1.000 orang memeragakan pencak silat di Malioboro Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

1.000 orang memeragakan pencak silat di Malioboro Yogyakarta

Memuat…

Hingga 1.000 orang dari 20 kelompok pencak silat menghadiri Festival Bregodo Rakyat di Malioboro Yogyakarta. Foto/iNews TV/Heru Trijoko

YOGYAKARTA – Ribuan orang memadati kawasan wisata Malioboro, Yogyakarta untuk menikmati Parade Penjaga Keraton, Minggu (16/10/2022). Hingga 1.000 orang datang dari 20 kelompok prajurit mengikuti seni tradisional festival rakyat Bregodo.

Baca Juga: Cak Sapari, Artis Ludruk Legendaris Meninggal

Festival seni tradisional ini digelar untuk menyambut kembali pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu.

Para peserta Festival Bregodo Rakyat begitu bersemangat untuk beradu kreativitas di festival seni tradisional ini. Berbagai kreativitas mereka tampilkan dalam tata lampah, busana militer dan iringan musik khas Bregodo.

Baca Juga: Kebocoran LPG, Puluhan Tamu dan Juru Masak Acara Hajatan Dibawa ke Puskesmas

Sepanjang Jalan Malioboro hingga kawasan nol kilometer Yogyakarta, peserta festival seni tradisional menampilkan gerakan artistik prajurit berbaris bersenjatakan senjata.

Penyajian pertunjukan kesenian tradisional yang sangat menarik oleh peserta Festival Rakyat Bregodo berhasil menarik perhatian ribuan pengunjung. “Acaranya sangat meriah dan menarik,” ujar salah satu pengunjung, Maryati.

1.000 orang menampilkan pencak silat di Malioboro Yogyakarta

Ketua Panitia Festival Bregodo Rakyat Widihasto mengatakan festival yang menampilkan kesenian tradisional ini merupakan salah satu upaya melestarikan potensi budaya dan pariwisata Yogyakarta.

Baca Juga: Rayakan Pemenang KTA Online Terbanyak, DPC Partai Perindo Sunggal Bagikan 500 Nasi Karung

“Nama Bregodo sebenarnya adalah sebutan untuk pasukan tentara era kerajaan, yang terdiri dari orang-orang terpilih. Hingga saat ini, keberadaan seni kesatria tradisional masyarakat Bregodo ini tetap dilestarikan,” pungkasnya.

(hai)

Source: daerah.sindonews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button