Dukung Eksistensi Waduk Sendangtirto, Alumni AAU 2002 Tebar Ribuan Benih Ikan • Radar Jogja - WisataHits
Yogyakarta

Dukung Eksistensi Waduk Sendangtirto, Alumni AAU 2002 Tebar Ribuan Benih Ikan • Radar Jogja

RADAR JOGJA – Embung Sendangtirto di Berbah Sleman dibangun sekitar tiga tahun lalu. Fungsinya untuk mengairi sawah, mencegah banjir dan nantinya bisa menjadi wisata bagi warga.

Lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) angkatan 2002 itu menanam benih ikan nila sebanyak 4.000 ekor di kolam tersebut. Untuk mendukung waduk sebagai sumber pendapatan bagi penduduk setempat. kegiatan sekaligus peringatan dua dekade alumni AAU 2002.

Ketua Alumni AAU 2002, Letnan Kolonel Penerbang Dwi Agus Ariyanto mengatakan, lokasi waduk berada di dekat AAU, tempat para alumni dulu tinggal. Sehingga harus ada dukungan bagi warga sekitar akademi.

“Kami memberikan bantuan sarana ibadah untuk pemeliharaan dan perbaikan, kemudian alat-alat yang dibutuhkan warga terutama alat olah raga, serta bantuan sembako bagi warga yang membutuhkan,” ujarnya, Sabtu (26/11) di Embung Sendangtirto.

Sementara itu, Ketua Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Sendangtirto Sapto Winardi mengatakan, sebelum waduk dibangun, setidaknya ada 20 mata air dengan aliran yang cukup deras. Debit air 14 liter per detik dan sering meluap saat musim hujan.

“Oleh karena itu, pembangunan waduk ini sangat bermanfaat untuk mencegah banjir,” jelasnya.

Embung memiliki kedalaman 3 hingga 4 meter. Selain melindungi dari banjir, dapat menyediakan air untuk irigasi pertanian pada musim kemarau. Saat ini banyak warga yang memanfaatkan aliran air waduk dengan membuat Mina Kalen.

Selain itu, banyak warung makan di sekitar waduk milik warga setempat. Karena banyak orang datang berkunjung dan menjadi destinasi wisata baru.

“Pengelolaan belum diserahkan ke Pemkab Kalurahan,” imbuhnya. (lan/kus)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button