikan jaringan listrik.

“Agar (Pantai Dewaruci) tetap terang dan aman di malam hari, sehingga wisatawan datang tidak hanya siang atau malam hari, tapi juga hingga larut malam,” ujarnya.

Rupanya, ketiga lokasi ini mendapat perhatian khusus karena akan menjadi lokasi acara besar akhir tahun yang digagas Pemkab Purworejo.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button