Air Terjun Cimahi - WisataHits
wisatahits

Air Terjun Cimahi

Air Terjun Cimahi

Air Terjun Cimahi bisa menjadi alternatif tujuan wisata untuk anda bersama keluarga jika sedang berada di bandung.

Air terjun ini sangat terkenal dengan keindahannya dan cukup mudah diakses karena lokasinya yang berada dipinggir jalan raya dan dekat dengan beberapa spot terkenal di Bandung.

Jika Anda ingin berlibur di Air Terjun CimahiPertama, mari baca ulasan kami tentang air terjun ini sebagai informasi awal agar perjalanan Anda lebih mudah dan menyenangkan.

riam-cimahi-bandung

Air Terjun Cimahi

Air Terjun Cimahi atau Curug Pelangi atau ada juga yang menyebutnya Air Terjun Pelangi Bandung merupakan salah satu tempat wisata yang cukup terkenal dan saat ini menjadi favorit di kalangan wisatawan.

Hal ini semakin terlihat dengan banyaknya kunjungan wisatawan ke Bandung dan sekitarnya pada saat musim liburan.

Momen akhir pekan atau pada hari libur, biasanya ratusan wisatawan memadati area air terjun ini dan menghabiskan waktu luangnya untuk mengobrol atau melakukan aktivitas wisata di sekitar area air terjun.

Curug Cimahi menawarkan daya tarik berupa keindahan alam kawasan air terjun dan tentunya obyek wisata air terjun yang sangat indah.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 74 meter yang menjadikannya sebagai air terjun tertinggi di wilayah Bandung.

curug-cimahi-air terjun-pelangi-bandung

Jika Anda memiliki waktu liburan yang cukup lama dan bisa bermalam, kami sarankan untuk bermalam agar Anda bisa melihat keindahan air terjun ini di malam hari dengan lampu disko yang membuat airnya berwarna-warni.

Apalagi kawasan Curug Cimahi juga berada di tempat yang cukup tinggi, yaitu sekitar 1050m di atas permukaan laut.

Hal ini membuat udara di sekitar air terjun sangat sejuk dengan suhu rata-rata 18 hingga 22 derajat Celcius.

Oleh karena itu, jika Anda pecinta wisata alam dengan kriteria tersebut, maka pastikan untuk mengunjungi Curug Cimahi Bandung.

Mitos Curug Cimahi

Mitos beredar di kalangan wisatawan dan masyarakat sekitar tentang air terjun Cimahi ini.

Konon, Curug Cimahi sering membuat hubungan asmara kandas. Artinya, jika Anda datang bersama pasangan ke air terjun ini, kemungkinan besar setelah itu hubungan Anda tidak akan bertahan lama.

air terjun-cimahi-lembang-bandung

Namun, berkaitan dengan kepercayaan terhadap mitos Curug Cimahi sebenarnya tidak perlu dibesar-besarkan dan terlalu kasar.

Jika Anda ragu untuk datang bersama pasangan ke aksi ini karena takut dengan mitos, segera kembalikan semuanya kepada penciptanya.

Tidakkah kita percaya bahwa rezeki dan persahabatan ditentukan oleh-Nya? Jika demikian, mengapa memikirkan mitos palsu ini?

Aktivitas Tamasya di Curug Cimahi

Menghabiskan waktu di tempat wisata dengan melakukan berbagai aktivitas pasti akan menambah keseruan dan keseruan liburan.

Oleh karena itu, saat berkunjung ke Curug Cimahi sebaiknya juga aktif agar liburan Anda tidak sia-sia.

Ada berbagai jenis kegiatan wisata yang bisa Anda lakukan di Curug Cimahi. Beberapa dari mereka adalah:

1. Tekking Ringan

air terjun-cimahi-pelangi

Curug Cimahi memang terletak di tempat yang tidak begitu jauh dari jalan raya. Namun untuk benar-benar sampai ke lokasi air terjun, Anda harus menuruni anak tangga yang cukup panjang.

Perjalanan dari pintu masuk ke area air terjun melalui tangga bahkan harus memakan waktu sekitar 20-30 menit. Anda bisa membayangkan jarak dan durasi perjalanan yang harus Anda tempuh.

Tapi jangan khawatir, di beberapa titik di sepanjang tangga tersedia tempat berlindung atau tempat istirahat. Ini akan memungkinkan Anda untuk mengatur napas sebelum melanjutkan perjalanan.

2. Berenang di Kolam Curug

air terjun-cimahi-pelangi

Tidaklah sempurna bila mengunjungi Curug Cimahi tanpa merasakan kesejukan air terjunnya.

Setelah menuruni anak tangga yang pastinya akan melelahkan, Anda bisa langsung membasuh muka sambil berenang di kolam cascading yang dibuat secara alami tepat di bawah air terjun.

Air Curug Cimahi berasal dari Situ Lembang yang kemudian mengalir untuk mengairi kota Cimahi, sehingga anda tidak perlu khawatir dengan kebersihan dan kesegaran airnya.

3. Berburu Foto

cascade-cimahi-spot-foto

Tempat wisata alam selalu menarik dan menggoda untuk digunakan tempat mengambil gambar.

Meskipun mungkin tidak semenarik itu Tugas foto yang sengaja diambil di lokasi wisata khusus untuk foto, namun anda akan tetap mendapatkan foto yang terlihat bagus jika anda bisa mencari dan memilih tempat foto indah di sekitar air terjun.

Sebagai acuan, tempat Foto-foto yang bisa Anda pilih yang sepertinya membuat foto Anda menarik adalah di sekitar objek air terjun. Anda bisa berfoto dengan background air terjun atau berfoto dengan background area air terjun yang ditumbuhi pepohonan hijau.

4. Bersantai menikmati keindahan air terjun

air terjun-cimahi-2019

Buat kamu yang malas bangun dan beraktivitas, kamu juga bisa mengisi waktu luang di Curug Cimahi dengan bersantai menikmati keindahan air terjun sambil duduk di tikar di area yang teduh. .

Biar makin nikmat, jangan lupa siapkan beberapa bungkus snack dan juga kopi atau teh hangat sebagai teman bersantai.

5. Berkemah?

Berbeda dengan Curug Cilember yang memiliki luas berkemahdi Curug Cimahi tidak ada lapangan yang bagus dan dimungkinkan untuk mendirikan tenda berkemah.

Jadi untuk kegiatan ini sepertinya belum bisa dilakukan di Curug Cimahi setidaknya untuk saat ini.

Alamat Air Terjun Cimahi

Alamat Air Terjun Cimahi beralamat di Jalan Kolonel Masturi No. 325, Cisarua, Bandung Barat, Jawa Barat.

Akses jalan menuju air terjun ini sangat bagus dan lokasinya juga dekat dengan tempat wisata lain di bandung, sehingga anda tidak akan kesulitan mencari lokasinya.

alamat-curug-cimahi

Air terjun ini terletak di sepanjang Jalan Raya Kolonel Masturi yang juga akan Anda lewati jika berkunjung ke objek wisata Dusun Bambu Bandung.

Apalagi lokasi air terjun ini juga cukup dekat dengan Universitas Advent Bandung yang bisa Anda jadikan referensi untuk mencari lokasi tambahan air terjun Cimahi. Kampung Bambu Bandung.

Jika Anda mengakses Curug Cimahi dari pusat kota Bandung, Anda akan menempuh jarak hingga 19,8 kilometer.

Meskipun cukup jauh, waktu tempuh yang Anda butuhkan hanya sekitar 30 menit karena akses jalan yang sangat baik.

Jalan Menuju Curug Cimahi

jalan-ke-curug-cimahi

Ada beberapa jalur alternatif yang bisa Anda ambil jika ingin berlibur ke Curug Cimahi. Salah satu yang paling mudah adalah jalan Lembang – Parongpong yang juga satu arah dengan jalan menuju Dusun Bambu Bandung.

Dengan rute ini, Anda hanya perlu mengikuti jalan tersebut hingga tiba di Universitas Advent Bandung.

Nah dari universitas ini Anda tinggal melanjutkan perjalanan beberapa kilometer lagi hingga tiba di lokasi Curug Cimahi yang ditandai dengan pintu masuk tak jauh dari jalan Kolonel Masturi atau di depan angkot terminal Cisarua.

Jam Buka Air Terjun Cimahi

Jam buka Curug Cimahi mulai pukul 07:00 WIB dan berakhir pada pukul 20:00 WIB. Jam buka tersebut berlaku setiap hari, baik pada hari libur nasional maupun pada hari kerja.

Adapun waktu terbaik untuk berkunjung, kami sarankan untuk memilih pagi dan sore hari agar suasana lebih sejuk.

cimahi-gambar-gambar

Kemudian, jika ingin melihat keindahan pelangi di Curug Cimahi, usahakan datang setelah hujan atau gerimis. Dari atas, Anda bisa melihat warna-warni pelangi yang melintas di sekitar area air terjun.

Namun, kami tidak menyarankan untuk turun ke lokasi air terjun setelah hujan deras. Alasannya untuk menghindari bahaya jika sewaktu-waktu terjadi longsor di Curug Cimahi.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Cimahi

Harga Tiket Masuk Air Terjun Cimahi cukup terjangkau. Anda hanya bisa memasuki kawasan air terjun ini dengan membeli tiket yang dibanderol dengan harga Rp15.000 pada hari biasa dan Rp17.000 pada hari libur nasional.

Kemudian, bagi Anda yang datang dengan kendaraan pribadi, biaya parkirnya juga cukup murah, yaitu hanya Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

harga-tiket-masuk-cimahi-curug

Kemudian bagi anda yang datang bersama anak-anak, aturannya anak dibawah 2 tahun bebas masuk tanpa tiket, sedangkan yang diatas 2 tahun aturannya sama dengan orang dewasa, yang baru bisa masuk setelah membeli tiket.

Tabel Harga Tiket Masuk Air Terjun Cimahi 2018 – 2019

Jenis tiket Harga
Tiket masuk Rp 15.000 (weekdays) – Rp 17.000 (hari libur)
Parkir motor Rp3000
Tempat parkir mobil Rp5000

Fasilitas air terjun Cimahi

Fasilitas yang tersedia di lokasi Curug Cimahi sangat lengkap. Pihak pengelola yakni Perhutani terlihat sangat serius menjadikan tempat wisata ini sebagai salah satu tempat wisata favorit di Bandung.

Fasilitas Curug Cimahi antara lain:

  • Tempat parkir
  • Toilet
  • warung makan
  • ruang sholat
  • tempat berlindung
  • Area piknik
  • Gerbang
  • Sebuah peta
  • Jalan / Tangga
  • Pagar keamanan
  • pos jaga
  • Markas besar
  • Klinis
  • Pusat Informasi
  • Tempat sampah
  • Akomodasi

Akomodasi di Curug Cimahi

Bagi Anda yang memiliki liburan cukup panjang dan ingin menginap di sekitar lokasi air terjun Cimahi, Anda bisa memilih hostel yang tersedia tidak jauh dari lokasi air terjun.

Dan salah satu penginapan yang bisa anda pilih adalah Villa Air yang memiliki bangunan cukup besar sehingga sangat cocok untuk tempat menginap keluarga.

penginapan-curug-cimahi

Baca juga: Daftar Pemandangan & Tengara di Bandung

Curug Cimahi Bandung sangat cocok untuk mengisi list destinasi wisata yang akan anda kunjungi bersama keluarga.

Selain tempatnya yang asri dan nyaman, tidak jauh dari lokasinya juga terdapat beberapa objek wisata lain yang tak kalah menakjubkan. Jadi, setelah Anda puas dengan perjalanan Anda ke Curug Cimahi, Anda bisa melanjutkan petualangan seru Anda ke objek-objek wisata terdekat.

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button