Diakui oleh UNESCO, kita akan belajar tentang warisan budaya global Indonesia - WisataHits
Jawa Tengah

Diakui oleh UNESCO, kita akan belajar tentang warisan budaya global Indonesia

WAKTU INDONESIA, JAKARTA – Indonesia memiliki banyak keanekaragaman alam, budaya dan luar biasa. Suku bangsa yang berbeda memiliki keunikannya masing-masing. Banyak peninggalan leluhur yang telah diakui oleh UNESCO dan menjadi destinasi penting bagi para pelancong.

Beberapa situs di Indonesia adalah Situs Warisan Dunia, antara lain Candi Borobudur, Candi Prambanan dan Taman Nasional Komodo.

Namun, masih banyak tempat di Indonesia yang juga menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO, antara lain:

1. Tambang Batubara Obilin, Sawahlunto, Sumatera Barat

Mine-Sawahlunto-2.jpg

Tambang batu bara ini merupakan Situs Warisan Dunia yang diakui oleh UNESCO pada tahun 2019. Cagar budaya ini merupakan salah satu cagar budaya yang menunjukkan pertukaran budaya antara kearifan lingkungan masyarakat sekitar dengan teknologi pertambangan dari era Eropa. Tambang ini juga merupakan tambang batu bara tertua di Asia Tenggara.

2. Taman Nasional Lorentz, Papua

Taman Nasional Lorentz.jpg

Taman Nasional Lorentz adalah salah satu Situs Warisan Dunia yang ditetapkan oleh UNESCO pada tahun 1999. Taman ini memiliki luas 2,4 juta hektar dan merupakan taman nasional terbesar di Asia Tenggara. Taman Nasional Lorentz ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia karena melindungi ekosistem asli taman dari penebangan, perburuan, dan polusi.

3. Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon.jpg

Taman nasional ini merupakan warisan budaya yang dipatenkan oleh UNESCO pada tahun 1991. Taman Nasional Ujung Kulon memiliki luas 122.956 hektar dan secara resmi ditetapkan sebagai suaka badak jawa, owa jawa, surili dan anjing hutan.

4. Situs Arkeologi Sangiran

Situs-Arkeologi-Sangiran.jpg

Situs purbakala Sangiran di Sragen, Jawa Tengah merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO yang didirikan pada tahun 1996. Situs ini memiliki luas 56 kilometer. Situs ini menyimpan banyak peninggalan kuno dan sisa-sisa kehidupan masa lalu seperti manusia, hewan, dan tumbuhan.

5. Geopark Maros Pangkep

Geopark-Maros-Pangkep.jpg

Geopark Maros Pangkep baru saja diresmikan sebagai bagian dari UNESCO Global Geopark (UGG).

Dengan masuknya Maros Pangkep sebagai UNESCO Global Geopark, tempat ini akan menjadi destinasi wisata dunia dan tentunya akan mendapat perhatian besar dari sektor pariwisata dan pemberdayaan masyarakat.

**)

Dapatkan update informasi harian terpilih dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Suka, klik tautan ini dan bergabung. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: www.timesindonesia.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button