Digelar 3 hari, cash turnover Expo Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nusantara mencapai Rp 4 miliar - WisataHits
Jawa Timur

Digelar 3 hari, cash turnover Expo Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nusantara mencapai Rp 4 miliar

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko dan Wakil Wali Kota Punjul Santoso meninjau salah satu stand produk UMKM di Pameran Ekonomi Kreatif dan Pariwisata Nusantara 2022. (MVoice/Disparta Kota Batu)

SUARA WARNA – Expo Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nusantara 2022 berakhir di penghujung acara pada Sabtu (27/8). Acara ini digelar oleh Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Batu sejak 25 Agustus lalu di pelataran balai kota Among Tani.

Sekitar 75 peserta hadir dalam acara tersebut dan mempresentasikan produk unggulannya. Puluhan peserta terdiri dari perwakilan dari beberapa pemerintah daerah, BUMN dan stakeholder pariwisata hingga pelaku industri kreatif dan UMKM.

Kepala Disparta Kota Batu Arief As Siddiq mengatakan animo pengunjung sangat tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan nilai penjualan yang fantastis. Arief mengaku selama tiga hari acara, uang yang beredar mencapai Rp 4 miliar.

Baca juga : Expo Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nusantara, Disparta Kota Batu Upaya Stimulasi Sektor Pariwisata Pascapandemi

“Kami telah menerima laporan bahwa uang tunai yang beredar mencapai Rp 4 miliar selama acara ini. Penjualannya cukup cepat, mulai dari produk kuliner hingga produk ekonomi kreatif,” kata Arief di hari terakhir Expo Wisata dan Ekonomi Kreatif Nusantara, Sabtu (27/08).

Dikatakannya, tingginya nilai perputaran uang tersebut tak lepas dari digelarnya Batu Great Sale di sela-sela acara. Konsep tersebut memberikan potongan harga hingga 50 persen untuk harga kamar hotel dan harga tiket untuk tujuan wisata. Upaya tersebut menjadi daya tarik untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kota Batu.

Baca juga : Disparta Kota Batu Gelar Expo Pariwisata dan Industri Kreatif Nusantara pada 25-27 Agustus

“Bisa dibilang konsep Batu Great Sale ini pertama kali dilakukan di Indonesia. Tawarkan promosi diskon besar-besaran dari pengelola hotel dan destinasi. Di hari kedua saja sudah dipesan 200 kamar,” kata Arief.

Ketua PHRI Kota Batu Sujud Hariadi mengapresiasi konsep Batu Great Sale yang pertama kali dicanangkan Disparta Kota Batu. Menurutnya, terobosan tersebut bisa menjadi insentif untuk mendongkrak pendapatan di sektor jasa kamar hotel.

“Ini baru permulaan. Namun bisa menjadi titik awal untuk melakukan Batu Great Sale secara berkelanjutan. Sehingga pengelola hotel bisa menawarkan promosi diskon yang menarik,” pungkas Sujud.

Di penghujung Expo Ekonomi Kreatif dan Pariwisata Nusantara 2022, Disparta Kota Batu juga memaparkan rencana acara KWB Super Adventure 5 yang akan digelar pada 8-9 Oktober mendatang. Penyelenggaraan acara ini bekerjasama dengan sejumlah pihak antara lain Polres Batu, TNI dan sejumlah Pemkot.

Source: malangvoice.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button