Dinporapar Purworejo mencatat 3.189 kunjungan wisatawan selama liburan Natal - WisataHits
Yogyakarta

Dinporapar Purworejo mencatat 3.189 kunjungan wisatawan selama liburan Natal

Laporan reporter Jogja Tribune, Dewi Rukmini

TRIBUNJOGJA.COM, PURWOREJO – Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Purworejo menemukan jumlah kunjungan wisatawan ke beberapa objek wisata (obwis) di kawasan Kota Pejuang selama libur Natal tahun 2022 mencapai 3.189 wisatawan.

Angka tersebut merupakan gabungan kunjungan wisatawan selama dua hari pada Sabtu (24/12/2022) sebanyak 1.147 pengunjung dan Minggu (25/12/2022) sebanyak 2.042 wisatawan.

Agung Pranoto, Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Dinporapar Kabupaten Purworejo mengatakan, ada beberapa obwis di Kabupaten Purworejo yang dikelola pemerintah.

Baca Juga:Pabbaja Samanera Sementara Berakhir, Perkuat Candi Borobudur sebagai Pusat Ibadah Buddha

Dan Obwis yang mencatatkan kunjungan wisatawan terbanyak selama liburan Natal 2022 adalah Pantai Dewaruci Jatimalang dengan total 2.486 pengunjung.

“Kalau saya lihat, liburan Natal tahun 2022 justru meningkat dibanding tahun 2021 karena masih pandemi Covid. Hanya di beberapa obwi saja kenaikannya tidak signifikan. Namun di Pantai Dewaruci Jatimalang, peningkatannya hampir 100 persen. Ini karena jumlah kunjungan biasanya di bawah 500 orang,” kata Agung saat dihubungi Tribunjogja.com, Senin (26/12/2022).

Ia pun mendata jumlah kunjungan wisatawan ke beberapa obwis dalam dua hari terakhir berdasarkan data Dinporapar Kabupaten Purworejo.

Pada Sabtu (24/12/2022), sebanyak 764 wisatawan mengunjungi Pantai Dewaruci Jatimalang, 331 wisatawan mengunjungi Kolam Renang Artha Tirta, 44 wisatawan mengunjungi Gua Seplawan dan 8 wisatawan mengunjungi Geger Menjangan.

Kemudian, pada Minggu (25/12/2022), Pantai Jatimalang Dewaruci dikunjungi 1.722 orang, Kolam Renang Artha Tirta dikunjungi 259 orang, Goa Seplawan dikunjungi 26 orang, dan Geger Menjangan dikunjungi 35 orang. Perhitungannya berdasarkan jumlah tiket tol yang dibeli wisatawan.

“Kalau saya lihat, rata-rata yang datang adalah wisata keluarga, baik roda dua maupun roda empat. Dan kebanyakan menggunakan mobil pribadi. Dilihat dari plat nomornya, tidak hanya dari Purworejo tapi juga dari luar daerah,” ujarnya.

Selain itu, Agung berharap jumlah kunjungan wisatawan bisa terus meningkat hingga momen perayaan akhir tahun. Menurutnya, jika wilayah Kabupaten Purworejo tidak diguyur hujan dengan intensitas tinggi dan berkelanjutan, maka akan terjadi peningkatan kunjungan.

Apalagi menjelang akhir tahun, Dinporapar Kabupaten Purworejo juga sudah menyiapkan rangkaian acara menyambut pergantian tahun 2022 ke 2023 di tiga titik.

Yakni di Pantai Dewaruci Jatimalang pada 29 Desember 2022, Alun-alun Kutoarjo pada 30 Desember 2022 dan Alun-alun Purworejo pada 31 Desember 2022.

Ia optimis rangkaian acara tersebut dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Purworejo.

Selain itu, Agung juga berpesan kepada wisatawan yang ingin bersantai di Pantai Dewaruci, khususnya di Jatimalang agar menaati peraturan dan larangan mandi di pantai. Pasalnya, saat ini sedang terjadi gelombang tinggi di pantai selatan pulau Jawa yang dapat membahayakan wisatawan.

“Pesan saya kepada wisatawan, usahakan untuk tidak berenang di pantai karena ombaknya luar biasa dan pantainya juga cukup terjal jadi harus hati-hati. Kemudian jaga anak-anak dan barang bawaan Anda selama Anda berada di sana.”Di pos keamanan ada petugas, tetapi Anda tetap harus waspada,” perintahnya. (drm)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button