Dolan Negeri Dongeng Paket Wisata Sragen Sinau Keren Lengkap - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Dolan Negeri Dongeng Paket Wisata Sragen Sinau Keren Lengkap – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Kawasan wisata Gunung Kemukus dengan wajah baru setelah dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Kabupaten Sumberlawang, Sragen. Foto yang baru saja diambil. (Spesial/I Yusep Wahyudi)

PERTANYAAN Solopos.com — Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sragen memperkenalkan tiga paket wisata bertajuk paket Sinau Wisata Sragen Keren yang bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Bumi Sukowati. Dispora siap bekerjasama dengan semua pihak untuk mempromosikan objek wisata di Sragen.

Ketiga paket wisata tersebut masing-masing sudah termasuk kunjungan wisata ke negeri dongeng. Kawasan wisata yang dimaksud di negeri dongeng tersebut antara lain Gunung Kemukus, Pulau Emas, Karamba Apung, Makam Apung, Boyolayar dan stand terapung di Waduk Kedung Ombo (WKO). Kawasan wisata ini erat kaitannya dengan cerita rakyat seperti dongeng yang telah berkembang di masyarakat setempat secara turun temurun.

Daihatsu Rocky Promotion, Harga Mobil Rp 200 Juta Jadi Hanya Rp 99.000

Kepala Dispora Sragen, Yuniarti saat dihubungi solopos.com, Jumat (10/7/2022) dijelaskan bahwa paket Sinau-Wisata-Sragen-Keren merupakan paket wisata yang memuat unsur warisan (sejarah), ekowisata (agro-ekowisata), batik, Pertanian (pertanian) dan Fitur tamasya (Atraksi Seni Budaya), disingkat HEBAT. Semua potensi PANAS ini, kata Yuni, ada di Kabupaten Sragen.

“Paket ini dapat dipilih oleh sekolah jika kelas tamasya di wilayah Kabupaten Sragen atau sekolah di luar Kabupaten Sragen. Kami membaginya menjadi tiga paket wisata yaitu Paket A, B dan C dengan tujuan wisata yang berbeda dan merupakan paket wisata satu hari (tur sehari penuh)” kata Yuni.

Ia menjelaskan, paket wisata tersebut dihadirkan kepada Bupati dengan tujuan untuk mengenalkan objek wisata kepada generasi muda khususnya pelajar. Dispora membuat paket untuk tujuan informasi saja, sedangkan pelaksanaannya diserahkan kepada masing-masing biro perjalanan. Diakuinya, banyak yang tertarik menjajal paket wisata ini. Ada SMPN 5 Sragen dan SMP di Sambirejo yang sudah mencoba paket wisata tersebut.

Baca Juga: Pemenang Krenova Competition 2022 Kembali Dipilih untuk Pendanaan

“Ada unsur HEBAT dalam paket wisata. Dengan cara ini, pengunjung terintegrasi ke dalam atraksi wisata. Kami terinspirasi di Bandung dimana pengunjung bermain Angklung. Di Sragen ada Taman nDayu yang memperkenalkan gamelan, dan pengunjung bisa berlatih gamelan dalam waktu singkat,” ujarnya.

Dikatakannya, tren kunjungan wisatawan ke Sragen cenderung meningkat. Dispora bekerja sama dengan semua pihak untuk mengintensifkan promosi pariwisata. Termasuk kegiatan Sukowati Motor Tour Rally 2022, kata dia, juga didukung oleh Dispora. Ia berharap para peserta kegiatan dapat mengambil foto atau video di tempat wisata dan mengunggahnya ke media sosial. Hal ini menjadi salah satu promosi wisata di Sragen.

“Kami juga ikut forum Soloraya untuk promosi. Di forum ini kita bisa Bagikan dengan pemangku kepentingan pariwisata di Soloraya. Selain itu, kami juga bekerja sama dengan Badan Otorita Borobudur untuk pengenalan tempat wisata. Bahkan pegawai Dispora mempresentasikan objek wisata melalui akun media sosial masing-masing,” ujarnya.

Baca Juga: Guru dan Seniman Sragen Akan Perkenalkan Kemukus Eksotis di Javanologi UNS

Berikut ini adalah daftar paket perjalanan yang dapat ditawarkan oleh agen perjalanan.

Daftar Paket Wisata di Kabupaten Sragen

  1. Paket Wisata Sinau Sragen A (sepanjang hari wisata)
  • Wisata Belajar Batik (Kliwonan/ Pilang/ Pungsari)
  • Kawasan Wisata Sangiran (Cluster Ngabe, Cluster Krikilan Cluster Bukur)
  • Kawasan Wisata Dongeng Sragen (Gunung Kemukus, Pulau Emas, Karamba Apung. Makam Apung. Boyolayar, Warung Apung)
  • Durasi: 08.00 WIB – 16.00 WIB
  1. Paket Wisata Sinau Sragen B (tur sehari penuh)
  • Wisata Belajar Gamelan Jawa, Menari, Menyanyi (Taman Dayu & Desa Menari Sukorejo)
  • Kawasan Wisata Sangiran (Cluster Krikilan/Cluster Ngabe/Cluster Bukuran)
  • Kawasan Wisata Dongeng Sragen (Gunung Kemukus, Pulau Emas, Karamba Apung, Makam Apung, Boyolayar, Warung Apung)
  • Durasi: 08.00 WIB – 16.00 WIB
  1. Paket Wisata Sinau Sragen C (tur sehari penuh)
  • Kawasan Wisata Sangiran (Cluster Krikilan / Cluster Ngabe / Cluster Bukur)
  • Wisata Belajar Gamelan Jawa, Menari, Menyanyi (Taman Dayu & Desa Menari Sukorejo)
  • Kawasan Wisata Bayanan (Pemandian Air Panas Bayanan, Pemandian Air Panas Ngunut, Desa Wisata Betis Rejo)
  • Durasi: 08.00 WIB – 16.00 WIB

Sumber: Dispora Sragen (melalui)

Source: www.solopos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button