Dinas Pariwisata Bantul Percepat Pembentukan Kelompok Sadar Wisata di Kampung Budaya - ANTARA News Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Dinas Pariwisata Bantul Percepat Pembentukan Kelompok Sadar Wisata di Kampung Budaya – ANTARA News Yogyakarta

Bantul (ANTARA) – Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta mempercepat pembentukan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) sebagai sumber daya manusia pengelola destinasi di beberapa desa budaya dan perintis desa budaya di wilayah tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo di Bantul mengatakan, Minggu, pihaknya bertujuan untuk mempercepat pendidikan Pokdarwis dengan mengadakan pelatihan dan sosialisasi kesadaran pariwisata dan sapta pesona untuk 10 desa budaya selama seminggu hingga Rabu (12/10). .

“Dalam satu hari, dua desa masing-masing mengirimkan 20 orang yang diharapkan dapat membentuk kelompok sadar wisata, karena 10 desa ini belum membentuk Pokdarwis berdasarkan SK Gubernur 2022, sehingga kami mendorong percepatan di sana,” katanya.

Dengan dibentuknya Pokdarwis, setidaknya dia menyadari bahwa pariwisata dan Sapta Pesona dapat dimanfaatkan untuk mengoptimalkan dan mengembangkan potensi budaya dan pariwisata di masing-masing desa budaya tersebut.

“Ini penting karena merupakan bagian dari sinergi dan sesuai amanah gubernur untuk menggunakan Dana Keistimewaan (Danais) karena diamanatkan di DIY agar lama kelamaan menjadi desa mandiri budaya, salah satu pilar sektor pariwisata” , dia berkata.

Ia juga mengatakan harapan gubernur terkait bagaimana Danais mampu mendukung sektor ekonomi kotamadya dan sektor pariwisata diharapkan menjadi yang paling strategis untuk menyediakan dana dalam bentuk investasi.

“Jadi tidak hanya digunakan untuk kegiatan yang akan diselesaikan suatu hari nanti, tetapi seperti jika bisa dilakukan oleh masyarakat dan kemudian ada program untuk menjadi salah satu kegiatan, baik itu atraksi, baik itu konteksnya dengan pengelolaan pengembangan pariwisata. ,” dia berkata.

Oleh karena itu, kata dia, diharapkan nantinya dapat menjadi sumber perekonomian masyarakat, sehingga tidak hanya pemanfaatan danais yang berhenti setelah akhir, tetapi diharapkan pariwisata menjadi bagian dari kemampuan dengan gerakan-gerakan tersebut. luncurkan Danis.

“Jika itu terjadi, insya Allah masyarakat akan lebih cepat berkembang melalui program-program ini dan kami berkomitmen untuk mendukung rencana Bantul untuk kepentingan masyarakat melalui program pariwisata, khususnya terkait dengan mendukung Danais,” katanya.

Source: jogja.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button