Dikabarkan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi Akan Dilantik Jadi Ketua LKPP - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Dikabarkan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi Akan Dilantik Jadi Ketua LKPP – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Karangan bunga mulai bermunculan di luar Kantor Walikota Semarang pada Minggu (10/9/2022). (Solopos.com/Ponco Wiyono)

Solopos.com, SEMARANG — Tersiar kabar Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menjadi Ketua Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Salah satu buktinya adalah banyaknya karangan bunga ucapan selamat di halaman Kantor Walikota Semarang, Jl. Pemuda pada Minggu (10/9/2022) dini hari. “Saya mau ke Jakarta sore ini,” kata Hendi saat menyapanya pada Minggu pagi saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp.

Daihatsu Rocky Promotion, Harga Mobil Rp 200 Juta Jadi Hanya Rp 99.000

Hendi hanya menjawab singkat melalui pesan WhatsApp. Namun, dia tidak menyangkalnya saat memberi selamat atas kabar tersebut.

Pengangkatan Santer Hendi sebagai ketua LKPP diumumkan saat kunjungan Puan Maharani 18 September. Dilanjutkan pada 21 September dengan kunjungan Fraksi PDI-P DPRD DKI Jakarta.

Saat itu, pimpinan Fraksi Gembong Warsono pun tak segan-segan memuji kinerja Hendi, membandingkan situasi di Semarang dengan Jakarta.

Baca Juga: Pengamat: Gaya Komunikasi Menarik, Walikota Semarang Siap Bangkit

“Tidak ada salahnya kita memiliki teropong dari Jakarta. Masalah yang dihadapi Jakarta dan Semarang hampir sama, seperti banjir. Dan bagi kami, Pak Hendi melakukannya,” kata Gembong saat itu.

Desas-desus beredar bahwa Hendi akan dilantik pada Senin (10/10/2022). Namun saat ditanya soal pelantikannya, yang bersangkutan tidak menjawab.

Hendrar Prihadi adalah seorang tokoh yang lahir di kota Semarang. Ia lahir pada 30 Maret 1971. Jenjang pendidikannya dimulai dari SDN Gergaji (1984), SMPN 3 Semarang (1987), SMAN 1 Semarang (1990) dan gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Soegiyapranata (1997). Pada tahun 2021, Hendi menerima gelar PhD dari Universitas Diponegoro.

Hendrar Prihadi’s profile

Karir politiknya dimulai dari 2009 hingga 2014 sebagai anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah. Kemudian, pada 2010, Hendi menjadi Wakil Walikota Semarang, mendampingi Walikota Semarang Soemarmo HS.

Kemudian Hendi dilantik sebagai Walikota Semarang pada tahun 2013, menggantikan Soemarmo HS yang dilumpuhkan karena kasus korupsi.

Baca Juga: Minta Persis Solo Menang Lawan PSIS, Gibran: Kalau Kalah Nanti Malu Pak Hendi

Pada pemilihan walikota Semarang 2015, Hendi mencalonkan diri bersama Hevearita Gunaryanti Rahayu atau lebih dikenal Ita, dan berhasil memenangkan Partai Demokrat. Saat itu ia didukung oleh tiga partai yaitu PDIP, Partai Demokrat, dan Partai Nasdem.

Di Pilkada Kota Semarang 2020, Hendi kembali berpasangan dengan Ita dan menang setelah bertarung di kotak kosong. Partai pendukung Hendi-Ita saat itu antara lain PDIP, Partai Golkar, PKB, Partai Demokrat, PKS, Partai Gerindra, PAN, Partai NasDem dan PSI, serta mendukung lima partai non parlemen yaitu PKPI, Partai Hanura, Partai Berkarya, PBB dan PPP.

Hendi meraih sejumlah prestasi selama menjabat sebagai Walikota Semarang, di antaranya Best Mayor in Asia (Asia Best Mayor Of The Year 2019) di Asia Global Council’s 2019 Asia Global Awards.

Hendi juga mempersembahkan predikat Kota Wisata Terbersih di Asia Tenggara pada ASEAN Tourism Forum (ATF) 2020. Kota Semarang juga mendapatkan penghargaan dari European Society for Quality Research (ESQR) dalam kategori “Organizational Management Strategy Initiation” . 16 Juli 2019.

Di bidang infrastruktur, Kota Semarang meraih penghargaan emas kategori infrastruktur setelah menjalani serangkaian tahapan evaluasi oleh tim juri Indonesia Attraction Index (IAI) 2019.

Baca Juga: Wali Kota Semarang Larang Sekolah Wajibkan Siswa Beli Seragam

Kota Semarang juga kembali mendapat penghargaan sebagai Kota Ramah Anak tiga kali berturut-turut di bawah kepemimpinan Hendi.

Source: www.solopos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button