Kota tua Tanjungpinang menjadi wisata jalan kaki - WisataHits
Yogyakarta

Kota tua Tanjungpinang menjadi wisata jalan kaki

KOMPAS.com – Kawasan kota tua di Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau ini akan dijadikan wisata jalan kaki. Kawasan ini berada di sekitar Jalan Merdeka dan Tengku Umar.

Kawasan ini terdiri dari kompleks pertokoan yang menjual berbagai produk antara lain kerajinan tangan dan kuliner khas Tanjungpinang. Ada puluhan bangku di depan mal.

Baca juga:

“Kawasan ini juga ada spot fotonya. Ini lebih nyaman, indah dan menarik. Kami berharap program wisata jalan kaki dapat dilaksanakan pada tahun 2023,” kata Sekda Tanjungpinang Zulhidayat seperti dikutip dari Antara. DiantaraSabtu (10/12/2022).

Dia menambahkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemprov Kepri untuk melakukan pendakian di kawasan tersebut.

Baca Juga: Kemenpar Rekomendasikan Tanjungpinang Kuliner 10 Kuliner Ini

Konsepnya mirip dengan Malioboro di Yogyakarta

Zulhidayat menambahkan, Kota Lama memiliki peran dan sejarah penting bagi Kota Tanjungpinang. Pada zaman dahulu, kawasan ini merupakan pusat perkembangan ekonomi Tanjungpinang.

Tak hanya itu, lokasinya juga cukup strategis karena dekat dengan pelabuhan domestik dan internasional Sri Bintan Pura.

Baca juga:

Oleh karena itu, wisatawan dari Singapura dan Malaysia bisa berjalan kaki menuju kawasan ini dari pelabuhan. Hal yang sama berlaku untuk wisatawan dari Batam, Natuna, Anambas, Lingga, Karimun, dan Riau.

“Konsepnya mirip dengan Malioboro, Yogyakarta,” kata Zulhidayat.

Tempat parkir juga disiapkan untuk pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadi. Untuk sementara, kawasan tersebut berada di sekitar Taman Gurindam 12.

Baca Juga: Jangan Salah Pesan Tiket, Pangkalpinang Berbeda dengan Tanjung Pinang

Zulhidayat mengatakan, ada juga rencana membangun tempat parkir di lokasi lain, seperti di Dinas Pariwisata Tanjungpinang.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button